BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Negara-negara meninggalkan pertemuan G20 karena partisipasi Rusia | Keuangan

Sumber mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pejabat dari Kanada, Inggris dan Amerika Serikat menarik diri dari pertemuan ketika seorang perwakilan Rusia berbicara. Tindakan tersebut mengekspos perpecahan yang berkembang atas kehadiran Rusia yang berkelanjutan di badan penasihat tersebut.

Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland, salah satu langkah yang diambil, sebelumnya telah mengindikasikan bahwa pertemuan di Washington adalah tentang mendukung ekonomi global. “Invasi ilegal Rusia ke Ukraina menimbulkan ancaman serius bagi ekonomi global,” katanya di Twitter. Dia menambahkan bahwa Rusia seharusnya tidak berpartisipasi.

Demokrasi dunia tidak akan tinggal diam menghadapi agresi Rusia dan kejahatan perang yang terus berlanjut. Hari ini, Kanada dan beberapa mitra Demokrat kami menarik diri dari pleno G-20 ketika Rusia mencoba untuk campur tangan.”

berutang

Seorang juru bicara delegasi Inggris mengatakan akan terus bekerja dengan sekutu untuk mengutuk perang Rusia melawan Ukraina dengan tegas. Inggris juga mendorong koordinasi internasional yang lebih kuat untuk menghukum Rusia.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen dilaporkan mengatakan kepada hadirin bahwa dia tidak menyetujui seorang pejabat senior Rusia menghadiri pertemuan tersebut. Yellen dikatakan termasuk di antara mereka yang meninggalkan pertemuan itu, bersama dengan Gubernur Bank of England Andrew Bailey dan lainnya.

Sementara itu, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mendesak pejabat Rusia, Wakil Menteri Keuangan Timur Maksimov, untuk mengirim pesan yang jelas ke Moskow. Menurutnya, perang di Ukraina harus segera diakhiri.

Kontroversial

Para menteri keuangan dan kepala bank sentral dari negara-negara Kelompok Dua Puluh bertemu di Washington. Invasi Rusia ke Ukraina membuat partisipasi Rusia dalam pertemuan G-20 kontroversial. Misalnya, Presiden AS Joe Biden bulan lalu menyerukan agar negaranya dikeluarkan dari G-20.

READ  Kim Kardashian senang dengan pengurangan hukuman sopir truk | gosip

Pada pertemuan G20 pada hari Rabu, Rusia mendesak untuk tidak mempolitisasi dialog antar negara anggota. Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov telah memperingatkan negara-negara yang hadir tentang bahaya merusak kepercayaan pada sistem keuangan dan moneter global, menurut kantor berita RIA.