BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Korban tewas akibat letusan gunung berapi Indonesia terus meningkat

Badan Perlindungan Lingkungan

NOS. Beritadiubah

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan jumlah korban tewas setelah letusan gunung berapi di pulau Jawa Indonesia telah meningkat menjadi 34.

Gunung Semeru meletus pada Sabtu. Menurut badan bantuan bencana, sebagian besar korban tewas oleh puing-puing vulkanik.

Sedikitnya 68 orang terluka. Mereka telah menderita banyak luka bakar dan karena itu sulit untuk diidentifikasi. Ledakan itu membuat 3.700 orang mengungsi. Petugas penyelamat masih mencari 17 orang yang hilang.

Resepsi di masjid dan gedung pemerintahan

Letusan itu mengeluarkan abu dalam jumlah besar. Ini surut di desa-desa sekitarnya, memaksa hampir 2.000 orang mengungsi. Badan bencana mengatakan mereka sementara ditempatkan di masjid dan gedung-gedung pemerintah.

Kerusakan terlihat jelas di foto drone ini:

Rekaman drone dari sebuah desa di Indonesia di bawah abu vulkanik

Presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi daerah bencana. Sejumlah besar rumah, jalan, dan fasilitas lainnya yang hancur akan dibangun kembali, katanya dalam sebuah pernyataan. Dia juga mengatakan bahwa hampir 2.000 rumah di daerah yang paling parah tidak dapat dibangun kembali di lokasi aslinya, daerah itu terlalu berbahaya untuk itu.

Indonesia memiliki lebih dari seratus gunung berapi. Puluhan ribu orang tinggal di lereng karena tanahnya subur. Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, tingginya sekitar 3700 meter. Gunung berapi tersebut telah meletus beberapa kali sejak Desember tahun lalu.

Indonesia terletak di “Cincin Api”, sebuah wilayah di Samudra Pasifik dengan lebih dari 450 gunung berapi di mana gempa bumi terjadi secara teratur.