BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

'Kakek Tersayang' Prabowo sebagai Presiden Baru Indonesia | Luar negeri

Mantan Jenderal Prabowo Subianto (72) memimpin dalam pemilihan presiden Indonesia. Berdasarkan hasil awal, ia memperoleh hampir 60 persen suara, menyatakan dia sebagai pemenang putaran pertama.

Prabowo Subianto adalah menteri pertahanan saat ini dan, jika dia menang, dia akan menggantikan presiden populer Joko Widodo, 62 tahun, yang juga dikenal sebagai Jokowi. Dia tidak diizinkan mengikuti pemilu karena dia telah menjalani masa jabatan maksimal dua belas tahun. Keduanya telah menjadi rival selama bertahun-tahun, namun Jokowi kini memberikan dukungannya kepada Prabowo. Putra Jokowi, Gibran Rakabuming, juga merupakan Wakil Presiden Raka Prabowo (Calon Wakil Presiden).

Prabowo sudah memimpin jajak pendapat dan menjadi favorit. Dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh tiga perusahaan riset besar, ia memperoleh 58 persen atau lebih suara. Lawannya, Anis Bhasvedan (54) dan Kanjar Pranovo (55), masing-masing memperoleh 25 dan 17 persen suara. Prabowo membutuhkan setidaknya 50 persen suara untuk menang, dan setidaknya 20 persen di separuh provinsi. Jika hal itu tidak terjadi, pemungutan suara tahap kedua akan dilaksanakan pada akhir Juni. Kandidat oposisi Branovo mengatakan dia telah menerima sinyal bahwa 'penipuan besar-besaran' telah terjadi.

Karakter yang lembut

Dalam beberapa bulan terakhir, tim kampanye Prabowo telah melakukan segala cara untuk melunakkan karakter sang jenderal, yang bertugas di bawah diktator Suharto, melalui media sosial. Jadi sepertinya itu berhasil. Indonesia memiliki populasi muda, dengan lebih dari sepertiganya berusia di bawah 30 tahun. Mereka tidak secara sadar menikmati rezim Suharto (dia tetap menjadi presiden hingga tahun 1998, red.) dan yang lebih penting, mereka menantikannya. Menurut para pengkritik mantan jenderal tersebut, mereka terpikat oleh video di TikTok yang menampilkan Prabowo digambarkan sebagai kakek yang manis. Menurut pihak lawan, hal tersebut tidak dibenarkan karena pria tersebut terlibat dalam penghilangan mahasiswa pada tahun 1990-an. Dia sendiri selalu membantah terlibat.

READ  Penangkapan kupu-kupu dipaksa masuk ke kamp konsentrasi di hutan New Guinea

Prabowo memberikan penghormatan kepada para pemimpin negara di masa lalu dalam pidato kemenangannya kemarin, sambil bercanda tentang kedekatannya dengan mantan mertuanya, Suharto. Prabowo mengatakan lebih dari 100 juta pemilih muda di negara ini adalah kunci kemenangannya dan berterima kasih kepada mantan istrinya Didik Suharto, yang memicu sorakan riuh. Menurut para pengamat, penghargaan yang diberikan kepada Soeharto menandai perubahan haluan yang signifikan di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, sementara para analis menunjuk pada kebangkitan nepotisme dan kronisme kuno.

Suharto, mantan presiden Indonesia yang kuat, memerintah di bawah rezim yang represif selama beberapa dekade dan merupakan salah satu rezim paling korup di dunia sebelum ia terpaksa mengundurkan diri pada tahun 1998 di tengah protes massal dan krisis ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi

Jika Prabowo menang, ia hampir pasti akan melanjutkan kebijakan ekonomi pendahulunya, Jokowi. Indonesia telah berkembang pesat secara ekonomi selama dekade terakhir. Perekonomian tumbuh sebesar 5 persen tahun lalu, dan harapannya adalah tidak akan ada stagnasi untuk saat ini. Pakar Indonesia Henk Schulte Nordholt: “Indonesia adalah negara G20 yang berpartisipasi bersama para pemimpin besar. Hal ini karena kebijakan Jokowi. Masa jabatan pertamanya jelas bagus. Ia membawa perdamaian dan stabilitas. Pemerintah berinvestasi besar-besaran untuk mengurangi kesenjangan antara orang kaya dan orang kaya. miskin melalui subsidi. Selain itu, di bawah presiden ini, banyak jalan, jembatan, dan kereta api baru yang tak terhitung jumlahnya telah dibangun berkat pinjaman dari Tiongkok, sehingga sangat memperpendek jarak.”

Di Indonesia, 205 juta penduduk dapat memilih pada hari Rabu. Hasil akhir diperkirakan akan diumumkan pada hari Kamis.

READ  "Pasar Eropa masih sangat menarik bagi petani Asia dan Amerika Latin"

Prabowo (kiri) dan Raka, putra sulung presiden saat ini.
Prabowo (kiri) dan Raka, putra sulung presiden saat ini. © REUTERS