BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kekacauan di Irlandia Utara, 55 petugas terluka: Apa yang terjadi di sana? | Di luar negeri

Pemerintah Irlandia Utara bertemu dalam pertemuan darurat pada hari Kamis, mengecam kekerasan tersebut, menggambarkannya sebagai “sama sekali tidak dapat diterima dan tidak dapat dibenarkan.” Parlemen juga bertemu.

Dalam enam malam terakhir, kerusuhan meletus dan 55 petugas terluka. Kekerasan hari Rabu di Belfast melukai seorang jurnalis foto dan membakar bus. Republik Irlandia dan serikat buruh pro-Inggris saling memukul dan memukul polisi dengan bom molotov.

Partai Republik ingin mendirikan republik merdeka yang mencakup seluruh pulau Irlandia. Kelompok itu sebagian besar terdiri dari umat Katolik. Di ujung lain spektrum adalah serikat pekerja yang ingin menghormati Britania Raya, atau persatuan antara Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Sejak kemerdekaan Irlandia dari federasi pada tahun 1921, masalah tersebut telah membagi bagian utara pulau itu.

‘Kamu harus berhenti’

Pemerintah Irlandia Utara, yang termasuk anggota serikat dan Republik, mengeluarkan pernyataan bersama setelah sesi darurat mengutuk kekerasan tersebut. “Kami sangat prihatin dengan peristiwa yang kami saksikan di jalan-jalan kami selama seminggu terakhir,” tulis para menteri. “Serangan terhadap petugas polisi, layanan publik dan masyarakat disesalkan dan harus dihentikan.”

Sebuah mobil polisi terbakar.

Sebuah mobil polisi terbakar.

Tidak hanya reaksi cemas terdengar dari Belfast, tetapi juga dari Dublin dan London tentang ketegangan baru antara komunitas pro-Inggris dan Republik Irlandia.

Daerah lain, seperti Derry, Newtonabe, Carikvergus dan Palemina, mengalami kekerasan dalam beberapa hari terakhir.

Brixi

Ketegangan telah memuncak di Irlandia Utara selama beberapa waktu ketika negara itu berjuang dengan kontrol perbatasan antara Irlandia Utara dan seluruh Inggris Raya yang terjadi setelah Brexit. Untuk menghindari terciptanya perbatasan eksternal UE dengan titik-titik perbatasan dan kontrol antara Republik Irlandia dan Inggris bagian utara, telah diberikan status khusus untuk sementara waktu. Ini memerlukan kontrol perdagangan antara Inggris Raya dan Irlandia Utara. Serikat pekerja merasa dikhianati oleh ini.

READ  Kematian "French Duetro" tanpa pengakuan baru | di luar negeri

Pertandingan berakhir dengan mendidih ketika diketahui bahwa anggota Sinn Fein tidak akan menanggung konsekuensi apa pun karena menghadiri pemakaman mantan anggota IRA pada bulan Juni. Pemakaman yang dihadiri 2.000 orang itu tidak mengikuti aturan Corona. Wakil Perdana Menteri Michael O’Neill juga hadir. Saya minta maaf karena berada di sana. Tentara Republik Irlandia adalah kelompok paramiliter yang berjuang untuk Irlandia yang bersatu.

Pembaruan makan siang

Pembaruan berita terpenting setiap hari saat makan siang.

Alamat email tidak valid. Silahkan isi kembali.

Baca baca Sini Kebijakan Privasi Kami.