BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mantan Presiden Kazakh Nazarbayev mundur selangkah

Mantan Presiden Kazakh Nursultan Nazarbayev (81) mengundurkan diri sebagai pemimpin partai yang berkuasa, Nursultan Nazarbayev. di sebuah 2019 Dia tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatan presiden. Nazarbayev, yang telah menguasai negara Asia Tengah selama beberapa dekade, akan tetap memimpin Dewan Keamanan. Jadi tidak jelas seberapa besar kekuatan yang dimiliki Nazarbayev di latar belakang.

Kepemimpinan partai akan diserahkan kepada Presiden Tokayev (68 tahun), yang sebelumnya berprofesi sebagai diplomat. Sejak menjabat, sejumlah reformasi demokrasi telah dilaksanakan, termasuk penghapusan hukuman mati. Meskipun demikian, negara kaya minyak masih dikenal Sebagai rezim yang ketat dan otoriter.

puluhan tahun berkuasa

Nazarbayev telah memimpin Kazakhstan sejak 1989, awalnya sebagai pemimpin Partai Komunis Republik Soviet Kazakhstan dan sejak 1990 sebagai presiden. Selama bertahun-tahun, ia berulang kali memenangkan pemilihan presiden, dengan Nazarbayev menerima hampir semua suara, menurut hasil resmi. Pengamat asing secara konsisten menggambarkan pemilu sebagai tidak demokratis.

Penguasa absolut berhasil menjaga hubungan baik dengan Barat dan Rusia selama masa kepresidenannya. Negara ini sangat terkenal karena perannya dalam perjalanan ruang angkasa. Di sebelah selatan adalah situs peluncuran roket terbesar di dunia, Baikonur, tempat kosmonot Andre Kuipers memulai misinya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Untuk menghormati pendahulunya, Presiden Tokayev mengganti nama ibu kota negara dari Astana menjadi “Nur-Sultan”.

READ  Harry mempersembahkan penghargaan kepada para veteran dan Bon Jovi | bangsawan