BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kapsul SpaceX tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional dan membawa kosmonot Rusia

Agensi Pers Prancis

NOS. Berita

Kapsul SpaceX telah tiba dengan selamat di Stasiun Luar Angkasa Internasional yang mengorbit Bumi. Kapsul Crew Dragon dari perusahaan luar angkasa Amerika membawa dua astronot Amerika ke stasiun, serta seorang Jepang dan “kosmonot”, begitulah sebutan para kosmonot Rusia.

Ini adalah pertama kalinya dalam 20 tahun seorang Rusia terbang dengan kapsul dari Kennedy Space Center di Florida. Awal tahun ini, kerja sama antara badan antariksa Rusia dan Amerika tampaknya akan berakhir, menyusul invasi Rusia ke Ukraina dan dukungan Barat untuk negara tersebut. Tapi di musim panas NASA dan Roscosmos akhirnya setuju Mereka bisa terus mengirim astronot dalam penerbangan masing-masing. Mereka juga sepakat bahwa setidaknya satu orang Rusia dan satu orang Amerika harus berada di pesawat.

Kedatangan kapsul dapat dipantau langsung di NASA. Ini adalah apa yang terlihat seperti:

Sebagai bagian dari kolaborasi baru ini, astronot AS Frank Rubio tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional dua minggu lalu. Dia terbang dengan kapsul Soyuz Rusia yang lepas landas dari Kazakhstan.

Keempat penghuni baru Stasiun Luar Angkasa Internasional itu akan melakukan penelitian ilmiah di stasiun luar angkasa tersebut selama lima bulan ke depan. Mereka termasuk kosmonot Rusia, Anna Kikina, tetapi juga Nicole Mann, astronot asli Amerika pertama yang pergi ke luar angkasa.

Dia sekarang ditempati di Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan sekarang ada sebelas penghuni di stasiun itu. Empat lagi akan berangkat minggu depan, sekali lagi dengan kapsul SpaceX, setelah tinggal enam bulan.