BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden Peru telah diusir setidaknya hingga Selasa

Presiden Peru telah diusir setidaknya hingga Selasa

Reuters

Berita NOS

Mahkamah Agung negara Amerika Selatan itu telah menjatuhkan hukuman penjara kepada Presiden Peru Pedro Castillo setidaknya sampai hari Selasa. Castillo, 53, yang dimakzulkan oleh parlemen Peru kemarin, dijatuhi hukuman tujuh hari penjara sebelum diadili.

Skema berlaku surut, kemarin dianggap sebagai hari pertama. Castillo antara lain dituduh melakukan “pemberontakan”. Dia juga sedang diselidiki sejauh mana dia mengorganisir pemberontakan atau konspirasi.

prosedur pemberhentian

Mantan pemimpin serikat pekerja dan guru, yang telah berkuasa di Peru selama setahun, kemarin mencoba untuk mengesampingkan Parlemen karena dia ingin memberikan suara untuk tindakan pemakzulan terhadapnya. Meskipun tidak ada mayoritas di Parlemen untuk proposal ini, Castillo ingin menghindari tindakan tersebut dengan segala cara.

Tapi setelah usahanya melumpuhkan parlemen, mayoritas itu ada. Setidaknya 101 anggota parlemen memilih untuk menuntut Castillo, dengan enam suara menentang. Presiden harus mundur karena “ketidakmampuan moral permanen”, menurut Parlemen. Saat para menteri berbalik melawannya, begitu pula tentara Peru.

Setelah berjam-jam pemakzulan, jaksa federal mengumumkan bahwa Castillo telah ditangkap karena tindakan inkonstitusional. “Tidak ada otoritas yang dapat menempatkan dirinya di atas konstitusi,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Skandal korupsi

Sementara itu, Wakil Presiden Dina Boulwart ditunjuk sebagai pengganti Castillo. Dia adalah presiden keenam dalam enam tahun di Peru, yang dilanda skandal korupsi dan krisis ekonomi.

Castillo juga dituduh melakukan korupsi selama masa jabatannya yang relatif singkat. Ia sendiri membantah tudingan tersebut.

READ  Tepat sebulan yang lalu, wanita Prancis Lina (15 tahun) menghilang: sang ibu “marah” dan “bertekad” untuk menemukan putrinya | di luar