BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sanksi balasan Rusia untuk gas: berapa banyak yang tersisa untuk musim dingin?

Terlepas dari kenyataan bahwa pipa Yamal telah jarang digunakan untuk mengangkut gas ke Eropa dalam beberapa bulan terakhir, harga gas masih naik lebih dari 20 persen setelah pengumuman pada hari Kamis.

“Reaksi pasar kuat, karena tidak jelas apakah pengurangan pasokan gas cukup untuk memenuhi permintaan. Harga juga naik karena salah satu dari dua jalur pipa transportasi penting melalui Ukraina juga tidak tersedia sejak awal pekan ini. Tapi hari ini, Chris Goth, seorang analis dari Engi Energy “Harga gas turun lagi menjadi 100 euro per megawatt-jam.”

harga gas eropa

Belanda mungkin tidak langsung merasakan konsekuensi dari sanksi Rusia, tapi itu bisa berubah dalam jangka panjang.

“Jika lebih sedikit gas yang masuk ke suatu tempat di Eropa, ini akan berdampak langsung pada harga gas. Dan karena itu juga untuk Belanda. Karena harga gas Belanda berkaitan erat dengan harga gas di negara-negara Eropa lainnya,” kata Profesor Mulder . Dengan demikian, dia mengacu pada pasar gas Eropa, di mana aliran gas saling berhubungan dan sebenarnya ada harga gas Eropa tunggal.

Harga gas bereaksi cepat minggu lalu karena kegugupan pasar. Para ahli mengatakan belum ada masalah akut. Itu mungkin berubah akhir tahun ini, kata analis energi Guth. “Karena ada lebih sedikit rute ekspor yang tersedia sekarang, ini bisa menjadi sangat menarik di musim dingin berikutnya, jika terjadi kesalahan di tempat lain, misalnya,” katanya.

Sementara itu, ada rencana agar Eropa tidak terlalu bergantung pada gas Rusia. Rabu depan, Komisi Eropa akan mempresentasikan apa yang disebut rencana RePowerEU yang akan membantu Eropa menyingkirkan energi Rusia mulai tahun 2030. hari ini Diketahui bahwa hilangnya gas Rusia akan merugikan Uni Eropa 195 miliar euro.

READ  751 Anak-anak Pribumi ditemukan di Kanada: 'pengingat yang memalukan dari rasisme sistemik'