BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Serangan udara berat di Kramatorsk: ‘Kami baru saja memulai’ | Saat ini

NU.nl secara teratur memberi Anda gambaran tentang situasi di Ukraina. Kali ini: Rusia meluncurkan serangkaian serangan udara di kota timur Kramatorsk, dan Kharkiv kembali diserang. Apalagi, Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan terminologi yang kuat dalam pidatonya di Parlemen. “Kami baru saja mulai di Ukraina.”

Putin berbicara kepada para pemimpin parlemen Rusia sekitar empat bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina. Pada hari yang sama, beberapa serangan udara dilakukan di kota-kota besar Ukraina.

Di antara kota-kota yang terkena dampak adalah Kramatorsk, sebuah kota di wilayah Donetsk timur dengan populasi sekitar 150.000 orang. Pihak berwenang Ukraina melaporkan di Daily War Bulletin bahwa Rusia telah melancarkan serangan udara dengan kekerasan di Kramatorsk.

Gubernur Donetsk Pavlo Kirilenko melaporkan bahwa satu orang tewas dan terluka. Sulit untuk mendapatkan jumlah korban yang akurat. Kirilenko, yang juga melaporkan bahwa pusat itu telah menguasai pusat kota Kramatorsk, dan bahwa setidaknya enam orang terluka parah, mengatakan: “Sebuah rudal Rusia menghantam pusat Kramatorsk. Bangunan-bangunan itu tidak lagi berdiri.

“Rusia terus membunuh orang-orang tak berdaya. Ini akan berlanjut sampai Rusia dihentikan. Rusia terus melecehkan sasaran sipil.” Korban sipil juga telah dilaporkan di negara tetangga Sloviansk sebagai akibat dari serangan udara Rusia, kata walikota di sana.

Warga sipil di Sloviansk menunggu bus untuk mengevakuasi mereka.


Warga sipil di Sloviansk menunggu bus untuk mengevakuasi mereka.

Warga sipil di Sloviansk menunggu bus untuk mengevakuasi mereka.

gambar: Agensi Pers Prancis

Universitas dan sekolah untuk orang buta di Kharkiv dikecam

Rusia membantah menembak warga sipil dan mengatakan itu tidak ada hubungannya dengan serangan di kota besar Kharkiv pada hari Kamis. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melaporkan bahwa Universitas Pedagogis di sana dihancurkan oleh serangan rudal. Dalam pidato videonya, Zelensky mengatakan bahwa bangunan utama, ruang kuliah, museum universitas, dan perpustakaan ilmiah rusak.

READ  menteri Ukraina dan 14 lainnya tewas dalam kecelakaan helikopter Kyiv | Perang di Ukraina

“Ini mencirikan invasi Rusia dengan akurasi 100 persen. Ketika sampai pada definisi barbarisme, serangan ini sangat sesuai dengan hukum,” kata Zelensky.

Dan di Kharkiv sendiri, sekolah untuk tunanetra dan tunanetra terkena serangan udara untuk ketiga kalinya. Menurut foto, ada sedikit yang tersisa dari sekolah. Pada saat penulisan, pihak berwenang Ukraina telah melaporkan tiga orang tewas dan lima terluka dari Kharkiv.

Seorang anak laki-laki di sekolah yang hancur untuk orang buta di Kharkiv.


Seorang anak laki-laki di sekolah yang hancur untuk orang buta di Kharkiv.

Seorang anak laki-laki di sekolah yang hancur untuk orang buta di Kharkiv.

gambar: Agensi Pers Prancis

Putin: Ayo

Kembali ke Putin, yang mengisi pidatonya di depan parlemen Rusia dengan hinaan. Dalam propaganda perangnya, dia menantang Barat untuk mengalahkannya di medan perang. “Coba pukul kami, ayo,” teriaknya. “Kami telah mendengar banyak bahwa Barat ingin melawan kami sampai Ukraina terakhir. Ini adalah tragedi bagi rakyat Ukraina, tetapi tampaknya menuju ke arah itu.”

Pidato Putin disiarkan di televisi pemerintah Rusia. “Kami baru saja memulai di Ukraina. Sanksi Barat tidak banyak membantu kami. Mereka pikir itu akan jauh lebih buruk bagi kami.”

Namun, pemimpin Rusia itu juga mengindikasikan bahwa dia tidak akan bersikap tidak simpatik terhadap pembicaraan damai. “Kami tidak menolak pembicaraan damai. Tetapi siapa pun yang menolaknya sekarang harus tahu bahwa semakin jauh kami maju, semakin sulit untuk berdamai dengan kami.”

Medan perang di Kramatorsk.


Medan perang di Kramatorsk.

Medan perang di Kramatorsk.

gambar: Agensi Pers Prancis

Zelensky berduka atas kepergian Johnson, dan Putin bersorak

Pada saat yang sama, Putin juga sangat senang dengan kepergian rekannya Boris Johnson sebagai Perdana Menteri Inggris.

Mereka di Rusia bersorak untuk perubahan di Parlemen Inggris. Pemerintah Rusia menganggap Johnson sangat pro-Ukraina.

READ  Wanita Iran telah berdemonstrasi untuk hak-hak mereka selama beberapa dekade, tetapi sekarang semuanya berbeda

Wakil kepala Dewan Keamanan Nasional, mantan Presiden Dmitry Medvedev, menyambut baik pengunduran diri “sahabat terbaik Ukraina” dengan jatuhnya pemerintahan Johnson. Dia mengatakan kejatuhan Johnson adalah “akibat dari pengabaian Inggris dan kebijakan pembuangan limbah terutama dalam urusan luar negeri”. Rusia berharap bahwa “lebih banyak orang profesional” sekarang akan memimpin Inggris.

Di sisi lain, Zelensky sedih dengan kepergian Johnson yang agak dipaksakan. Dia meminta Johnson untuk menawarkan dukungannya kepadanya, menjelaskan bahwa seluruh komunitas Ukraina bersimpati dengan perjuangan Johnson, karena dukungannya untuk Ukraina sejak invasi Rusia pada 24 Februari.

Lithuania mengirim drone yang didanai publik ke Ukraina

Johnson telah berada di garis depan dalam memberikan dukungan kepada Ukraina dan militernya. Ukraina juga menerima dukungan dari negara lain pada hari Kamis. Drone perang Ayraktar telah tiba di negara itu.

Lithuania menyumbangkan drone tersebut. Drone itu menelan biaya jutaan dan diselamatkan bersama oleh warga Lithuania. Pabrikan drone Turki akhirnya memutuskan untuk memproduksi drone secara gratis. Uang yang disumbangkan digunakan untuk barang-barang bantuan lainnya untuk Ukraina.

Rusia mengebom Pulau Ular sementara Ukraina mengibarkan benderanya

Kembali ke medan perang, kali ini ke lokasi utama Pulau Ular. Rusia telah berada di sana untuk waktu yang lama sejak invasi, tetapi mereka telah diusir, menurut Ukraina. Rusia sendiri mengingatkan bahwa semua pekerjaan di pulau yang terletak strategis itu telah selesai dan mereka pergi atas kehendak bebas mereka sendiri.

Bagaimanapun, Ukraina ingin secara simbolis mengibarkan bendera pada hari Kamis, ketika pulau itu dibom. Bendera masih berkibar setelah pengeboman berhenti dan bendera dikibarkan dalam perayaan besar.

READ  Korea Utara meluncurkan rudal untuk pertama kalinya sejak Januari

Rusia membuat langkah besar di Ukraina timur

Pakar Barat mengatakan bahwa Rusia telah mengambil langkah besar dengan merebut kota timur Lyschansk. Di selatan juga, tampaknya Rusia semakin kuat dan kerja sama di tentara sekarang jauh lebih baik.

Pakar perang mengatakan: “Dalam beberapa minggu terakhir, perubahan telah terjadi di tentara Rusia yang telah berkontribusi untuk mencapai hasil yang lebih baik di medan perang” Penjagakan

Sentimen tampaknya naik dan membuat keuntungan yang signifikan lagi, menurut para ahli. Menurut mereka, tidak akan lama lagi seluruh wilayah timur berada di tangan Rusia, apalagi dengan penggunaan rudal jarak jauh yang semakin meningkat.

“Jika itu berlanjut seperti yang telah kita lihat dalam beberapa hari terakhir, itu bisa berjalan dengan cepat. Semuanya tergantung pada hari-hari mendatang. Kami tahu seberapa tangguh tentara Ukraina. Jadi masih belum pasti apakah Rusia akan tetap berada di bawah sebagian besar wilayah timur tahun ini. . Kontrol.” “

Tentara Ukraina menilai kerusakan di kota Kramatorsk.


Tentara Ukraina menilai kerusakan di kota Kramatorsk.

Tentara Ukraina menilai kerusakan di kota Kramatorsk.

gambar: Agensi Pers Prancis

“Ukraina Akhirnya Melihat Dampak Senjata dari Barat”

Tidak semua berita buruk bagi Ukraina. Presiden Zelensky juga memiliki hal-hal positif untuk dilaporkan pada hari Kamis. Dengan demikian, kekuatan negara akhirnya melihat pengaruh senjata Barat. Zelensky mengatakan bahwa tembakan anti-pesawat dari Barat jauh lebih kuat daripada yang digunakan Ukraina sebelumnya.

Presiden mengatakan Ukraina menang di dua bidang. Karena senjata Barat, pasukan maju ke berbagai arah di wilayah Kherson dan Zaporizhzhya. Karena itu, sulit bagi Rusia untuk menguasai bagian selatan negara itu. Pada malam Rabu hingga Kamis, senjata dari Barat menghancurkan beberapa sasaran logistik Rusia.

Seorang wanita berjalan dengan anjing di Kharkiv. Baru-baru ini kota itu kembali diserang Rusia.


Seorang wanita berjalan dengan anjing di Kharkiv.  Baru-baru ini kota itu kembali diserang oleh Rusia.

Seorang wanita berjalan dengan anjing di Kharkiv. Baru-baru ini kota itu kembali diserang Rusia.

gambar: Agensi Pers Prancis