BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pajak yang besar atas minyak sawit menunjukkan peningkatan risiko politik bagi investor

Grup perkebunan Sipef telah terpukul keras di pasar saham oleh pajak ekspor minyak sawit yang tidak terduga dan berat oleh Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa risiko geopolitik dari ekuitas tidak dapat diremehkan.

Pemerintah Indonesia yang baru memiliki pandangan yang cerah tentang Sipef

Itu tersingkir dalam satu gerakan. Harga saham baru-baru ini diuntungkan oleh kenaikan tajam harga minyak sawit menjadi lebih dari $900 per ton, level tertinggi dalam enam tahun. Tetapi perusahaan pertanian dari Schotten hampir tidak akan mendapat manfaat dari ini.

Sejauh ini, Indonesia telah mengenakan pajak minyak sawit dengan biaya tetap sebesar $55 per ton jika harganya melebihi $620 per ton dengan sedikit biaya tambahan untuk mengekspor lebih dari $750. Mulai 10 Desember, Indonesia akan mengenakan pajak ekspor sebesar $15 per tranche sebesar $25 di atas $670 per ton. Selain itu, ada juga pajak yang naik berkeping-keping. Sipef menanam 80 persen kelapa sawit di Indonesia. Negara ini menyumbang 55 persen dari produksi global.

“Ini berarti bahwa hampir semua keuntungan tambahan dari harga minyak sawit yang lebih tinggi akan mengalir ke pemerintah Indonesia,” kata Frank Claassen, analis di Degroof Petercam. Saya bisa membayangkan Sipef akan mengubah rencana ekspansi sebagai hasilnya. Pendapatan dari pengembangan ladang kelapa sawit baru akan terlalu rendah untuk sebagian besar operasi. Dia menarik rekomendasi belinya dan menurunkan target harga sebesar €10 menjadi €58. KBC Securities akan mempertahankan peringkat belinya.

2 juta

Dampak pada keuntungan

Pajak tersebut akan mengikis laba bersih Sipef sebesar $2 juta pada bulan Desember saja.

Konsekuensi dari ini untuk Sipef sangat besar. Untuk bulan Desember saja, perusahaan mengharapkan dampak negatif sebesar $2 juta pada laba bersih. Bagian penting dari hasil tahunan, karena untuk tahun 2020 perusahaan memperkirakan laba 10-15 juta dolar. Claassen yakin tindakan itu akan merugikan Sipef $30 juta dalam laba operasi tahun depan. Sistem pajak juga mempengaruhi penilaian tanah. Saham mencapai lebih dari 20 persen pada Jumat pagi.

READ  Blokade Terusan Suez memicu kelangkaan perdagangan kayu di Gadeiro di Groningen. "Mungkin tidak akan ada lagi kayu taman selama liburan Mei"

Biodiesel

Indonesia secara resmi mengenakan pajak untuk mendanai peralihan ke lebih banyak biodiesel, tetapi banyak yang melihatnya sebagai kenaikan pajak yang kecil. “Meskipun sistem masih dapat dimodifikasi untuk menyelamatkan petani kecil, itu tidak menghilangkan ketidakpastian dan risiko bahwa sistem seperti itu dapat menyebabkan sesuatu seperti ini dalam semalam,” kata Claassen.

Schroders, manajer aset, memperingatkan bahwa “investor harus memperhitungkan peningkatan risiko geopolitik.” Perubahan rezim, munculnya partai-partai yang lebih ekstrem atau populis, ketegangan perdagangan, atau putusnya hubungan seperti Brexit, mengancam stabilitas yang sangat penting bagi investor.

Sistem politik berdampak pada valuasi saham. Bulan lalu, raksasa internet China Alibaba tenggelam saat Beijing berusaha mengekang kekuatan pemain utama dalam e-commerce. Kritik yang dilontarkan oleh CEO Alibaba Jack Ma di bank-bank pemerintah mungkin juga memiliki peran. Penawaran umum perdana afiliasi Alibaba Ant Financial dibatalkan pada menit terakhir. Sejak itu, Ma kembali memuji pemerintah China. Di Cina komunis, miliarder harus tetap low profile.

Gerhana

Di Bursa Efek Brussel, Kongo, yang memiliki Texave, memperingatkan bahwa mereka harus mengeluarkan lebih banyak untuk perlindungan fisik dan hukum propertinya. Dalam laporan semi-tahunan, TXAF mengatakan prihatin dengan “memburuknya iklim bisnis dan keamanan hukum di sekitar properti” di Kongo. CEO Philip Watershot bahkan mengadakan pertemuan tentang masalah ini dengan Presiden Felix Tshisekedi. Perusahaan yang terdaftar Sucraf dapat memiliki pendapat tentang ini. Peternakan Kongo-nya pertama kali dihancurkan dan disita pada tahun 2011. Karena risiko negara, Texave, yang berada dalam kondisi operasional yang sangat baik, diperdagangkan dengan diskon yang signifikan dibandingkan dengan rekan-rekan Baratnya.

kursi kota


Biaya Kota Brussel dapat mengalihkan permintaan kantor di ibu kota ke pinggiran Flemish di bandara atau ke kotamadya Walloon Brabant seperti Waterloo.

“Pajak ini merupakan faktor biaya negatif baru untuk kantor-kantor Brussel,” Degroof Petercam memperingatkan. Di atas pajak kantor regional dan standar parkir yang ketat. Hal ini dapat menggeser permintaan kantor ke pinggiran Flemish di sekitar bandara atau ke kotamadya Walloon Brabant seperti Waterloo.

Penurunan permintaan untuk properti kantor di Brussel mengancam akan membebani pemilik kantor besar di ibu kota, seperti Befimmo dan Cofinimmo, atau pengembang proyek dengan kehadiran yang kuat di Brussel seperti Atenor. Jika lebih sedikit penumpang yang datang ke Brussels karena biaya, itu juga akan mempengaruhi industri katering dan ritel.

Baca juga