BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Separatis memulai persidangan ‘tentara bayaran Inggris di hukuman mati’ | Luar negeri

Warga Inggris Aiden Aslin dan Sean Benner dan Maroko Ibrahim Saadoun bertugas di tentara Ukraina. Menurut klip video yang disiarkan oleh saluran media sosial pro-Rusia, mereka dipenjara di pengadilan pada hari Selasa. Para terdakwa mengatakan mereka adalah tentara biasa yang bertempur di tentara Ukraina. Oleh karena itu, mereka harus diperlakukan sebagai tawanan perang.

Kedua tentara Inggris itu mengambil bagian dalam pertahanan pabrik baja Azovstal Mariupol ketika mereka ditangkap, menurut Guardian. Aslin, yang sebelumnya secara sukarela berperang dengan milisi Kurdi melawan pejuang Negara Islam, memiliki akun Twitter yang populer. Menunjukkan bagaimana dia disumpah di angkatan bersenjata Ukraina.

Terdakwa adalah tentara Ukraina pertama yang diadili oleh pasukan pro-Rusia sejak invasi Rusia pada 24 Februari. Pengamat mengatakan persidangan dimaksudkan, antara lain, untuk memaksa pertukaran tahanan Rusia yang diadili di Ukraina, tulis Guardian.

Ukraina telah mendakwa tiga tentara Rusia atas kejahatan perang selama invasi. Seorang tentara dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena pembunuhan seorang warga sipil. Dua tentara lainnya dijatuhi hukuman lebih dari 11 tahun penjara karena membom sasaran sipil.

READ  Masalah dengan tank Inggris baru, pelatihan dihentikan