BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pratinjau Layar TCL Nxtpaper 3.0 – Pecandu

Pratinjau Layar TCL Nxtpaper 3.0 – Pecandu

TCL tidak hanya menghadirkan TV raksasa ke CES, namun juga memamerkan teknologi layar Nxtpaper generasi ketiga untuk ponsel cerdas dan tablet. Nxtpaper merupakan salah satu jenis layar LCD yang bentuknya agak mirip kertas – sesuai dengan namanya – karena memiliki hasil akhir yang sangat matte. Agak mirip dengan The Frame TV Samsung, tetapi untuk perangkat seluler. Menurut TCL, ini lebih dari sekedar lapisan anti-reflektif di bagian atas, tetapi seluruh unit layar telah dimodifikasi untuk mencapai efek ini. Selain itu, layar ini seharusnya memancarkan lebih sedikit cahaya biru dibandingkan layar LCD biasa. Hasilnya adalah layar yang lebih bagus untuk dilihat berkat gambar yang lebih tenang.

Nxtpaper generasi sebelumnya mengalami kedipan, terutama pada kecerahan rendah, dan tidak mampu mencapai kecepatan refresh tinggi yang umum di perangkat seluler saat ini. Masalah ini telah teratasi dengan generasi ke-3 ini, kata TCL, dan saya tidak dapat melihat adanya hal aneh saat layar meredup. Kecerahan juga telah ditingkatkan secara signifikan. Untuk beberapa waktu sekarang kami telah memiliki Nxtpaper 10S di lab pengujian kami dan selama pengukuran kami jumlahnya hampir tidak melebihi 100 cd/m². Layar generasi baru ini seharusnya mampu menangani 500 cd/m2, yang merupakan peningkatan besar.

TCL menampilkan dua perangkat baru yang dilengkapi layar ini di CES: ponsel TCL 40 dan tablet Nxtpaper Pro 14. Saat saya pertama kali mengambil tablet ini, tampilannya seperti boneka dengan versi antarmuka Android yang menempel di dalamnya, dan efeknya sangat meyakinkan. Hal ini semakin ditingkatkan ketika saya menyentuh layar sentuh; Lapisan atas layar LCD terlihat seperti kertas. Dibandingkan dengan layar sentuh normal, Anda akan merasakan sentuhan yang sangat halus, namun pada saat yang sama resistensinya lebih sedikit. Sulit untuk dijelaskan, tapi secara keseluruhan menyenangkan bekerja dengannya. Yang juga mengejutkan adalah sidik jari tidak terlalu terlihat dibandingkan pada layar biasa.

Selain sangat matte, layarnya juga nyaris non-reflektif. TCL melakukan demo tampilan Nxtpaper di samping layar biasa, dengan strip LED di atasnya. Anda dapat melihat pantulan ini dengan sangat jelas pada layar biasa, tetapi dengan layar Nxtpaper, pantulan tersebut tercoreng dalam sorotan yang halus. Perangkat ini juga menggunakan sensor RGB untuk mengukur suhu warna cahaya sekitar, sehingga gambar dapat beradaptasi.

READ  Nvidia menaikkan harga GeForce SEKARANG di Eropa dan Kanada - Gaming - Berita

TCL telah menyediakan opsi dalam versi Android-nya yang membuat tampilan lebih mirip kertas. Anda dapat memilih mode hitam putih penuh atau variabel dengan warna yang sangat desaturasi. Semacam mode e-reader. Saat ini, dampaknya minimal terhadap masa pakai baterai, karena kecepatan refresh tetap disetel pada 120Hz. Namun, TCL menunjukkan bahwa mereka sedang berupaya mengoptimalkan mode ini lebih lanjut, misalnya dengan kecepatan refresh yang jauh lebih rendah, sehingga peningkatan masa pakai baterai benar-benar dapat dicapai.

Layar yang lebih mudah dibaca dan terlihat lebih bagus: apa gunanya? Sebaliknya: Tampilan layar biasa yang mengkilap membuat warna tampak lebih pekat. Jadi saya berharap video pada jenis layar ini terlihat biasa-biasa saja, namun dalam praktiknya perbedaannya tidak banyak. Anda dapat melihatnya dengan sangat baik jika Anda menampilkan dua layar secara berdampingan; Setelah Anda menonton video selama satu menit, Anda lebih tertarik pada kontennya daripada jumlah kontrasnya. Kelemahan lainnya adalah meskipun pantulan kurang kuat, pantulan yang tercoreng ini mengakibatkan hilangnya lebih banyak kontras, sehingga menimbulkan kabut putih pada layar.

Masalah terbesar bagi kebanyakan orang adalah TCL hanya membuat perangkat kelas bawah. Ponsel TCL termahal di Pricewatch berharga lebih dari €300 dan sebagian besar di bawah €200. Harga TCL 40 yang ditunjukkan perusahaan di CES adalah $180. Tentu saja tidak ada yang salah dengan hal itu, banyak orang tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk membeli ponsel atau tablet, namun sebagian besar pecandu narkoba akan berbelanja di segmen harga yang lebih tinggi dan Nxtpaper bukanlah pilihan di sana. Ketika ditanya apakah TCL mempunyai rencana untuk memasok teknologi ini ke produsen lain, yang mungkin bisa membuat model yang lebih mewah dengannya, kami dengan jelas menjawab “tidak”.

READ  Emoji baru sedang berlangsung: wajah gemetar, angsa, dan tangan terulur | Teknik

Ini sangat disayangkan, karena teknologi ini jelas memiliki keunggulan dibandingkan layar OLED yang kita lihat di hampir setiap ponsel cerdas saat ini, dan sebagai konsumen, selalu menyenangkan untuk memiliki banyak pilihan. Oleh karena itu, kami berharap TCL mempertimbangkan kembali opsinya untuk menjual panel ke pihak ketiga. Hal ini sudah dilakukan pada layar LED biasa (kecil) untuk TV dan monitor, jadi ini bukan harapan yang sia-sia.