BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden Biden tertidur selama KTT iklim | Luar negeri

Sebuah video yang beredar di Twitter memperlihatkan Presiden Amerika Serikat berusia 78 tahun itu menutup matanya beberapa kali sambil mendengarkan pidato dengan tangan terlipat. Hanya ketika pemuda itu berbicara kepadanya, dia tampak lebih waspada. Dia bertepuk tangan di akhir pidato, tetapi juga segera menggosok matanya.

Teks berlanjut di bawah video.

Biden tiba lebih awal hari ini dari Roma, di mana ia bersaing di 20 ekonomi terbesar (G20).

‘Mungkin’

Dalam pidato Biden, dia mengatakan krisis iklim adalah peluang besar. Upaya besar-besaran yang diperlukan untuk menghentikan pemanasan global juga membuka banyak peluang bagi perekonomian dunia.

“Saya percaya bahwa dengan malapetaka yang berkembang ada peluang luar biasa – tidak hanya untuk Amerika Serikat, tetapi untuk kita semua,” kata Biden dalam pidatonya di KTT Iklim Internasional COP26 di Glasgow. Misalnya, pengembangan teknologi alternatif dapat menciptakan jutaan pekerjaan bergaji tinggi.

Menurut presiden, sepuluh tahun ke depan akan menentukan: “Kami melihat mata sejarah pada kami.” Dia meminta kepala negara dan pemerintah untuk bertindak, dengan mengatakan: “Kita berada pada titik balik dalam sejarah dunia. Kita hanya memiliki waktu yang singkat. Glasgow harus menjadi titik awal untuk satu dekade ambisi dan tekad.”

Biden memperingatkan konsekuensi dari tindakan yang tidak memadai. “Dengan setiap hari kita menunggu, biaya untuk tidak melakukan apa-apa naik.”

Amerika Serikat ingin memimpin dengan memberi contoh. “Saya tahu itu bukan,” kata Biden. “Itulah mengapa pemerintah saya bekerja lembur untuk menunjukkan bahwa komitmen kami untuk melindungi iklim bukan dalam kata-kata tetapi dalam perbuatan.”

Pendahulu Biden, Donald Trump, mempertanyakan apakah perubahan iklim disebabkan oleh manusia sama sekali. Biden telah menjadikan memerangi pemanasan global sebagai salah satu tujuan utamanya. Setelah menjabat, ia membawa Amerika Serikat kembali ke perjanjian iklim Paris, dari mana Trump menarik diri.

READ  Seorang pemimpin kelompok oposisi Rusia diambil dari pesawat di St. Petersburg

Biden juga berusaha untuk membuat undang-undang proyek iklim yang ambisius di dalam negeri. Dia tidak dapat melakukannya sebelum KTT di Glasgow karena pertempuran sengit sepanjang kursus di Partai Demokratnya.