BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Janda mantan diktator Chili Pinochet meninggal luar negeri

Ada beberapa misteri apakah Herriart berusia 98 atau 99 tahun. Sebagian besar media menyatakan bahwa dia berusia 99 tahun, tetapi menurut akta kelahirannya dia akan berusia 98 tahun ketika dia meninggal.

Beberapa sejarawan berpendapat bahwa Heriart adalah salah satu penghasut kudeta militer terhadap Presiden Sosialis Salvador Allende. Kudeta itu membawa suaminya ke tampuk kekuasaan. Harriet adalah salah satu penasihat pribadi dan politik Pinochet yang paling penting selama masa pemerintahannya. Kematiannya diumumkan oleh pernyataan singkat dari putranya Marco Antonio Pinochet.

Tak lama setelah kematian janda mantan diktator diumumkan, beberapa ratus orang turun ke jalan di Santiago untuk merayakan berita tersebut.

Tak lama setelah kematian janda mantan diktator diumumkan, beberapa ratus orang turun ke jalan di Santiago untuk merayakan berita tersebut.

Hiriart tidak terlalu populer di antara sebagian besar penduduk Chili. Ketika berita kematiannya menyebar di Chili, banyak pengendara turun ke jalan untuk merayakan kematiannya. Orang-orang juga berkumpul di “Plaza de Italia” di pusat ibu kota, Santiago, untuk mengekspresikan kegembiraan mereka.

Tetapi bagi para pendukung Pinochet, yang sebagian besar masih berada di negara itu setelah lebih dari tiga puluh tahun rezimnya, Harriet justru seorang wanita yang mengabdikan hidupnya untuk kepentingan nasional. Kematiannya terjadi tiga hari sebelum pemilihan presiden negara itu antara sayap kiri Gabriel Borek dan kandidat sayap kanan Jose Antonio Caste, yang membela rezim Pinochet.

READ  Kematian turun lagi • 200 penerbangan dibatalkan pada Malam Natal di AS