BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mantan Presiden Aljazair Bouteflika meninggal pada usia 84

Mantan Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika meninggal dunia. Demikian laporan televisi pemerintah Aljazair. Bouteflika terpilih sebagai presiden empat kali dan tetap berkuasa selama 20 tahun hingga 2019. Tahun itu dia mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima, tetapi setelah berminggu-minggu protes massa dan di bawah tekanan dari tentara, dia menolak. Dia mengundurkan diri akhir tahun itu. Bouteflika berusia 84 tahun.

Penyebab kematiannya tidak terungkap. Diketahui bahwa dia memiliki kesehatan yang rapuh. Sejak ia menderita stroke pada tahun 2013, ia hanya muncul di depan umum dengan susah payah.

Bouteflika bertempur dengan Prancis pada 1950-an dan 1960-an dalam Perang Kemerdekaan. Setelah kemerdekaan Aljazair pada tahun 1962, ia menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga dan kemudian Luar Negeri.

Dia meninggalkan Aljazair pada 1981 setelah lawan politik menuduhnya korupsi. Tetapi ketika akhirnya dihapus, itu kembali pada tahun 1987.

Pada tahun 1999 ia memenangkan pemilihan presiden dengan suara mayoritas. Kemudian Aljazair mengalami perang saudara. Bouteflika menekan pemberontak Islam dan datang dengan rencana rekonsiliasi nasional di mana ia sebagian besar menekan kekerasan.

READ  Israel diduga berperan dalam serangan terhadap fasilitas nuklir Iran | sekarang juga