BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rusia telah membuka serangan terhadap pabrik baja Mariupol lagi – tetapi hanya membuat sedikit kemajuan

Orang-orang Chechnya berbaris pada hari Kamis di kompleks pabrik baja Azovstal di Mariupol. Terlepas dari pengumuman Presiden Rusia Putin bahwa dia tidak akan lagi menyerbu pabrik, menurut pihak berwenang Ukraina, ini terjadi sekarang.foto Reuters

Sebelumnya, Presiden Putin mengatakan bahwa Rusia tidak akan menyerbu kompleks tersebut. Putin mengatakan pasukannya telah merebut kota Mariupol setelah tiga bulan pertempuran yang hampir terus-menerus, dengan pengecualian pabrik baja. Dengan menutup rapat kompleks tersebut, Rusia seolah mengincar tentara Ukraina untuk menyerah. Ini kurang berbahaya daripada mencoba menduduki wilayah pabrik dan terlibat dalam pertempuran tangan kosong.

Namun, menurut seorang penasihat pemerintah Ukraina, Rusia melakukan upaya lain pada hari Sabtu untuk merebut pabrik dengan badai, bersama dengan dukungan udara. Sekitar 2.000 tentara Ukraina ditempatkan di kompleks raksasa Azovstal, yang mencoba melancarkan serangan balik terhadap pasukan Rusia dari sana. Mereka akan dipasok dengan senjata dan amunisi baru dengan helikopter di malam hari.

Juga, menurut pihak berwenang Ukraina, diyakini bahwa lebih dari seribu warga sipil bersembunyi di katakombe pabrik baja. Beberapa telah terperangkap di terowongan bawah tanah selama dua bulan, menurut klip video yang dirilis oleh batalion Azov pada hari Sabtu. Konten video yang memperlihatkan puluhan wanita dan anak-anak itu tidak dapat diverifikasi secara independen.

Gerbang Krimea

Bagi Rusia, penangkapan Mariupol sangat penting sebagai pintu gerbang ke Krimea. Jika Mariupol jatuh, Rusia akan memiliki koridor darat yang menghubungkan wilayah Luhansk dan Donetsk yang dikuasai separatis dan pro-Rusia dengan Krimea, menyerahkan kendali seluruh pantai Ukraina di Laut Azov di tangan Rusia.

Tidak diketahui apakah koridor kemanusiaan yang dijanjikan sebelumnya benar-benar menawarkan jalan keluar bagi sekitar 100.000 warga sipil yang berkemah di tempat lain di kota yang hampir hancur total. Pihak berwenang Ukraina mengatakan pertempuran Mariupol, sebuah kota industri dengan populasi pra-perang 430.000, sejauh ini telah merenggut nyawa sedikitnya 20.000 warga sipil. Pada hari Jumat, kuburan massal lain ditemukan pada citra satelit, cukup besar untuk menampung 1.000 mayat. Sebuah kuburan massal terlihat pada citra satelit pada hari Kamis yang berisi 9.000 mayat.

Pertempuran sengit di sekitar Kharkiv

Serangan Rusia saat ini menargetkan wilayah Donbass di timur, dengan penembakan dari hampir semua kota dilaporkan pada hari Sabtu. Sejak itu, beberapa pasukan khusus Rusia yang bertempur di Mariupol telah dipindahkan ke jalur lain di Front Timur. Pertempuran sengit pecah di sekitar kota Kharkiv ketika tentara Ukraina berusaha untuk mendapatkan tanah di desa-desa di sekitar kota, yang sebagian dikepung oleh pasukan Rusia. Menurut gubernur wilayah itu, dua orang tewas dan 19 lainnya terluka di pihak Ukraina. Pemerintah kota mengatakan infrastruktur pelabuhan laut selatan Odessa juga terkena rudal.

Di dan sekitar Lviv, sebuah kota di Barat yang selamat dari perang terburuk hingga saat ini, pemerintah telah memberlakukan jam malam pada pukul 5 pagi untuk menjaga keamanan penduduk pada malam Paskah Ortodoks. Sebaliknya, gereja akan mengadakan kebaktian pagi khusus.

READ  Terjadi Malam Ini: Kremlin Membuat Pengampunan Tidak Mungkin, Human Rights Watch | luar negeri