BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Korban tewas dari gunung berapi Semeru di Jawa meningkat luar negeri

“Semua tim evakuasi telah ditarik sementara karena letusan gunung berapi kecil baru yang dapat membahayakan tim evakuasi,” kata salah satu petugas penyelamat. “Pencarian akan dilanjutkan setelah situasi menjadi agak aman,” tambahnya. Dia mengatakan puluhan orang masih hilang.

Tim penyelamat menyelamatkan 10 penambang yang terjebak setelah letusan gunung berapi pada hari Sabtu. Orang-orang yang selamat sedang dicari dan jalan-jalan yang tertutup puing-puing dibuka kembali. Curah hujan yang diharapkan dalam beberapa hari mendatang dapat mempersulit pekerjaan.

Sejumlah besar abu jatuh di setidaknya sebelas desa. Rumah dan jembatan juga rusak. Lebih dari 1.300 orang dievakuasi. Mereka tinggal di masjid, sekolah, dan rumah desa. Warga sangat disarankan untuk tinggal setidaknya 5 kilometer dari kawah. Gunung berapi itu juga mengeluarkan banyak abu dan udara panas pada Sabtu.

Presiden Indonesia Joko Widodo menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban dan para korban lainnya. Dia memerintahkan pihak berwenang untuk memberikan bantuan darurat dan mencari para korban.

Gunung Semeru setinggi lebih dari 3.600 meter di Jawa Timur telah meletus beberapa kali dalam setahun terakhir. Indonesia terletak di “Cincin Api”, sebuah wilayah di Samudra Pasifik dengan sekitar 130 gunung berapi aktif, di mana banyak gempa juga terjadi. Letusan Gunung Merapi 2010 di Jawa menewaskan lebih dari 350 orang dan membuat 400.000 orang mengungsi.

READ  Laporan Sesi Keenam Ini Film!