BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Memperkenalkan banyak perusahaan pertanian dan melakukan kontrak dengan petani

“Sebagai sebuah perusahaan, kami telah belajar bahwa sistem saat ini tidak akan pernah dapat menghasilkan keuntungan yang dapat membuat pertanian dalam ruangan menguntungkan, mengingat konsumsi energi dan biaya yang tinggi. Setelah membangun sistem kami sendiri, kami telah berusaha untuk menguranginya sejak itu,” Tan mengatakan Ken Hong, pendiri Saturn Agtech.

Perusahaan telah berurusan dengan budidaya makanan berkelanjutan di Malaysia sejak 2018. Mereka telah mulai melakukan banyak upaya dalam penelitian dan pengembangan, menciptakan sistem yang efisien yang dapat digunakan di Malaysia. Tan menjelaskan bahwa sistem pertanian vertikal di Malaysia tidak layak secara ekonomi, namun Saturn Agtech bertujuan untuk mengubahnya. Saat ini, tim terlibat dalam beberapa proses penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan dan menyempurnakan semua proses budidaya.

Seperti yang dijelaskan Tan, pendekatan Saturn Agtech sedikit berbeda. “Kami ingin membuktikan bahwa pertanian vertikal dalam ruangan dapat menjadi bisnis yang menguntungkan di mana saja di dunia saat ini. Dari sana kami akan mengintegrasikan lebih banyak teknologi ke dalam bisnis selangkah demi selangkah. Sama seperti kami menambahkan lebih banyak resep untuk tanaman ke dalam sistem. Pertama kami ingin konsumen untuk merasakan produk kami.” Saat kami menyempurnakan sistem agar lebih efisien, terjangkau, dan menguntungkan, kami sekarang ingin menangkap pangsa pasar yang lebih besar.”

situasi pasar
Tan mengatakan produk organik yang tersedia di Malaysia sangat mahal. Untuk menghindari overpricing dan untuk memastikan keterjangkauan dan keberlanjutan produknya, perusahaan selalu membandingkan harga produk organik untuk memastikan bahwa produk internalnya tetap kompetitif dengan harga kurang dari atau setidaknya sama dengan produk organik. Sekarang setelah harga eceran merek untuk produk unggulan perusahaan “Hydrofresh” telah ditetapkan dan diterima dengan baik oleh konsumen, langkah selanjutnya bagi Tan adalah mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi per meter persegi di setiap aspek.

READ  Dit zijn de competitiewinnaars van de IFFR Pro Awards 2022

“Ini membawa kami untuk memperkenalkan Model 3 terbaru kami, yang dapat kami katakan dengan yakin sebagai salah satu sistem paling efisien yang saat ini digunakan di Malaysia. Setelah membandingkan data dengan negara tetangga kami Singapura, efisiensi standar pertanian menghasilkan hasil tahunan sebesar 1500 ton/ha/tahun, sementara perusahaan kami memproduksi sekitar 2000 – 2300 ton/ha/tahun, jadi sudah waktunya bagi kami untuk meningkatkan produksi dan menyebarkannya.”


model pertanian 3

Ekspansi ke pasar Asia
Model hortikultura standar perusahaan biasanya 10.000 hingga 30.000 m2. Sebagai langkah pertama dalam ekspansi ke Asia, mereka berencana untuk mendirikan pabrik percontohan pertama mereka di Singapura. Tan mengungkapkan bahwa Borneo, pulau terbesar kedua di dunia, berada di urutan berikutnya untuk model serupa. Selanjutnya, mereka ingin memperluas jejak Saturn Agtech ke Vietnam, Filipina, Thailand, dan Indonesia.

“Kami sudah akan melakukan ekspansi ke kota-kota besar di Malaysia dan Singapura sebelum melakukan ekspansi ke negara-negara Asia lainnya. Ke depan, kami ingin meluncurkan raksasa produksi massal, dengan sistem yang mirip dengan Ikea untuk memenuhi permintaan di masa depan,” tambah Tan.

Saturn Agtech Pendiri & Presiden Tan Kee Hong & CEO Ben Chow Wen Bin

Pemasaran Teknologi
“Kami ingin membuat berkebun menjadi mungkin untuk semua orang. Itu sebabnya kami ingin memberi orang kesempatan untuk berpartisipasi dalam ekonomi yang dapat dibagi. Untuk melakukan itu, kami menawarkan lebih banyak saluran penjualan. Misalkan seseorang ingin memulai pertanian mereka sendiri di ruang kosong di rumah mereka. apartemen, maka mereka dapat menggunakan sistem kami untuk menanam sayuran, Tentu saja mereka tidak akan pernah dapat menanam sebanyak yang kami lakukan, tetapi begitu produksi meningkat, mereka dapat menjual produk kepada kami karena kami telah membentuk saluran penjualan dan mereka dapat terus tingkatkan hasil dan tingkatkan permintaan. Sebagai bonus, para petani secara pasif dapat memperoleh penghasilan tambahan dari produk”, tegas Tan.

READ  Belarusia semakin tunduk pada Rusia secara ekonomi

Strategi utama perusahaan adalah melakukan kontrak dengan petani agar bisa menambah pasokan tanpa harus membangun bisnis lagi. Petani bisa mendapatkan keuntungan dari platform yang dirancang oleh Saturn Agtech untuk memantau budidaya dan kepatuhan dengan kualitas produk yang dibutuhkan. Untuk menjaga kualitas tetap konstan, Saturn Agtech bekerja pada sistem 5g yang dapat mendeteksi zat berbahaya pada tanaman untuk memastikan kualitas yang konsisten dan mencegah kehilangan panen.


Kementerian Pertanian Malaysia selama kunjungan perusahaan mereka November lalu

Budidaya tanaman lokal
Rangkaian produk Saturn Agtech saat ini sebagian besar terdiri dari sayuran lokal dan beberapa varietas impor. Untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, perusahaan tidak ingin bergantung pada produk yang tidak umum digunakan di dapur lokal. Oleh karena itu, dengan menargetkan tanaman lokal yang dimakan oleh masyarakat lokal setiap hari, mereka berharap dapat menjangkau khalayak yang lebih luas yang dapat menikmati produk lokal yang sehat dan terjangkau tersebut.

Tan mengungkapkan bahwa semangka, cabai, dan mentimun Jepang sedang dalam proses pembuatan. “Kami telah berhasil mengembangkan semua produk ini, tetapi untuk dapat mengirimkan dalam jumlah besar, kami masih perlu meningkatkan margin biaya.” Otomatisasi adalah sesuatu yang ingin ditangani tim di tahap selanjutnya, bersama dengan kontributor China yang berspesialisasi dalam otomatisasi.

untuk informasi lebih lanjut:
Agnes Rendah
Saturn Agtech Pte Ltd.
+60 165 070670
[email protected]
www.hydrofresh.com.my