BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Parlemen Jepang memilih Fumio Kishida sebagai perdana menteri, dan ujung tombak pemulihan ekonomi

Parlemen Jepang memilih Fumio Kishida sebagai perdana menteri baru. Dia akan dilantik hari ini. Sudah jelas bahwa Kishida akan menjadi perdana menteri baru. Ia terpilih sebagai pemimpin faksi terbesar di parlemen, Partai Demokrat Liberal, pekan lalu.

Kishida, 64, memiliki pengalaman luas dalam politik. Dia pertama kali masuk Parlemen pada 1993 dan menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dari 2012 hingga 2017.

Delapan belas menteri baru akan diangkat hari ini, termasuk tiga wanita. Dan kembali hanya dua menteri di pemerintahan saat ini.

Pemulihan ekonomi adalah ujung tombak

Kishida menggantikan Yoshihide Suga, yang pergi setelah kurang dari setahun. Suga kehilangan banyak dukungan karena pendekatannya terhadap krisis Corona dan karena dia terjebak untuk menyelenggarakan Olimpiade di Tokyo. Banyak orang Jepang yang menganggap tidak bertanggung jawab membiarkan acara tersebut berlanjut di masa Corona.

Perdana menteri baru mengatakan pekan lalu bahwa pemulihan ekonomi saat ini dipelopori. Pada awal tahun ini, ekonomi menyusut 1,3 persen. Sekarang ada pembicaraan pemulihan, tetapi banyak perusahaan masih merugi akibat krisis Corona.

Kekhawatiran tentang Korea Utara

Kishida juga mengatakan dia ingin memperkuat hubungan dengan negara demokrasi lain di Asia, Amerika Serikat, Uni Eropa dan Inggris. Menurutnya, ini adalah satu-satunya cara untuk menyeimbangkan kekuatan China.

Kishida juga ingin bekerja sama dengan negara lain karena prihatin dengan program nuklir Korea Utara. Bulan lalu, negara itu meluncurkan dua rudal balistik yang mendarat di perairan internasional antara Jepang dan Semenanjung Korea.

Perdana Menteri Suga menyebut penembakan rudal itu sebagai “aib dan ancaman bagi perdamaian dan keamanan” Jepang dan kawasan.

READ  Indonesia tanda tangani partisipasi di Floriade Expo 2022