BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pengadilan Polandia: Hukum nasional Polandia dalam kaitannya dengan hukum Eropa | pedalaman

Beberapa ketentuan perjanjian Eropa bertentangan dengan konstitusi Polandia, menurut hakim Mahkamah Konstitusi (Constitutional Court). Putusan itu dapat memicu perselisihan antara Warsawa dan Brussel terkait reformasi sistem hukum Polandia.

Prosesnya bermula dari konflik ini. Menurut Komisi Eropa, peradilan independen sedang dirusak, sementara Warsawa mengklaim bahwa Brussel secara keliru mencampuri urusan internal negara anggota. Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki kemudian meminta pengadilan untuk memutuskan apakah hukum Eropa lebih diutamakan daripada hukum Polandia.

keran uang

Hakim pengadilan sekarang mengatakan bagian dari hukum Uni Eropa tidak konsisten dengan konstitusi negara. Upaya Pengadilan Eropa untuk “mengganggu sistem hukum Polandia” melanggar Konstitusi. Para hakim juga memutuskan bahwa ini tidak sesuai dengan aturan menjaga kedaulatan dalam proses integrasi Eropa.

Para pengamat mengatakan Polandia sekarang harus mempertimbangkan untuk menghentikan transfer dana Eropa ke Warsawa. Putusan itu juga akan meragukan keanggotaan Polandia di Uni Eropa.

READ  "Aliansi Sinyal Lalu Lintas" Jerman mengambil langkah lain