BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penjelajah Mars China Selesaikan Misi Utama, Lanjutkan Eksplorasi Mars – IT Pro – Berita

Penjelajah Mars China Zhurong telah menyelesaikan misi utamanya di Planet Merah. Penjelajah Mars akan menjelajahi permukaan Mars selama 90 sol, atau sekitar 92 hari Bumi. Pesawat terus menjelajahi Planet Merah bahkan setelah misinya selesai.

Badan antariksa China CNSA menulis bahwa Zhurong telah berhasil menyelesaikan semua misi yang diusulkan, tulis organisasi. Sejak mendarat di wilayah Utopia Planetia Mars pada pertengahan Mei, wahana Mars, antara lain, melakukan perjalanan 900 meter di atas permukaan Mars dan menganalisis berbagai jenis batuan dan permukaan lainnya. Menurut CNSA, Zhurong “dalam kondisi sangat baik” dan terisi penuh.

Tanah Zhurong pada 15 Mei di Planet Merah dan sejak itu melakukan penelitian di Utopia Planitia, sebuah wilayah di Mars di mana mungkin ada lautan di masa lalu dan di mana mungkin ada es di bawah tanah. Antara lain, Zhurong melakukan penelitian di permukaan Mars dan mencari tanda-tanda kehidupan di planet tersebut. Untuk melakukan ini, probe Mars memiliki enam instrumen berbeda untuk memindai tanah, termasuk instrumen radar yang dapat melihat melalui permukaan planet.

Menurut CNSA, instrumen pengukuran Zhurong bekerja dengan baik dan penjelajah Mars telah mengirim 10 gigabyte data sains mentah ke Bumi menggunakan pengorbit Tianwen 1. Pengorbit ini dikatakan telah terbang di atas situs Zhurong sekali sehari untuk mengirimkan data kembali ke Bumi, dia juga menulis. Space.com.

Mudah-mudahan, data ini pada akhirnya akan membantu para ilmuwan lebih memahami Mars dan sejarahnya. “Kami berharap, dengan memberikan data ini kepada para ilmuwan kami, kami dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang geologi Mars, dan kemudian melihat apakah kami dapat menemukan bukti samudra purba di Utopia Planitia,” kata kepala perancang Tianwen. ke CCTV.

READ  OnePlus Nord 2 5G mendapatkan MediaTek Dimensity 1200-soc - tablet dan ponsel - Berita

Penjelajah di Mars akan offline sementara antara pertengahan September dan akhir Oktober. Ini karena gangguan yang diharapkan dari kontaknya dengan Bumi, karena radiasi elektromagnetik matahari. Setelah itu, Zhurong akan melanjutkan misinya.

Zhurong di Mars