BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jutaan Vaksin untuk Tanjung Verde, Indonesia dan Kovacs | berita

berita | 2021-07-01 | 12:00

Minggu depan, Belanda akan mengirimkan 150.000 vaksin ke Tanjung Verde dan pengiriman untuk program Covax akan dimulai. Selain itu, Belanda akan menyumbangkan sekitar 3 juta vaksin ke Indonesia. Hal itu ditetapkan Menteri Kesehatan, Kesejahteraan, dan Olahraga Hugo de Jonge (VWS) berkonsultasi dengan Menteri Luar Negeri Sigrid Kaag (BZ). Dengan pengiriman signifikan lebih dari 1 juta vaksin dari AstraZeneca, sekarang dimungkinkan untuk memberikan bantuan ke Cape Verde dan memulai program Covax dengan batch awal 500.000 vaksin. Vaksin untuk Indonesia akan menyusul kemudian.

kepala hijau

Kasus Corona di Kepulauan Tanjung Verde serius. Jumlah cedera harian tinggi dan tekanan di rumah sakit sangat besar. Maka pemerintah Tanjung Verde meminta bantuan Belanda dalam memerangi virus corona. Menteri De Jonge menanggapi permintaan bantuan ini dengan meluncurkan 150.000 dosis AstraZeneca di Tanjung Verde.

Seperti Suriname, penting juga bahwa karena komunitas Tanjung Verde yang besar di Belanda, ada banyak lalu lintas dan konektivitas antara Belanda dan Tanjung Verde. Vaksin akan ditransfer bersama dengan Departemen Luar Negeri.

Selain menyumbangkan vaksin ke Tanjung Verde, Pusat Medis Erasmus, Kotamadya Rotterdam dan Distrik Keamanan Rotterdam akan memastikan bahwa tim bantuan medis pulau-pulau itu akan mendukung suntikan tersebut.

Indonesia

Situasi korona juga sangat serius di Indonesia, yang memiliki hubungan khusus dengan Belanda. Negara Asia sangat terpukul oleh virus tipe delta. Dalam perbincangan dengan rekannya dari Indonesia Retno Marsudi, Menlu Kaj menawarkan bantuan berupa minimal 3 juta vaksin. Vaksin ini akan dikirimkan akhir tahun ini.

Kovacs

Belanda, bekerja sama dengan Swedia, kini juga telah memulai program donasi untuk Covax, fasilitas global untuk akses vaksin bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Jumlah awal 500.000 vaksin sekarang telah tersedia. Jumlah ini akan meningkat secara signifikan dalam beberapa minggu mendatang ketika pengiriman di Belanda tersedia. Pada akhirnya, puluhan juta vaksin akan disumbangkan melalui Covax.

READ  COC-kantoor in Rotterdam beklad met anti-LHBT-leuzen