BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Letusan gunung berapi La Palma mengancam emas kuning: ‘Perkebunan pisang kami ditelan’

“Daun dan buah tanaman saya penuh dengan abu,” kata petani pisang Hilario Batista melalui telepon dari rumahnya di La Palma. Meskipun perkebunan pisangnya tidak menghalangi aliran lahar panas mendidih yang mencapai laut pada hari Rabu, dia masih melihat sebagian besar hasil panennya jatuh ke dalam air. “Buah-buahan hancur karena hujan abu. Saya sudah menyapu 30 kilogram abu dari atap rumah saya.”

Mustahil untuk pergi setiap hari

“Kami berusaha memanen sebanyak mungkin. Tapi untuk alasan keamanan, kami tidak selalu diizinkan pergi ke ladang. Kemarin lahar menelan ladang lain,” kata Elisa Martinez dari perusahaan pisang Europlatano, yang memiliki ladang di daerah yang terkena dampak. oleh aliran lava.

Petani yang lahan pertaniannya masih ada seringkali tidak mampu merawat pisang juga. “Biasanya kami pergi setiap hari, tapi itu sekarang tidak mungkin karena ada hambatan,” kata Martinez.

Pulau Pisang

Dikenal sebagai La Isla Bonita, La Palma adalah pulau yang indah, tetapi juga dikenal sebagai Pulau Pisang. Karena setelah Tenerife, La Palma memiliki area perkebunan pisang terbesar dari semua Kepulauan Canary, jadi setengah dari ekonomi di pulau itu beroperasi pada “emas kuning” ini, dan tiga puluh persen pekerjaan terkait dengan sektor ini.

Letusan gunung berapi Cumbre Vieja telah sangat mempengaruhi budidaya pisang: 1.200 dari hampir 3.000 hektar perkebunan pisang di La Palma telah rusak, kata Asosiasi Produsen Pisang Asprocan Canarian, yang memperkirakan kerusakan awal mencapai 72 juta euro.

Abu vulkanik hancurkan pisang

“Jika gunung berapi terus meletus dan aliran lava meluas, atau jika cabang berkembang, kerusakan hanya akan meningkat. Setiap hari berarti,” kata Manuel Redondo, juru bicara Asosiasi Pertanian dan Peternakan Canary.

READ  Kepala intelijen militer Belgia kehilangan pekerjaan karena urusan Koenings

Wabah sebenarnya sekarang adalah abu vulkanik hitam pekat pada tanaman pisang, karena Anda tidak bisa mencucinya begitu saja, menurut Redondo. “Buahnya sangat rapuh. Jika abu masuk ke dalamnya, buahnya sering pecah saat dibersihkan. Itu bisa dilihat saat pisang sudah matang. Abunya seperti pisau.”

Panggilan di Spanyol

Menurut Redondo, aliran lahar melewati salah satu kawasan pisang terpenting di La Palma. Pisang biasanya disimpan di rumah kaca plastik. Jika kebakaran — dan pestisida yang disimpan di sana — menyala, awan beracun dapat terbentuk.

Sebagian besar pisang Canary dijual di daratan Spanyol. Aksi media sosial telah diluncurkan untuk mendorong orang Spanyol membeli pisang kenari untuk mendukung petani yang terkena dampak di La Palma.

Spanyol telah menyatakan La Palma sebagai daerah bencana dan sekarang mengalokasikan lebih dari 10 juta euro untuk membantu penduduk pulau itu. Enam ribu di antaranya dievakuasi dan lebih dari delapan ratus rumah hancur akibat letusan gunung berapi.