BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rusia kembali ke Kharkiv dan penduduk kembali | sekarang

Sekali sehari, NU.nl memberi Anda gambaran tentang situasi di Ukraina. Kali ini: pertempuran sengit terjadi di Ukraina timur. Walikota Kharkiv mengatakan tentara Ukraina mendorong Rusia kembali ke sana. Menurut wartawan lokal, pasukan Ukraina maju ke utara kota ke perbatasan Rusia.

Walikota Ihor Terekhov membuat pernyataannya terhadap Di BBCMenurutnya, tentara Rusia hanya sekali berhasil menguasai sebagian kecil Kharkiv.

Pasukan Ukraina juga diduga menghancurkan bagian dari kolom lapis baja Rusia saat mencoba menyeberangi Sungai Seversky Donets. Ini akan terlihat dari foto dan video yang dipublikasikan oleh militer Ukraina. Gambar-gambar itu dikonfirmasi oleh sumber kedua yang independen.

Wartawan Ukraina melaporkan bahwa tentara Ukraina maju ke utara Kharkiv ke perbatasan Rusia di dekatnya. Itu mungkin benar, karena mereka Foto-foto Mereka menyebar di tempat yang tampaknya menjadi perbatasan Ukraina-Rusia.

Penduduk Kharkiv kembali ke kota yang ‘tidak aman’

Gubernur wilayah Kharkiv melaporkan bahwa warga yang terlantar kembali untuk membersihkan kehancuran di kota. Dia memperingatkan bahwa mungkin masih tidak aman di luar sana.

Kharkiv adalah kota terbesar kedua di Ukraina dengan populasi 1,4 juta. Kota di timur laut ini memiliki kepentingan strategis karena lokasinya yang dekat dengan perbatasan Rusia dan Cekungan Donets. Banyak separatis yang cenderung ke Rusia tinggal di wilayah ini.

Kolom besar dari Mariupol diizinkan pergi ke Zaporizhzhia

Media Ukraina juga melaporkan bahwa A tiang Dari lima ratus hingga seribu mobil dengan penduduk kota pelabuhan selatan Mariupol, mereka diizinkan melakukan perjalanan ke kota Zaporizhia, yang terletak di ujung barat laut. Hal ini diumumkan oleh penasihat walikota Mariupol. Penduduk kota dikatakan telah menunggu tiga hari untuk memungkinkan mereka terus melarikan diri dari kekerasan perang.

READ  Jurnalis masih diperbolehkan masuk ke zona teroris tanpa izin

Mariupol memiliki kepentingan strategis bagi Rusia. Pabrik Baja Azovstal adalah benteng terakhir perlawanan Ukraina di kota pelabuhan. Pada hari Selasa, seratus warga sipil akan tetap berada di pabrik berlindung untuk serangan Rusia.

Pihak berwenang Ukraina melaporkan beberapa hari yang lalu bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Palang Merah, bagaimanapun, telah menjadi penengah bagi semua wanita, anak-anak dan orang tua. pengungsian Dari pabrik. Tidak jelas pada saat itu berapa banyak 400.000 orang Mariupol pernah tinggal di tempat lain di kota.

Kondisi sulit di pabrik baja Mariupol yang terkepung

Laporan tentara dari pabrik baja Azovstal CNN Kondisinya sulit. Dikatakan bahwa sekitar 600 tentara yang terluka, kadang-kadang cacat parah, tidak menerima perawatan medis yang memadai dan dalam beberapa kasus meninggal sebagai akibatnya, sementara kompleks tersebut telah dikepung oleh Rusia selama berminggu-minggu. Dokter harus melakukan operasi tanpa anestesi karena kekurangan obat.

Menurut kerabat para prajurit di pabrik baja, mereka berteriak CNN Presiden China Xi Jinping untuk menengahi antara orang yang dicintai dan Rusia. Beberapa hari lalu, mereka mengajukan permintaan serupa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Erdogan menawarkan untuk mengevakuasi korban luka yang terperangkap di laut. Ukraina puas dengan tawaran itu, tetapi Rusia belum menyetujuinya.

Ukraina memprediksi tanggal akhir perang

Kepala intelijen Ukraina, Kirilu Budanov, percaya bahwa perang di negaranya akan berakhir dengan kekalahan Rusia sebelum akhir tahun. Dia mengatakan ini pada Jumat malam di BBC Berita Langitkan

Ini adalah ramalan paling rinci dan optimis dari seorang pejabat senior Ukraina hingga saat ini. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky lebih berhati-hati sebelum Budinov memprediksi. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga mengatakan bahwa dia tidak bisa memprediksi sejauh mana perang antara kedua negara. BBCkan

READ  Parlemen Eropa ingin memaksa Komisi untuk mengambil tindakan terhadap Polandia

Menurut Budanov, perang berjalan sangat baik sehingga pada akhir tahun Ukraina akan memulihkan semua wilayah yang diduduki, termasuk wilayah Krimea dan Cekungan Donets di Ukraina timur. Titik balik akan datang pada paruh kedua Agustus.

Rusia tidak senang dengan pemulihan hubungan Finlandia dengan NATO

Selain itu, Partai Sosial Demokrat Finlandia yang berkuasa dihancurkan karena invasi Rusia ke Ukraina Kebaikan Sanna Marin, perdana menteri dan ketua partai, mengatakan Sabtu tentang bergabung dengan NATO.

Finlandia tidak ingin bergabung dengan NATO untuk waktu yang lama, tetapi segera agresi Rusia mengubah ini, termasuk di antara penduduk Finlandia. Negara ini berbagi perbatasan sekitar 1.300 km dengan Rusia.

Untuk menjadi anggota, semua 30 negara NATO harus memberikan lampu hijau. Turki sebelumnya mengatakan tidak antusias, tetapi sekarang mengatakan tidak menentang kemungkinan kedatangan Finlandia dan Swedia.

Finlandia berasumsi bahwa negara-negara NATO melindungi Finlandia sebelum keanggotaan secara resmi selesai, karena Rusia “sepenuhnya” melihat langkah itu sebagai ancaman dan telah memperingatkan konsekuensi militer dan politik. Ekspor listrik Rusia telah dihentikan akhir pekan ini.

Warga Finlandia Sauli Niinistö dan Perdana Menteri Marin telah menyetujui langkah tersebut pada hari Kamis. Niinisto memberi tahu Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Sabtu tentang rencana untuk bergabung.