BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemberontak meningkatkan pertempuran untuk menguasai Lysichansk, kapal gandum meninggalkan Mariupol | Saat ini

Sekali sehari, NU.nl memberi Anda gambaran tentang situasi di Ukraina. Kali ini: Separatis pro-Rusia meningkatkan pertempuran di sekitar Lysichansk, ketika sebuah kapal kargo Turki yang membawa gandum telah meninggalkan kota pelabuhan Mariupol dan howitzer lapis baja Belanda telah tiba di Ukraina.

Seorang juru bicara mengatakan kepada kantor berita RIA bahwa separatis pro-Rusia di Republik Rakyat Luhansk yang dideklarasikan sendiri, di mana pertempuran sengit telah berlangsung selama berminggu-minggu, mengklaim telah mengepung sekelompok tentara Ukraina. rasakan

Militer Ukraina melaporkan melalui saluran beritanya bahwa serangan Rusia di Novobachmoitivka di utara kota Donetsk berhasil digagalkan pada hari Rabu. Pasukan invasi maju menuju Bashmoit, juga di wilayah Donetsk.

Pertempuran untuk Severodonetsk masih sengit. Selain kota itu sendiri, Angkatan Udara Rusia juga mengebom desa Verkhnokamyanka, dekat Lysychansk, dan Sirotine.

Banyak tempat lain di Donets Basin, dari Kramatorsk hingga Zaporizhia, diserang lagi. Menurut Kyiv, musuh berusaha memperbaiki posisinya di dekat Slavyansk dengan serangan yang ditargetkan dan mencegah tentara Ukraina mencapai perbatasan Rusia dari Kharkiv.

Tentara Ukraina menggali parit di pinggiran Lysichansk.


Tentara Ukraina menggali parit di pinggiran Lysichansk.

Tentara Ukraina menggali parit di pinggiran Lysichansk.

gambar: Agen Pers Prancis

Kapal kargo Turki meninggalkan Mariupol

Sebuah kapal kargo Turki telah mengangkut gandum dari pelabuhan Ukraina Mariupol setelah negosiasi antara Turki dan Rusia. Pada bulan Mei, setelah pertempuran sengit, itu jatuh ke tangan pasukan Rusia dan milisi pro-Rusia di Ukraina timur. Kementerian Pertahanan Turki mengatakan Azov Concorde adalah kapal kargo asing pertama yang meninggalkan pelabuhan sejak saat itu.

Delegasi Turki telah pergi ke Moskow untuk membahas ekspor biji-bijian dari pelabuhan Ukraina. Perang di Ukraina membuat pengiriman ke dan dari negara itu hampir mustahil.

READ  Inggris dapat mentransfer pencari suaka ke Rwanda, aturan mengatur

Turki memiliki hubungan baik dengan Ukraina dan Rusia dan berusaha melalui negosiasi untuk membuat pihak yang bertikai mengizinkan ekspor, misalnya, gandum dari Ukraina melalui Laut Azov dan Laut Hitam. Turki juga berusaha menengahi perjuangan tersebut.

Lebih dari delapan juta orang telah meninggalkan Ukraina

Lebih dari delapan juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak Rusia menginvasi negara tetangga itu pada 24 Februari. Sebaliknya, lebih dari 2,8 juta orang telah melintasi perbatasan, menurut data dari Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi.

Polandia adalah tujuan utama, tetapi banyak yang pindah ke negara-negara Eropa lainnya, termasuk Belanda. Menurut Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, lebih dari 5,2 juta pengungsi dari Ukraina telah mengajukan status perlindungan di Eropa. Semakin banyak orang Ukraina yang kembali ke negara mereka yang relatif aman di bagian barat karena tentara Rusia berfokus pada Cekungan Donets di timur.

Populasi Ukraina pada awal perang lebih dari 41 juta, belum lagi populasi Krimea, yang dianeksasi oleh Rusia.

Howitzer Belanda telah tiba di Ukraina

Perdana Menteri Mark Rutte mengumumkan pada hari Rabu selama debat di Dewan Perwakilan Rakyat bahwa howitzer lapis baja yang dijanjikan ke Ukraina oleh Belanda kini telah tiba di negara itu. Dalam beberapa pekan terakhir, tentara Ukraina di Jerman telah dilatih untuk mengoperasikan artileri berat.

Belanda dan Jerman masing-masing memberi Ukraina lima dan tujuh howitzer. Pada hari Selasa, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov mengumumkan bahwa howitzer Jerman telah tiba di negaranya. Mereka sangat dibutuhkan dalam pertempuran di timur negara itu.

Howitzer adalah artileri terberat di tentara Belanda. Howitzer lapis baja dapat mencapai target hingga 50 kilometer.

READ  Wartawan Belanda diusir dari Benin setelah dituduh memata-matai | sekarang