BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pelayaran Terakhir: Mimpi Buruk Claustrophobia

Kredit Foto: HBO

Di awal film dokumenter The Last Cruise, sutradara dokumenter Hannah Olson menunjukkan ketenangan sebelum badai di atas kapal pesiar Diamond Princess. Orang-orang menari, ada pesta, semuanya damai. Namun, pemirsa akan melihat bahwa kapal itu menjadi berita secara teratur pada Februari tahun lalu karena wabah Coronavirus – wabah pertama di luar perbatasan China, di Jepang. Dan ini memberi gambaran yang menyenangkan makna baru yang menghantui, karena Anda tahu apa yang diharapkan orang. Meski berita tentang virus awalnya masih dilaporkan sebentar di kapal, seperti yang bisa kita lihat.

Namun setelah beberapa hari, jalur tersebut menjadi sepi. Putri Berlian sekarang menjadi “kapal hantu”. Karena penumpang diharapkan tetap berada di kabin mereka, di karantina. Sementara para karyawan praktis bekerja. Jadi, tangkapan sesekali The Last Cruise adalah bahwa dokumenter itu, entah sengaja atau tidak, menangkap perbudakan modern yang terjadi di bawah dek kapal. Anggota kru dibayar rendah, bekerja dalam shift panjang, dan menyebarkan virus tanpa menyadarinya. Mereka berasal dari Malaysia dan Indonesia, di antara negara lain, dan menghabiskan malam mereka di kamar sempit tanpa jendela dan ventilasi.

Dalam film tersebut, Olson terus-menerus berpindah-pindah antara karyawan dan turis, terutama menggunakan foto yang mereka ambil sendiri dengan ponsel cerdas mereka. Misalnya, ada sejumlah pasangan Amerika yang mencatat pengalaman mereka selangkah demi selangkah, mungkin untuk anak cucu. Kami melihat bagaimana mereka tinggal di kamar mereka selama berminggu-minggu, bosan dan cemas. Sedangkan kapten melaporkan setiap hari berapa banyak orang yang terinfeksi dan berapa banyak yang meninggal pada waktu tertentu. Dalam hal itu, Anda bisa menggambarkan The Last Cruise sebagai mimpi buruk yang menyesakkan. Dimana tiba-tiba suatu tempat yang terutama berhubungan dengan hiburan berubah menjadi neraka.

READ  "Timur adalah tentang perang yang sudah lama tidak disebut perang."

Penerbangan terakhir, dari 6 Mei 2021, ke Ziggo Movies & Series