BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Polisi memperingatkan: “Ubah pengaturan WhatsApp Anda sehingga penjahat tidak dapat menambahkan Anda ke grup” – scam?

Sebuah pesan yang dibagikan oleh berbagai unit kepolisian kini juga beredar di Facebook dan Twitter sebagai surat berantai di WhatsApp. Anda harus mengubah pengaturan WhatsApp Anda untuk obrolan grup, jika tidak, Anda berisiko ditipu mendekati Anda melalui spam, pinjaman, dan penipuan lainnya. Apakah ini benar, dan apakah Anda benar-benar berisiko? Atau apakah itu badai dalam segelas air dan apakah pesan tersebut memiliki kehidupannya sendiri?

Di Twitter dan Facebook, seperti yang disebutkan, ada banyak komunitas dan satuan kepolisian yang membagikan peringatan ini tentang pengaturan WhatsApp Anda. Spam, penipuan, pinjaman mencurigakan, penipuan, dan bug – ini hanyalah beberapa dari cakupan tempat peringatan ini dibuat.

Pesan-pesan ini juga dibagikan dengan penuh semangat. Dalam beberapa kasus, jumlah pesan individual yang telah kami lihat dihitung lebih dari seribu tindakan parsial. Dan karena orang-orang sekarang juga mulai membagikan pesan melalui WhatsApp atas inisiatif mereka sendiri, itu menyebar seperti api di berbagai platform.

Apakah Anda perlu mengubah pengaturan WhatsApp dan apakah Anda benar-benar berisiko?

Ini pertanyaan yang bagus. Jika Anda membiarkan pengaturan WhatsApp default apa adanya, ini adalah kasus ketika siapa pun yang memiliki nomor Anda juga dapat menambahkan Anda ke percakapan grup. Jadi pertanyaannya adalah apakah Anda menganggap ini masalah sendiri. Disarankan bahwa default ini baru, tetapi sejauh yang kami ketahui selalu demikian.

Namun, cara peringatan tersebut disajikan menunjukkan bahwa ada trik penipuan baru yang menempatkan pengguna WhatsApp pada risiko yang parah. Dan meskipun kecil kemungkinan Anda akan ditambahkan tanpa diminta oleh orang asing ke percakapan grup dengan peserta yang tidak dikenal, bukan berarti Anda secara otomatis berisiko menjadi korban segala jenis penipuan, penipuan, dll. • Trik dan penipuan.

READ  Rilis Fall Guys untuk Switch dan Xbox telah ditunda dan game - games - news dimulai

Bagaimana sebenarnya itu? ini mudah. Fakta bahwa seseorang memiliki nomor Anda dan secara teoritis dapat menambahkan Anda ke obrolan grup di WhatsApp, tidak berarti bahwa mereka hanya dapat mengakses rekening bank Anda atau memecahkan daftar kontak Anda. Ini masih membutuhkan interaksi tingkat tinggi dari pengguna yang didekati. Jadi, Anda sendiri dapat mengontrol ini sepenuhnya.

Dengan kata lain: jika Anda tiba-tiba ditambahkan ke percakapan grup oleh orang asing, Anda akan cenderung berpikir bahwa Anda juga akan merasa basah, apalagi jika undangan ini langsung disertai dengan segala macam permintaan, misalnya untuk memberikan detail login, kode verifikasi, mengirim atau mentransfer sejumlah uang. Apakah Anda akan melakukannya? Sejauh yang kami ketahui, mengajukan pertanyaan juga berarti langsung menjawabnya.

Penipuan WhatsApp juga lebih berhasil jika penipu memilih pendekatan satu lawan satu: bagaimanapun juga dinamika percakapan grup dengan semua orang asing kurang cocok untuk ini. Ada sedikit risiko spam dan spam, tetapi pada prinsipnya Anda dapat menyelesaikannya dengan meninggalkan percakapan dan memblokir admin grup.

Pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda adalah “Kapan terakhir kali saya ditambahkan ke percakapan grup WhatsApp oleh orang asing, seberapa sering hal ini terjadi dan apakah saya juga dihubungi dengan segala jenis permintaan yang mencurigakan atau spam?” Dan kami pikir untuk sebagian besar, peristiwa ini tidak terjadi sama sekali.

Secara teori, peringatan itu benar dalam beberapa hal, tetapi ancaman dan urgensi yang terkait dengan peringatan itu mungkin agak dibesar-besarkan.

Bagaimana Anda bisa mengubah pengaturan obrolan grup WhatsApp Anda?

Namun, mungkin ada alasan mengapa Anda tidak ingin menambahkan ke semua jenis percakapan grup. Pertimbangan privasi dapat berperan, karena Anda mungkin tidak ingin orang asing melihat nomor dan / atau foto profil Anda sepenuhnya seperti itu.

READ  Microsoft Flight Simulator telah diperbarui untuk menambahkan Benelux - Gaming - News

Jadi, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengubah pengaturan obrolan grup untuk sementara waktu, meskipun tidak ada alasan mendesak untuk melakukannya terkait potensi risiko phishing. Anda dapat melakukan ini sebagai berikut:

  1. Buka WhatsApp
  2. pergi ke Pengaturan
  3. pergi ke Akun
  4. pergi ke Pribadi
  5. pergi ke Grup
  6. Pilih salah satu opsi Kontak saya Dari pada pengaturan default semua orang

Anda juga dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk gambar profil, informasi pribadi, dan status Anda di WhatsApp, jika menurut Anda informasi ini mungkin tidak sepenuhnya ditujukan untuk orang asing. Dan selalu pikirkan baik-baik jika seseorang mendekati Anda tanpa peringatan dengan segala macam permintaan.