BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mahasiswa astronomi mendapat sepuluh untuk tesis: ‘Perhatian media agak berlebihan’

Arend Moerman, seorang mahasiswa astronomi dari Leiden, menerima sepuluh hadiah Guru Di mana ia mengeksplorasi interaksi antara tiga lubang hitam simulasi. Itu terjadi rata-rata sekali setiap sepuluh tahun bahwa seorang siswa astronomi mendapat sepuluh. Hasilnya juga diterbitkan dalam jurnal terkemuka Physical Review D.

Dia sendiri menarik perhatian dalam beberapa hari terakhir untuk “sedikit berlebihan.” Tetapi publikasi hasil tesis master luar biasa. “Itu tidak sering terjadi,” kata pembimbing tesisnya dan profesor dinamika bintang numerik Simon Porteges Zwart di acara radio. Target besok.

“Saya pikir saya akan mendapatkan satu izin, tetapi saya tidak mendapatkan sepuluh.” Moorman menghabiskan sembilan bulan untuk penelitiannya. Untuk memprediksi interaksi antara tiga benda langit seperti bintang, planet, atau lubang hitam, ia memprogram kode yang menghitung apa yang terjadi untuk periode waktu yang singkat, dan kemudian menggunakan hasilnya untuk menghitung periode waktu berikutnya. Metode serupa juga digunakan untuk membuat prakiraan cuaca.

Tambahkan teori relativitas

“Kami memiliki masalah di mana tiga lubang hitam bergerak satu sama lain, tetapi tidak berinteraksi menurut teori Newton, tetapi menurut teori relativitas Einstein,” kata Porteges Zwart. “Saat itulah Arend masuk ke kamarku dan bertanya apakah aku bisa memberikan tugas untuknya di mana dia bisa memprogram, dan dia mulai mengerjakannya seperti anjing gila.”

Sebulan kemudian, Moerman kembali ke Portegies Zwart. Dia tidak hanya mempelajari bahasa kode, tetapi juga menemukan cara untuk menambahkan komponen relativitas ke kode, yang membuat simulasi lebih akurat. Teori relativitas memainkan peran utama dalam benda-benda berat seperti lubang hitam.

titik balik

Hal ini memunculkan kemungkinan untuk menyelidiki bagaimana, misalnya, lubang hitam dengan massa yang berbeda berperilaku satu sama lain. “Biasanya dua dari tiga lubang cacing terbang terpisah, dan keduanya membentuk pasangan. Kami mensimulasikan ini dengan massa yang semakin berat, dan pada sepuluh juta massa matahari, keduanya mulai bergabung dan bukannya menolak,” kata Moorman.

READ  Ulasan Battlefield 2042 (PC) - Mungkin Terlalu Banyak Layanan Penggemar

Dia sendiri belum menyadari bahwa dia telah menemukan sesuatu yang baru. “Saya sangat terpaku pada layar saya.” Setelah melihat hasil ini, Portegies Zwart berkata, “Kita perlu mempublikasikan ini.”

Dalam pandangannya, karya Moerman memberikan lebih banyak wawasan tentang titik kritis dalam dinamika di mana lubang yang lebih ringan terbang terpisah dan bergabung menjadi lubang hitam yang sangat besar. “Saya benar-benar tidak bisa tidak memberikan sepuluh,” kata Portegies Zwart.

Selama itu bukan pekerjaan meja

Sebagai hasil dari penyelidikan dan perhatian media yang mengikutinya, Moorman dihubungi beberapa kali oleh perekrut. Tapi dia tidak melihat dirinya bekerja untuk bos disudut-Meja “.” Melakukan apa yang menurut saya berguna dan menyenangkan adalah yang paling penting bagi saya. “

Dia sekarang memulai proyek kelulusan keduanya dan bekerja di dapur bistro. “Jika tidak berhasil di dunia akademis, saya selalu bisa menjadi koki. Selama itu bukan pekerjaan meja.”