BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penghargaan, hibah dan penunjukan | LUMC

16 November 2022• Laporan berita

Karyawan LUMC secara rutin menerima penghargaan dan hibah untuk penelitian atau pekerjaan yang mereka lakukan. Mereka juga sering dimintai pekerjaan penting karena pengalamannya. Minggu ini, hibah dan penghargaan besar kembali diterima, termasuk Penghargaan Taniyawati Subali dan hibah untuk penelitian dalam mengobati masalah kandung kemih dengan fisioterapi panggul.

Medali Busha untuk Prof. Dr. Tanyawati Subali


Pada peresmian Leiden-Delft-Erasmus Breen Academy, Bosch Medal diberikan kepada Profesor Taniyawati Subali dari Universitas Indonesia. Penghargaan ini melambangkan kerja samanya dengan LUMC (termasuk Profesor Maria Yazdanbakhsh). Taniyawati dianugerahi medali atas kontribusi ilmiah, kolaborasi, berbagi pengetahuan, dan partisipasi sosialnya yang luar biasa.

Taniyawati adalah otoritas di bidang parasitologi dan imunoepidemiologi. Spesialisasinya adalah studi tentang hubungan antara infeksi parasit dan sistem kekebalan populasi pedesaan. Karena perbedaan pertahanan – dibandingkan populasi perkotaan – kelompok ini lebih rentan terhadap penyakit menular baru.

Selain pentingnya dan tingkat ilmiah yang tinggi dari penelitiannya, gaya kerja Taniyawati mengesankan dewan juri. Dengan melibatkan peneliti-peneliti muda dalam penelitiannya, Profesor Taniyawati memastikan bahwa pengetahuan dapat dibagi. Ini juga melibatkan komunitas riset itu sendiri dan memastikan visibilitas kelompok-kelompok ini. Pemberian Medali Bosscha juga terkait dengan kerjasama internasionalnya, khususnya dengan peneliti Belanda.

LUMC dan TU Delft akan menerima $60.000 untuk proyek kolaborasi


jarak NWO lepas landas 1 Subsidi sebesar 40.000 euro Transfer teknologi objektif Para peneliti dari LUMC dan TU Delft telah diberikan €20.000 untuk mengembangkan perangkat medis implan baru untuk mengurangi komplikasi pada pasien yang menjalani dialisis.

“Hemodialisis memerlukan komunikasi pasien-mesin dengan peningkatan aliran darah. Untuk mencapai hal ini, arteriovenous fistula (AVF) dibuat melalui pembedahan,” jelas Nick White, insinyur dan mahasiswa PhD. Pada akhirnya, hubungan yang tidak wajar ini menimbulkan banyak komplikasi. “Dalam 40% kasus, AVF berhenti bekerja dalam tahun pertama dan memerlukan operasi lagi. Namun, AVF yang bekerja dengan baik juga akhirnya menimbulkan masalah karena jantung harus terus memompa lebih banyak darah.”

READ  Hockeyspelers lijken klaar voor wedstrijd België na massale overwinning op Schotland | andere sporten

Untuk mengatasi masalah ini, peneliti dari LUMC dan Ke Delft Mereka bergabung dan merancang perangkat implan yang dapat mengontrol aliran darah melalui AVF. kata Joris Rotmans, MD, profesor penyakit dalam di LUMC.

“Sepanjang proyek ini, kerja sama yang erat antara insinyur, dokter, dan ahli bedah sangat penting untuk menghadirkan perangkat yang benar-benar dapat membantu pasien. Keahlian dalam semua bidang ini sangat penting, dan merupakan contoh hebat dari teknologi dan obat-obatan yang digabungkan,” kata Rotmans.

Hibah untuk penelitian stimulasi listrik untuk penyakit Parkinson


dr. Dr Heidi Mosdorf dan Dr Dorian Bennink (Urologi) telah menerima hibah sekitar €250.000 dari Royal Society of Physiotherapy dan Brain Foundation untuk penelitian mereka tentang fisioterapi panggul pada penyakit Parkinson.

Di Belanda, 63.500 orang hidup dengan penyakit Parkinson atau penyakit Parkinson. Selain berbagai keluhan gerak, mereka juga menderita masalah buang air besar dan kecil. Misalnya, sekitar 75% pasien mengalami masalah kandung kemih. Sering buang air kecil, kelelahan, dan enuresis menghambat gerakan, olahraga, dan partisipasi dalam kegiatan sosial.

Orang dengan keluhan kandung kemih dapat diobati antara lain dengan fisioterapi panggul. Ini terdiri dari pelatihan kandung kemih, saran perilaku, latihan otot dasar panggul dan stimulasi dasar panggul (stimulasi listrik). Keuntungan fisioterapi panggul dibandingkan dengan obat-obatan, misalnya, hampir tidak memiliki efek samping dan perawatannya singkat.

Efek rangsangan listrik pada penderita penyakit Parkinson belum dipelajari secara ekstensif. Dua penelitian kecil di Inggris menunjukkan bahwa tips dan latihan otot dasar panggul memiliki efek menguntungkan. Ini adalah bukti yang menjanjikan, tetapi bukan bukti yang pasti. Itu sebabnya kelompok proyek ini akan mengerjakannya dengan subsidi yang diberikan.

READ  Snowboarder Ponchoten dan Voss membawa bendera pada pembukaan Paralimpiade | olahraga lainnya

Master Vitality and Aging menerima medali perunggu Elsevier Best Studies 2022


Program master dalam Vitalitas dan Penuaan dianugerahi medali perunggu oleh peringkat Studi Terbaik Elsevier 2022. Setiap tahun, program tersebut dibandingkan satu sama lain berdasarkan pendapat siswa dari survei siswa nasional. Gelar master dalam Vitalitas dan Penuaan berada di atas rata-rata untuk kepuasan siswa.

Jika suatu program mencapai hasil yang jauh lebih baik daripada rata-rata sektor, program tersebut layak mendapatkan medali. MSc dalam Vitalitas dan Penuaan berada di atas rata-rata dalam empat komponen: “guru secara umum”, “informasi dari program”, “dapat diajar”, dan “suasana”. Kepuasan dengan guru dan suasana khususnya sangat tinggi: 96% menyatakan puas dengan guru dan 93% dengan suasana umum. Selain itu, 81% siswa mengindikasikan bahwa mereka akan memilih program tersebut lagi.

Delapan karyawan LUMC termasuk dalam daftar ilmuwan yang paling banyak dikutip


Delapan ilmuwan LUMC muncul dalam daftar Cendekiawan Paling Banyak Dikutip Clarivate Analytics tahun 2022.

Tahun ini, total 6.938 ilmuwan dari 69 negara masuk dalam daftar. Belanda juga menempati peringkat sepuluh besar untuk “peneliti yang paling banyak dikutip”, dengan delapan ilmuwan LUMC. Mereka adalah: Ewout Steyerberg, Desiree van der Heijde, Olaf Dekkers, Ed Kuijper, Bart Everts, Alexander Gorbalenya, Eric Snijder, Jesse Swen, dan Christian Blank.

Disusun setiap tahun oleh Clarivate, daftar ini didasarkan pada data Web of Science dan dianalisis oleh para pakar dan ilmuwan data di Institute for Science Information.

Apakah Anda ingin tetap up to date dengan perkembangan terbaru di LUMC?
Kemudian daftar untuk buletin dua mingguan kami atau berlangganan Majalah LUMC.