BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Suriname: Ini akan menjadi tahun-tahun penting bagi Suriname

Sudah dua setengah jam terlambat tapi Albert Ramdin punya alasan bagus. Dari sebuah kamar hotel di Den Haag, menteri luar negeri Suriname sedang melakukan panggilan telepon dengan China – kreditur terbesar Suriname. Ramdin tidak hanya berpartisipasi dalam percakapan itu, dia juga memanggil lebih dari tiga puluh menteri dari Amerika Latin dan Karibia. Itu juga butuh waktu lama sebelum gilirannya.

Saat China terancam, Anda tidak bisa pergi begitu saja, Ramdin menjelaskan di serambi hotel yang dihiasi pohon Natal. “Dalam diplomasi internasional ini bukan hanya tentang apa yang Anda katakan, ini juga tentang sikap Anda. Menjauh dapat disalahpahami, seolah-olah Anda tidak nyaman dengan situasinya.”

Bulan ini, Suriname sedang bernegosiasi dengan Dana Moneter Internasional tentang bantuan sekitar 570 juta euro untuk tiga tahun ke depan. Setelah sepuluh tahun salah urus keuangan di bawah mantan presiden, mantan diktator Desi Bouterse, uang itu sangat dibutuhkan. Kesepakatan itu hampir selesai, tetapi IMF juga menginginkan kesepakatan dengan kreditur Suriname. Ini belum terjadi dengan Cina.

Dukungan IMF akan membawa kelegaan tidak hanya dalam hal ekonomi, tetapi juga secara politik. Chan Santokhi telah menjadi kepala selama satu setengah tahun, tetapi pemindahan puing-puing setelah Potters berjalan lebih lambat dari yang diharapkan. Utang nasional sangat besar (3,5 miliar euro) dan kemiskinan tidak berkurang.

Ramdin telah berada di Den Haag selama beberapa hari terakhir, dalam perjalanan kembali dari perjalanan internasional. Ini membawanya, antara lain, ke Uni Emirat Arab, investor baru yang potensial di Suriname. Hubungan diplomatik dengan Belanda diperkuat dengan kuat setelah sepuluh tahun diam radio. Ramdin juga minggu ini melakukan panggilan telepon dengan Amerika Serikat, saingan ekonomi dan politik utama China.

Penemuan minyak besar dan baru di lepas pantai Suriname menjelaskan minat asing yang meningkat tajam. Mulai 2025, tahun pemilu berikutnya, minyak harus mulai mengalir. Dengan demikian, Suriname yang relatif muda mencoba menari di panggung geopolitik.

Apa yang diharapkan dari Cina?

Dukungan IMF mengharuskan Suriname mengambil tindakan yang cukup keras. Pada saat yang sama, kreditur kami diminta untuk memberi kami waktu tambahan sehingga kami benar-benar dapat mengimplementasikan rencana pemulihan. China telah mengatakan akan memperhitungkan kemampuan kami untuk membayar kembali, tetapi IMF menginginkan komitmen itu di atas kertas – sama seperti kreditur lain, India dan negara-negara Eropa.”

Apakah Anda pikir Anda akan segera keluar?

“Ini berjalan ke arah yang benar. Saya baru mendengar bahwa kami sekarang juga secara resmi masuk dalam agenda IMF, pada 22 Desember. Kami juga dapat mengimplementasikan rencana pemulihan tanpa dukungan. Sebenarnya, kami sudah melakukannya, tetapi semuanya akan lebih lambat Dan lebih jauh. Investor ingin tahu apakah Anda mendapat dukungan IMF. Jadi kami juga melakukannya untuk kelayakan kredit.”

READ  Dalam resep neneknya, Nessi kembali ke akar Maluku-nya Berita

Tampaknya Suriname telah menjadi titik fokus geopolitik. Apakah semua perhatian ini merupakan peluang atau perhatian?

Saya tidak ingin menyebutnya sebagai masalah atau peluang. Kita tahu bahwa sumber daya alam menarik perhatian. Secara kasar, kami melihat minat dari Rusia, Eropa, Amerika, China, dan India. Apa yang tidak kita inginkan adalah menunjukkan satu preferensi atau yang lain. Kami ingin berteman baik dengan mereka semua.”

Baca juga: Suriname dalam euforia karena semua minyak di lepas pantai

Apakah hubungan dengan Belanda dan Uni Eropa juga diperkuat dengan counterpressure?

Kami tidak merasakan tekanan apapun. Kebijakan luar negeri kami dipikirkan dengan baik. Pertama dan terutama, ini menyangkut kepentingan Suriname serta nilai dan standar yang diterima secara internasional: demokrasi, supremasi hukum, perlindungan hak asasi manusia, penilaian yang baik, negara hukum merdeka yang baik, dll. Dalam kasus Uni Eropa, Amerika Serikat dan Belanda, kami harus mengejar karena pemerintah sebelumnya mengabaikan ikatan. Tapi kami tidak melakukan itu sebagai tanggapan atas apa pun.”

Anda ingin terlibat dengan UEA dan berbicara tentang nilai-nilai bersama. Bukankah ini penting?

“Tidak ada yang sempurna di negara mana pun. Jika Anda mencari bentuk kerja sama yang ideal di mana segala sesuatunya berada di area ‘plus’ yang lebih tinggi, Anda tidak akan menemukannya.”

Saya pernah berkata: Suriname harus menjadi pintu gerbang ke Amerika Latin. Apa yang dimiliki Suriname yang tidak dimiliki negara lain di kawasan ini?

“Lokasi. Pikirkan rute udara dan laut. Kami cukup stabil secara politik. Kami tidak memiliki bencana alam. Kami memiliki orang-orang yang cukup berkembang dan sumber daya alam yang cukup. Ini tidak berarti semuanya baik-baik saja – tidak pernah. Tetapi orang tidak boleh menunggu Sampai sempurna, karena persaingan begitu ketat sehingga beberapa tidak bisa lagi mencegatnya. Jika kita mulai dengan minyak pada tahun 2025[verkoop]Diperlukan setidaknya dua puluh tahun lagi sebelum kita dapat memainkan peran regional yang besar itu. Dalam hal ini, kami melihat sedikit di Dubai dan bagaimana negara itu berkembang dalam lima puluh tahun.”

READ  China ingin menyerahkan harga listrik untuk mengatasi kekurangan

Haruskah Suriname menjadi Dubai Amerika Latin?

“Tidak, itu sepertinya terlalu berlebihan lagi. Suriname tetap Suriname, tapi itu harus menjadi daya tarik. Menurut saya kita sudah menunggu terlalu lama. Selama 45 tahun, kita fokus pada tiga negara di Asia Tenggara: China, Indonesia dan India, karena hubungan budaya dan sejarah.” Sekaranglah waktunya untuk memperluasnya.”

Ini adalah ambisi besar. Tidakkah Anda mengambil risiko terlalu banyak kekecewaan dengan cara ini?

Anda tidak dapat mencapai apa pun tanpa ambisi. Kami tidak bermimpi, tapi kami percaya.”

Perusahaan Denmark HPSG, yang ingin membangun pembangkit listrik tenaga hidrogen di Suriname, ada menurut media Denmark Pengusaha yang meragukan. Mereka baru saja diterima dengan segala hormat di Suriname.

“Kami selalu menerima semua orang dengan segala hormat.”

Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah Suriname memiliki keahlian untuk mengidentifikasi niat jahat.

Suriname memiliki populasi 550.000 orang. Kami menyadari bahwa banyak dari pengalaman itu tidak akan ada. Tetapi pengalaman dapat ditemukan di mana-mana.”

Pengusaha ini tidak memiliki pengalaman dalam energi hijau, tetapi mereka berurusan dengan perusahaan yang bangkrut. Media Denmark mengatakan mereka tidak baik.

“Kami hampir tidak bisa mengatakan itu. Perusahaan sering bangkrut dan sangat sedikit perusahaan yang memiliki keahlian yang terbukti dalam hidrogen. Namun, kami telah mendengar cerita dan menganggapnya serius. Tetapi demi keadilan dan kesopanan, kami juga harus mendengarkannya. apa yang dikatakan perusahaan itu sendiri. Faktanya adalah bahwa mereka berinvestasi di Suriname: mereka mengajukan izin dan membeli tanah. Suriname sendiri tidak menawarkan apa pun di dalamnya, kecuali untuk percakapan yang baik. Kami tidak mengambil risiko. Hanya ada perjanjian tentang kewajiban untuk membeli, tetapi mereka hanya berlaku jika pembangkit listrik di tempatnya”.

READ  Binance Meluncurkan Pertukaran Bitcoin Baru di Indonesia

Masyarakat Ekonom Suriname, VES, memperingatkan minggu lalu tentang mengikis kepercayaan pada pemerintah Anda. Apakah Anda menyadari itu?

“Kretologi. Tidak ada pemerintah yang bisa hidup tanpa kepercayaan. Kita lupa bahwa sepuluh tahun terakhir telah meminjam seperti tidak ada apa-apa. Uangnya telah hilang. Saya tidak mendengar VES tentang hal itu. Dalam tiga bulan setelah berkuasa, kami telah berhenti membayar gaji, upah dan manfaat menggunakan pinjaman.” Pada bulan Juli 2020, kami meminjam lagi, tidak lebih dari pada bulan September, hanya melalui kebijakan fiskal yang bertanggung jawab. Sebagai asosiasi ekonom, Anda harus tahu bahwa ini merupakan kemajuan yang luar biasa.”

VES juga percaya bahwa terlalu banyak anggota keluarga yang ditugaskan ke pemerintah. Apakah Anda berbagi keprihatinan ini?

“Ya. Artinya: Saya lebih suka untuk tidak memilikinya, tetapi saya tidak punya masalah dengan itu selama orang-orang ini melakukan pekerjaannya dengan baik. Sayangnya, kolam yang menarik orang-orang kecil dan dangkal di Suriname.”

Anda ingin membuat Suriname menjadi ekonomi pengetahuan modern. Bukankah itu membutuhkan pemerintah yang dapat diandalkan?

“Ya, tapi itu akan memakan waktu. Banyak pejabat tidak jelas tentang apa yang mereka lakukan. Kita harus memobilisasi orang dan menginspirasi mereka untuk berpikir dan bertanggung jawab. Banyak lembaga seperti Biro Audit, Kehakiman dan Publik Kejaksaan juga telah melemah. Anda tidak bisa membangunnya kembali begitu saja.”

Apakah PNS juga akan dipecat?

60.000 pegawai negeri sipil untuk populasi 150.000 keluarga adalah jumlah yang sangat besar. Itu pasti harus dipotong setengah. Tapi layanan pemerintah di Suriname juga merupakan jaring pengaman. Jika Anda mengusir orang dan mengirim mereka pulang tanpa penghasilan, Anda memiliki masalah sosial. Kami tidak hanya ingin memecat orang, tetapi juga menunjukkan sudut pandang kepada mereka.”

Akankah Santoki tetap menjadi presiden setelah 2025 atau akankah dia bertahan selama satu periode?

“Dapatkah Anda membayangkan pemerintah kembali berkuasa setelah 2025 dan melarikan diri dengan uang, karena pasokan minyak dan gas membawa jutaan? Kemudian kita benar-benar jauh dari rumah. Tahun-tahun mendatang akan menentukan. Saya pikir kita baik-baik saja. “