BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Koleksi film box office yang membludak membuat bioskop dan teater Mogul menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia

Koleksi film box office yang membludak membuat bioskop dan teater Mogul menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia

Kisah ini merupakan bagian dari liputan Forbes tentang orang terkaya Indonesia tahun 2023. Simak daftar lengkapnya Di Sini.

Masyarakat Indonesia berbondong-bondong menonton film sehingga mendatangkan rejeki nomplok bagi Benny Suhrmann. Taipan jaringan bioskop ini bergabung dalam daftar tersebut dengan perkiraan kekayaan sebesar $1,1 miliar setelah IPO perusahaannya Nusantara Sejahtera Raya, yang biasa dikenal dengan nama IPO senilai 2,25 triliun rupiah ($145 juta). Bioskop Dua Puluh SatuPada bulan Agustus, dia menjadikannya miliarder.

Perusahaan ini adalah pemilik dan operator bioskop terbesar di negara itu, dengan pangsa pasar 70% dari total pendapatan box office, menurut firma riset pasar Euromonitor yang berbasis di London. Suherman menjual sebagian saham Cinema XXI kepada GIC dalam IPO setelah GIC melaksanakan opsi untuk membeli sekitar 23% saham, namun ia tetap menjadi pemegang saham mayoritas. Miliarder ini mempelopori sinema modern di Indonesia, membuka kompleks bioskop bernama Studio 21 pada tahun 1987. Setahun kemudian, ia dan Sudwikatmono, sepupu mendiang Presiden Suharto, dan veteran industri film Haris Lasmana, mendirikan Supintra Nusantara, yang mendahuluinya. bioskop kedua puluh satu. Sudwikatmono akhirnya menjual sahamnya kepada Suherman dan Lasmana yang masih memegang saham minoritas.

Hingga September, perusahaan memiliki 1.250 layar di 232 lokasi di 56 kota di seluruh negeri. Dalam sembilan bulan pertama tahun 2023, laba bersih naik 3% menjadi Rp388 miliar, dengan pendapatan meningkat 15% menjadi Rp3,8 triliun. Hans Gunadi, bos sutradara sekaligus menantu Suhrman, mengatakan dalam siaran persnya bahwa jumlah penonton meningkat 16% selama periode tersebut. (Günadi menjalankan perusahaan bersama putra Suhrman, Soryu dan Arif, yang masing-masing menjabat sebagai presiden dan direktur pelaksana Cinema 21, sedangkan putrinya Melia menjadi komisaris.)

Dengan banyaknya film blockbuster yang diperkirakan akan dirilis pada musim liburan mendatang, jaringan bioskop siap untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan. “Bioskop ke-21 mewakili proksi istimewa bagi pertumbuhan konsumsi kelas menengah di Indonesia,” tulis Henry Wibowo, analis di JPMorgan Securitas Indonesia, dalam laporan bulan Oktober. Boomingnya industri film Indonesia pasca-Covid membuat Manoj Panjabi, CEO studio film MD Pictures, masuk dalam jajaran orang terkaya pada tahun 2022, dan tahun ini ia pun menduduki peringkat pertama. 32 seharga $1,45 miliar.

READ  5 Alasan Menonton Alfred Bernie - Tamu Musim Panas