BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Orang Eropa berpakaian hijau, Saipem menanjak di Mib

(Alliance News) – Pasar saham utama Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Jumat, mengakhiri minggu yang minim berita perusahaan tetapi data ekonomi makro yang penting.

Secara khusus, laporan Nonfarm Payrolls AS terbaru menunjukkan pertumbuhan pekerjaan yang kuat di bulan Desember, bersamaan dengan penurunan pengangguran menjadi 3,5%.

Selain itu, jumlah pekerjaan di sektor swasta AS meningkat pada kecepatan yang lebih lambat pada bulan Desember dibandingkan bulan sebelumnya, biro statistik Departemen Tenaga Kerja melaporkan Jumat.

Perekonomian AS menambahkan 223.000 pekerjaan pada bulan Desember, angka terendah sejak Desember 2020, setelah kenaikan yang direvisi turun sebesar 256.000 pada bulan November, dengan angka tersebut melebihi ekspektasi pasar sebesar 200.000.

“Ketahanan data memperkuat optimisme bahwa ekonomi AS akan terhindar dari resesi yang dalam dalam beberapa bulan mendatang dan apa yang baik untuk ekonomi AS juga akan baik untuk ekonomi global,” kata Michael Hewson, analis pasar senior. Di CMC Markets Inggris.

Misalnya, FTSE Mib ditutup turun 1,4 persen di zona hijau pada 25.180,35.

Di Eropa, CAC 40 di Paris ditutup naik 1,5 persen, FTSE 100 London naik 0,9 persen, dan DAX 40 di Frankfurt naik 1,2 persen.

Juga pada sore hari adalah PMI jasa di Amerika Serikat yang turun menjadi 49,6 poin pada bulan terakhir tahun ini, menunjukkan kontraksi pertama di sektor jasa sejak Mei 2020, pada puncak epidemi Covid-19, dan jauh di bawah pasar. Prediksi 55,0 poin. Angka tersebut sebanding dengan 56,5 poin di bulan November.

Di antara perusahaan Italia yang lebih kecil, Average Capital ditutup 0,6 persen di zona hijau pada 40.865,91, Modal Kecil naik 0,5 persen di 28.448,78, sementara Pertumbuhan Italia ditutup 0,2 persen di zona hitam di 9.409,37.

Di main Piazza Affari, Saipem mengungguli semua orang, menang 6,2%. Kekhawatiran publik, yang dikendalikan oleh Eni, “muncul dari tahun yang sulit, setelah mengoreksi buku pesanan, peringatan tentang keuntungan dan rekapitalisasi, yang, bagaimanapun, tidak menimbulkan pertanyaan tentang nilai industri perusahaan yang mampu menahannya,” kata Francesco Bonazzi.

READ  Miliarder Indonesia lebih kaya dari 100 juta orang termiskin

“Dalam beberapa bulan mendatang, hasil positif diharapkan untuk seluruh sektor, setelah tahun 2022 yang tentunya merupakan tahun yang sangat baik bagi sektor minyak. Untuk tahun 2023, minat dunia terhadap minyak tetap tinggi, terutama karena perkiraan resesi dan kemungkinan penurunan permintaan Di tingkat Eropa Kita harus menunggu dan melihat apa yang terjadi dengan larangan produk olahan dari Moskow yang akan mulai berlaku pada 5 Februari, kata pakar kepada Alliance News.

Stellantis ditutup naik 0,7 persen. Perusahaan menegaskan niatnya untuk memperluas jangkauan data dan layanan terkait dengan meluncurkan Mobilisights, unit bisnis independen baru.

Penawaran baru, Mobilisights, bertujuan untuk memperluas bisnis data sebagai layanan perusahaan dan mengembangkan serta melisensikan produk, aplikasi, dan layanan B2B.

Unit baru ini akan memanfaatkan data kendaraan yang terhubung dengan Stellantis, yang diperkirakan akan mencapai 34 juta unit pada tahun 2030.

Hera ditutup 1,4 persen di zona hijau setelah mengumumkan pada Kamis 150 juta euro dalam investasi pemanas distrik untuk periode 2023-2026.

Di antara proyek-proyek ini, tiga proyek pemanas distrik Grup Hera – di Bologna, Ferrara dan Forlì – telah menerima pembiayaan di bawah Rencana Pemulihan dan Ketahanan Nasional, misi “Revolusi Hijau dan Transformasi Ekologi”, dengan jumlah total hampir 50 juta euro.

Terna mengakhiri tahun dengan naik 2,1% setelah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi 100% modal Edyna Transmission, anak perusahaan Grup Alperia yang didedikasikan untuk sektor transportasi yang memiliki jalur tegangan tinggi sepanjang 34 kilometer dan dua pembangkit listrik di South Tyrol.

Aset tersebut sudah menjadi bagian dari jaringan listrik nasional dan diakuisisi oleh Terna dengan nilai total sekitar €14 juta. Perjanjian tersebut tunduk pada pemenuhan kondisi tertentu yang sudah ada sebelumnya.

READ  Pinduoduo Bergabung dengan Forum Global G20 untuk Pertanian Digital

Hanya tiga yang bearish: DiaSorin, turun 0,6%, Mediobanca berwarna merah, turun 0,1%, dan Azimut, berwarna merah fraksional.

Di mid-head, Tinexta, Brembo dan Fincantieri berada di podium, naik antara 2,5% dan 2,3%.

Saham PharmaNutra naik 0,2%. Perusahaan mengumumkan penandatanganan tiga perjanjian perdagangan internasional baru untuk distribusi lini produk SiderAL dan Cetilar di Republik Indonesia, Kuwait dan Meksiko.

Dengan ditandatanganinya kontrak baru tersebut, PharmaNutra Group kini memiliki 47 distributor di 70 negara di Eropa, Asia, Amerika Latin dan Afrika.

Carel Industries ditutup naik 0,9%. Perusahaan mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka tidak lagi diklasifikasikan sebagai perusahaan “kecil dan menengah”, kecil dan menengah.

Nasib yang sama menimpa laporan Hubungan Internasional yang naik 1,0%.

Di segmen usaha kecil, algoWatt menduduki puncak daftar dengan peningkatan 21%, diikuti Seri Industrial di tempat kedua dengan peningkatan lebih dari 11%.

Aeroporto Guglielmo Marconi Di Bologna naik 0,3% setelah mengumumkan bahwa evolusi lalu lintas udara akan meningkat secara bertahap pada tahun 2022, dimulai pada musim semi, dengan berakhirnya fase darurat dan pembatasan perjalanan.

Di bandara, jumlah penumpang bulanan meningkat dari minus 51% pada Januari 2022 dibandingkan Januari 2019 menjadi 2,4% pada Juni 2022 dibandingkan Juni 2019, meningkat sepanjang musim panas sebelum menurun lagi dalam dua bulan terakhir musim gugur tahun itu.

Sistem Civitanavi berakhir di posisi hitam, turun 1,9%. Perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian penilaian dengan otoritas pajak Italia yang memungkinkan perusahaan untuk mengakses keuntungan pajak dari Dana Paten untuk kekayaan intelektual paten dan pengetahuan.

Manfaat pajak untuk periode lima tahun 2017-2021 akan dihitung dalam laporan keuangan tahun 2022 dan dikuantifikasi pada saat penyusunan laporan keuangan.

Di antara usaha kecil dan menengah, Clabo tetap di puncak, naik 5,5 persen setelah mengumumkan pada hari Rabu bahwa anak perusahaannya di AS Howard McCray telah menandatangani dua kesepakatan bisnis senilai $750.000, atau €710.000, dengan dua rantai ritel aktif beroperasi di saluran HoReCa. .

READ  Ini adalah akuisisi komersial terbesar di wilayah tersebut

Namun, Neurosoft dan Fenix ​​​​Entertainment menjadi yang teratas, yang ditutup lebih tinggi masing-masing sebesar 33% dan 21%.

Berang-berang kehilangan 4,2 persen. Pada hari Kamis, diumumkan bahwa mereka telah membeli kembali 17.500 saham biasa antara 2 Januari dan 5 Januari.

Saham tersebut dibeli dengan harga rata-rata €2,6234 per saham, dengan nilai total lebih dari €45,909.90.

Di New York, Dow Jones naik 1,6 persen menjadi 33.466,86 pada puncak perdagangan, Standard & Poor’s naik 1,5 persen menjadi 3.865,76, dan Nasdaq naik 1,3 persen menjadi 10.443,58.

Di antara mata uang, euro diperdagangkan pada $1,0619 versus $1,0525 pada penutupan Kamis. Sebaliknya, pound Inggris bernilai $1,2063, naik dari $1,1897 tadi malam.

Dalam komoditas, minyak mentah Brent berada di $79,61 per barel, naik dari $78,14 per barel tadi malam. Sementara itu, emas diperdagangkan pada $1.862,74 per ons dari $1.826,70 per ons pada Kamis malam.

Kalender ekonomi hari Senin menunjukkan Produksi Industri Jerman pada 0800 CET dan Neraca Perdagangan Prancis pada 0845 CET.

Pada 1000 CET, tingkat pengangguran bulanan akan dirilis di Italia, yang juga akan dirilis satu jam kemudian di zona euro.

Sore harinya, Amerika Serikat akan mengadakan lelang Treasury Bill pada 1730 CET.

Bursa Efek Tokyo ditutup pada hari Senin untuk Hari Kedewasaan.

Adapun Piazza Affari, hasil Brunello Cucinelli diharapkan.

Oleh Chiara Broschi, koresponden Alliance News

Komentar dan pertanyaan ke [email protected]

Hak Cipta 2023 Alliance News IS Italian Service Ltd. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang. Seluruh hak cipta.