BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penerbangan Munich ditunda oleh aktivis iklim

Penerbangan Munich ditunda oleh aktivis iklim

Polisi dan petugas pemadam kebakaran bersama aktivis di bandara

Berita Noos

Aktivis iklim sempat menduduki salah satu landasan pacu bandara Munich dini hari tadi.

Mereka menempel di aspal sehingga tidak ada pesawat yang bisa lepas landas. Polisi mengusir para aktivis tersebut. Lalu lintas udara, yang dihentikan karena alasan keamanan, perlahan-lahan kembali beroperasi. Bandara melaporkan bahwa akan ada penundaan dalam beberapa jam mendatang.

Para aktivis iklim adalah bagian dari kelompok yang menamakan dirinya “Generasi Terakhir”. Hari ini bandara sangat ramai karena dimulainya hari raya Pentakosta.

Seorang aktivis duduk di tengah tribun

Generasi terakhir sering mengambil tindakan di bandara-bandara Jerman, termasuk di Berlin, Hamburg, dan Düsseldorf. Delapan belas bulan lalu, Munich sudah menjadi sasaran tindakan blokade.

Aktivis iklim mengaitkan pemanasan global sebagian besar dengan pergerakan udara. Mereka berbicara tentang bencana iklim dan keadaan darurat serta mengkritik keuntungan pajak dari penerbangan. Misalnya, tidak ada tarif minyak tanah untuk bahan bakar jet.

READ  Polandia yang terpecah masih lebih memilih Partai Hukum dan Keadilan konservatif yang nasionalis dibandingkan jalur Tusk yang pro-Eropa