BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Transisi bertahap ke bahan bakar berkelanjutan

MotoGP Misano 2021 | Foto © motogp.com

Mulai musim 2024, MotoGP akan beralih ke bahan bakar berkelanjutan dan mengantar era global baru bahan bakar netral karbon (non-fosil). Dorna mengumumkan berita ini melalui siaran pers resmi yang dikeluarkan pada Rabu, 24 November.

Kejuaraan Dunia MotoGP adalah platform global yang memainkan peran utama dalam pengembangan industri sepeda motor dan mobilitas. Dengan posisi unik sebagai salah satu olahraga paling populer dan berteknologi maju di dunia, MotoGP adalah “laboratorium” balap yang didorong oleh inovasi dan pengembangan.

Penjualan sepeda motor di seluruh dunia mencapai 60 juta unit per tahun, dan transportasi roda dua sangat penting bagi sebagian besar populasi, dengan lebih dari dua miliar sepeda motor di jalan dunia. Di banyak negara, kendaraan roda dua adalah mesin masyarakat. Kendaraan roda dua memainkan peran penting dalam mencari mobilitas yang lebih bersih, lebih aman dan lebih ramah lingkungan, sebagai kendaraan bermotor yang paling berkelanjutan, dengan potensi untuk memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap kebutuhan untuk mengurangi emisi karbon, meningkatkan keberlanjutan dan memerangi perubahan iklim. .

Bekerja sama dengan produsen sepeda motor MotoGP, olahraga ini telah menetapkan sejumlah tujuan baru untuk mencapai keberlanjutan yang lebih besar:

  • Mulai musim 2024, setidaknya 40% bahan bakar di semua kelas MotoGP akan berasal dari non-fosil.
  • Pada tahun 2027, bahan bakar di semua kelas MotoGP akan 100% berasal dari non-fosil.

MotoGP adalah platform di mana bahan bakar ini akan dikembangkan dan diuji lebih lanjut, dengan masing-masing pembuat papan atas bekerja dengan pemasok mereka untuk mengembangkan bahan bakar mereka sendiri. Pengembangan berbagai bahan bakar akan memastikan bahwa teknologi dan pengetahuan menjangkau konsumen sepeda motor dan SPBU jalanan. Hal ini menghasilkan kisaran bahan bakar yang layak dan berkelanjutan yang tak tertandingi yang dijatuhkan oleh beberapa perusahaan energi terkemuka dunia dan diuji oleh Model Engines (MotoGP) tingkat tertinggi di dunia. Karena inisiatif tidak memiliki pemilik, ini akan memastikan dampak global yang belum pernah terjadi sebelumnya.

READ  Arab Saudi meluncurkan kompetisi sepak bola wanita: cantik tetapi tidak mengatakan segalanya

Bahan bakar masa depan ini akan dapat digunakan dalam mesin pembakaran standar dan akan dibuat di laboratorium menggunakan komponen yang berasal dari sistem penangkapan karbon, atau berasal dari limbah kota atau biomassa non-makanan, yang memungkinkan pengurangan signifikan dalam emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan bahan bakar bensin. bahan bakar berbasis fosil. Selain itu, pemasok bahan bakar secara bertahap akan mulai menggunakan energi terbarukan dalam produksi bahan bakar mereka.

Kelas Moto2 dan Moto3 akan terus dipasok oleh pemasok bahan bakar tunggal, dan juga akan menawarkan bahan bakar terbarukan sebagian pada tahun 2024. Kedua kelas kemudian akan dikonversi menjadi bahan bakar berkelanjutan 100% pada tahun 2027, bersama dengan kelas MotoGP.

Jorge Vegas, Presiden FIA: “Saya sangat bangga dengan pengumuman ini bahwa, setelah berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun bernegosiasi dengan perusahaan minyak dan pabrikan, kami telah mencapai kesepakatan. Ini akan memungkinkan MotoGP untuk memimpin dalam revolusi sejati untuk keberlanjutan ini. Kami benar-benar ingin menunjukkan jalan bagi semua produsen sepeda motor bahwa hal itu mungkin untuk dinikmati Dengan kesenangan yang kita semua sukai, tetapi dengan bahan bakar yang berkelanjutan. Kami berharap untuk memiliki bahan bakar yang benar-benar netral karbon dalam balapan kami pada tahun 2027, memimpin dan menunjukkan bahwa meskipun balap adalah hanya sebagian kecil dari emisi, kita harus menjadi pemimpin dalam perubahan itu; untuk memberikan Bimbingan. Terima kasih kepada semua pemangku kepentingan untuk negosiasi, akhirnya kami sekarang dapat mengumumkan kabar baik.”

Carmelo Ispeleta, CEO Dorna Sports: “Kami sangat bangga mengumumkan proyek baru yang luar biasa ini dan kami ingin mengucapkan terima kasih kepada FIM, MSMA, IRTA, pabrikan kami, dan pemasok bahan bakar kami atas dukungan mereka yang tak tergoyahkan dalam langkah perintis menuju dunia yang lebih berkelanjutan ini. Dengan balapan bersama, MotoGP akan menjadi kekuatan pendorong untuk perubahan global dan peningkatan keberlanjutan. Sepeda adalah Sepeda motor sangat penting bagi masyarakat, menjadikan kendaraan roda dua sebagai bagian penting dari solusi. Bahan bakar berkelanjutan adalah kunci untuk menciptakan jalan yang layak dan layak menuju dunia yang lebih hijau, berdampak pada miliaran orang , dan dengan sejumlah produsen bahan bakar yang berbeda berkomitmen untuk upaya ini, dampak global terjamin. Terima kasih kepada semua pihak yang memungkinkan hal ini.”

FIM, IRTA, MSMA, Dorna, dan semua pemangku kepentingan berkomitmen untuk olahraga dan masa depan yang lebih berkelanjutan, mulai dari mengembangkan lebih banyak keberlanjutan hingga menilai dan mengurangi jejak karbon di setiap acara dan aspek olahraga menggunakan solusi inovatif .

READ  Pemiliknya menebak alasan "serangan" di gym: "Siapa yang kita tolak di pintu?" Interior

#BalapanBersama



Pendukung Racesport.nl


Apakah Anda pengunjung setia situs ini, apakah Anda ingin mendukung kerja tim redaksi Racesport.nl dan juga secara rutin berkesempatan memenangkan hadiah menarik?

Jadilah pendukung Racesport.nl sekarang. Informasi lebih lanjut: www.racesport.nl/supporter