The news is by your side.

Papua Diguncang Gempa 6,0 Magnitudo

0

Oleh: Hasibuan Aman

Balicitizen.com, Jayapura – Gempa berkekuatan magnitudo 6.0 kembali mengguncang Papua pagi ini, tepatnya di Mambramo Raya. Pusat gempa berada di darat. Menurut catatan BMKG, gempa terjadi pukul 10.05.26 Wit, Senin (24/6). Pusat gempa ada di koordinat 2,67 LS dan 138,76 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 85 km arah tenggara Kota Burmeso, Kabupaten Memberamo Raya dekat Sarmi, Provinsi Papua pada kedalaman 10 KM.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=6,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=6,1,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Anjak Mamberamo (Mamberamo thrust).

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kombinasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust),”ujar.

Triyono mengungkapkan, guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Sarmi III-IV MMI, Jayapura II-III MMI di Jayapura, dan Wamena II MMI. Namun demikian hasil analsis shake map BMKG menunjukkan dampak guncangan gempa ini mencapai V-VI MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hingga pukul 08.45 WIB, Hasil monitoring BMKG sudah ada dua aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ia menambahkan, pihaknya hingga saat belum menerima laporan terkait kerusakan rumah di lokasi kejadian. “Kami masih terus melalukan koordinasi dengan warga maupun petugas di sana,” ungkapnya. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.