BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ladybird Browser dengan Mesinnya Sendiri Menerima Yayasan dan Donasi $1 Juta – Komputer – Berita

Browser Ladybird baru dikembangkan dengan yayasan nirlaba. Organisasi ini telah menerima sumbangan $1 juta dan ingin terus mengerjakan browser sumber terbuka, yang harus menggunakan mesin independennya sendiri.

Pengembang di balik Ladybird Untuk menulis Browser sekarang akan menjadi bagian dari inisiatif Ladybird Browser. Ini adalah dasar yang harus memastikan bahwa browser terus dikembangkan secara stabil. Yayasan saat ini memiliki dua anggota Dewan Direksi. Ketua Dewannya adalah Andreas Kling, yang juga merupakan pendiri dan pengembang utama, dan pernah mengerjakan WebKit untuk Apple dan Nokia di masa lalu. Sekretarisnya adalah Chris Wanstrath, salah satu pendiri dan mantan CEO GitHub.

Wanstrath Dia menyumbangkan $1 juta Ke yayasan. Para pengembang mengatakan bahwa “kursi dewan tidak untuk dijual” dan bahwa yayasan harus terus ada terutama dari sumbangan. Ladybird telah menerima sumbangan dari beberapa perusahaan di masa lalu, termasuk $100.000 dari Shopify.

Ladybird merupakan inisiatif untuk membuat browser yang independen terhadap browser lainnya. Artinya ini bukan hanya tentang browser alternatif, tapi juga tentang mesin yang mendasarinya. Banyak browser alternatif, seperti Brave, menggunakan mesin Chromium Google. Akibatnya, sebenarnya hanya ada tiga mesin: Chromium, WebKit milik Apple, dan Gecko milik Mozilla. Ladybird ingin membangun mesinnya sendiri dan membuatnya tersedia secara gratis dan open source. Pembuat browser tidak ingin menggunakan kode dari browser lain, namun mengatakan mereka akan menggunakan perpustakaan pihak ketiga untuk menampilkan gambar atau mendukung enkripsi.

Produsen ingin menggunakan donasi dan yayasan untuk terus mengerjakan browser di tahun-tahun mendatang. Saat ini ada empat programmer penuh waktu yang bekerja pada browser, namun tiga lagi akan ditambahkan. Pembuat browser ingin merilis versi alfa browser untuk Linux dan macOS pada musim panas 2026. Mereka mengatakan ingin membuat versi Windows, tapi itu “bukan prioritas” saat ini.

READ  Amazon Akan Membangun Fasilitas Internet Kuiper senilai $120 Juta - IT Pro - Berita

Peramban kepik