BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemulihan ekonomi bergerak maju – Han Di Zhang berkomentar

Umpan balik Hon de Zhang

Pagi ini jam 09:00

Kepercayaan produsen Belanda sangat tinggi dalam 3 tahun. Kenaikan tajam dalam harga jual industri Belanda telah terakumulasi dengan kecepatan tinggi. Banyak indikator optimis mengambil lompatan besar di bulan Mei, dan investasi oleh perusahaan AS terus tumbuh dengan kuat. Prospek ekonomi mingguan.

Ekonomi global maju di garis depan yang luas. Pembatasan kehidupan publik sedang dikendurkan, aktivitas meningkat dan ekspektasi meningkat. Beberapa statistik menunjukkan tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi, tetapi ini terutama disebut efek yang mendasari. Misalnya, karena penurunan total pariwisata setahun yang lalu, jumlah wisatawan yang datang ke Turki pada bulan April adalah 3.162% lebih tinggi daripada tahun lalu. Di Indonesia, penjualan sepeda motor meningkat 282%, sedangkan produksi mobil di Inggris meningkat 3,4573% di bulan April. Tidak banyak. Secara khusus, ini menunjukkan bagaimana aktivitas menurun drastis setahun yang lalu.

Menurut Belanda, kepercayaan pabrikan kami sendiri naik menjadi 8,8 di bulan Mei dari 6,5 di bulan April. Ini adalah level tertinggi dalam 3 tahun dan di atas rata-rata historis. Seperti yang ditunjukkan grafik pertama, wirausahawan secara umum lebih positif dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Sumber: CBS

Harga pabrik jauh lebih tinggi, tetapi terutama karena minyak dan bahan kimia
Seperti di tempat lain, harga produsen naik tajam di sini. Setidaknya akan mengakhiri inflasi di tingkat konsumen. Harga output produksi lebih tinggi 11,8% di bulan April (+ 6,8% di bulan Maret dan + 0,7% di bulan Februari) dibandingkan tahun lalu. Namun, diagram berikut menunjukkan bahwa kenaikan harga ini sangat terkonsentrasi pada minyak bumi dan bahan kimia. Peningkatan tahunan untuk jenis makanan sangat kecil, tetapi 5,0%.

READ  Meek Paman: Dutch Joan Arc di Indonesia.
Sumber: CBS

Lompatan raksasa di Jerman, Italiae Dan Prancis
Berbagai indikator kepercayaan di beberapa negara besar Eropa semuanya bergerak ke arah yang sama. Setelah sedikit cegukan di bulan April, indeks penting kepercayaan bisnis Ipoh Jerman di tetangga timur kita meningkat lagi di bulan Mei. Sub-indeks untuk ‘ekspektasi’ naik dari 99,2 menjadi 102,9. Nilai tertinggi terakhir diukur pada awal tahun 2011.

Bron: Datastream Refinitif

Di Italia, kepercayaan konsumen meningkat pesat di bulan Mei. Ini merupakan kenaikan bulanan terbesar kedua dalam 20 tahun terakhir.

Bron: Datastream Refinitif

Kepercayaan bisnis di Prancis (karena langkah Bank de France) naik dari 96 di bulan April menjadi 108 di bulan Mei. Ini mulai terlihat seperti itu. Di sini juga terjadi peningkatan bulanan yang luar biasa besar.

Bron: Datastream Refinitif

Jika kita mempercayai indikator semacam ini, mengapa tidak, pemulihan ekonomi yang pasti sedang berlangsung. Namun, tidak jelas seberapa kuat inflasi itu, berapa lama akan bertahan, seberapa kuat inflasi akan naik, dan berapa banyak perusahaan yang belum mampu mempertahankannya.

Indeks ‘Sense Ekonomi’, yang disusun oleh Komisi Eropa dan mencerminkan kepercayaan produsen di semua sektor, termasuk konsumen, naik dari 110,5 pada April menjadi 114,5 pada Mei. Peningkatan bulan ini lebih tinggi dari yang diharapkan. Sumber yang saya gunakan memberikan statistik untuk seri ini dari tahun 1985 dan seterusnya. Selama 35 tahun tersebut, 114,5 Mei hanya dilanggar dalam 2 periode sebelumnya.

Pada akhir tahun 2017 / awal tahun 2018 kita mendapatkan sekitar 2 bulan dengan nilai tinggi dan 8 bulan dengan nilai tinggi 2000. Jadi daya rotasi yang cukup besar sebenarnya tumbuh. Gambar berikut menunjukkan pertumbuhan sejak awal tahun 1985. Gambar setelah kode zoom yang terutama berlaku di Belanda. Korelasi yang kuat dengan pertumbuhan PDB terlihat jelas dan nilai indeks terbaru menunjukkan bahwa pertumbuhan PDB kita akan terus meningkat.

READ  Surplus perdagangan POLL-Indonesia meningkat di bulan Februari
Bron: Datastream Refinitif
Bron: Datastream Refinitif

Kegiatan dukungan di Belanda diperpanjang selama 3 bulan
Pemerintah Belanda kembali memperpanjang tindakan dukungan sementara untuk sektor bisnis selama 3 bulan hingga akhir kuartal ketiga. Perusahaan diizinkan untuk mengambil waktu lebih lama untuk melunasi hutang yang terakumulasi kepada otoritas pajak. Tidak ada pertanyaan tentang kelegaan umum, sepertinya benar bagi saya.

Dalam kasus yang sulit, otoritas pajak akan berkontribusi secara konstruktif untuk solusi. Menteri Ekonomi yang baru (keluar), Steph Black, menunjukkan bahwa dukungan seharusnya tidak berlangsung lama, tetapi tentunya tidak harus segera berhenti. Kecepatan dan tingkat kembalinya ke tahap pra-epidemi – ketika semua pembatasan kehidupan publik telah dihapus – tidak diragukan lagi akan bervariasi menurut sektor. Beroperasi di sektor yang kemungkinannya kecil untuk pulih dibandingkan sektor lainnya, sayang sekali membiarkan perusahaan potensial tersandung sebelum garis finis.

Hanya bisnis yang telah runtuh tanpa epidemi dan tindakan dukungan terkait yang dapat melihat jumlah kebangkrutan untuk melihat apakah tindakan dukungan akan berlanjut. Tahun lalu, jumlah kebangkrutan turun secara tak terduga. Mirip dengan bagaimana Belanda menghitung statistik tentang ‘kematian berlebih’ sebagai akibat epidemi (perbedaan antara jumlah kematian normal dan jumlah kematian sebenarnya), Anda dapat menghitung ‘kematian di bawah umur’ antara perusahaan berdasarkan statistik kebangkrutan tersebut. Banyaknya perusahaan yang masih menggunakan lebih sedikit bantuan kematian, sudah saatnya bantuan tersebut dihentikan.

Investasi bisnis A.S. terus tumbuh secara signifikan
Terkadang permohonan dibuat untuk mengakhiri dukungan dengan cepat karena membiarkan tindakan tersebut berlanjut untuk jangka waktu yang lebih lama akan mendorong munculnya perusahaan zombie. Pada akhirnya mencegah inovasi dan peningkatan produktivitas. Meskipun hal ini berlaku untuk banyak perusahaan, perusahaan tidak diam selama epidemi, bahkan ketika banyak yang tutup.

READ  Kapten Snyder: 'Saya merasa malu untuk meninggalkan band'

Perusahaan telah banyak berinvestasi dalam digitalisasi. Ini tidak hanya berlaku untuk kami, tetapi juga untuk negara lain. Gambar berikut menunjukkan nilai barang modal yang dikirim setiap bulan ke Amerika Serikat. Ini adalah indikator yang baik untuk investasi Korporat Amerika. Benar bahwa investasi ini akan terus lahir di masa mendatang, dengan pesanan barang modal (tidak termasuk pertahanan dan pesawat terbang) yang lebih tinggi daripada ekspor dalam beberapa bulan terakhir.

Bron: Datastream Refinitif
boerenbusiness.nl

Hon de Zhang

Hon de Zhang adalah mantan kepala ekonom di ABN Amro, dan sekarang, antara lain, ekonom rumah tangga di PNR Newsradio. Komentarnya dapat ditemukan di Crystalcleareconomics.nl

Artikel Terkait

Komentari artikel ini