BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Setelah hari ini, Teleskop James Webb tidak akan pernah melihat sinar matahari langsung lagi

Saatnya untuk langkah berikutnya – sangat menarik -: membuka pelindung matahari.

Sudah hampir seminggu sejak itu Surga mengambil alih observatorium paling kuat yang pernah dibangun. Teleskop James Webb dilipat origami agar sesuai dengan roket Ariane-5. Dan sekarang, saat teleskop terbang melintasi alam semesta yang luas, Apakah Anda membuka lebih banyak bagian?. Hari ini, item yang paling menantang ada dalam agenda: saatnya meluncurkan perisai surya.

Mengurangi
Namun dalam beberapa hari terakhir, beberapa persilangan telah dilakukan. Kemarin, misalnya, James Webb sudah meregangkan “lehernya”. Ini menciptakan celah, sehingga cukup ruang sekarang dibuat agar pelindung matahari terbuka sepenuhnya. Selain itu, penutup yang menutupi pelindung matahari yang terlipat berhasil dilepas kemarin.

Itu juga akan memakan waktu sebelum pelindung matahari terbuka sepenuhnya. Ini karena perisai masih perlu ditarik kencang setelah digulirkan. Ini membutuhkan waktu ekstra. Pelindung matahari kemungkinan akan sepenuhnya siap pada hari Minggu.

Pelindung matahari
Ini berarti bahwa bagian dari James Webb tidak akan pernah melihat sinar matahari langsung lagi. Karena pelindung matahari membagi jaring menjadi “sisi panas” dan “sisi dingin”.

Ini sangat penting. Teleskop James Webb terutama akan mendeteksi cahaya inframerah dari objek yang sangat redup dan jauh. Dan untuk mendeteksi sinyal lemah itu, teleskop itu sendiri harus sangat dingin. Itu sebabnya tabir surya 5 lapis, seukuran lapangan tenis, dibuat. Perisai ini akan melindungi teleskop dari cahaya eksternal dan sumber panas (seperti Matahari, Bumi, dan Bulan) dan dari panas yang dipancarkan oleh observatorium itu sendiri. Jadi Anda bisa sedikit membandingkan tabir surya ini dengan payung, yang akan selalu mengarah ke matahari untuk mengusir panas dan cahaya.

READ  Epic Games mengumpulkan $ 1 miliar dalam putaran investasi - Gaming - Berita


Perisai surya sedang diuji di lapangan.

5 lapisan
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa teleskop luar angkasa yang inovatif ini memiliki 5 lapis pelindung matahari, bukan pelindung yang tebal. Itu karena setiap lapisan pelindung matahari berturut-turut lebih dingin daripada lapisan di bawahnya. Pembukaan antar lapisan juga memberikan efek insulasi tambahan. Singkatnya, pelindung surya yang besar dan tebal menghasilkan lebih banyak panas daripada pelindung surya lima lapis yang dipisahkan oleh ruang hampa.

Foto: STScI

Bahan
Bahan perak mengkilap dari pelindung matahari 5 lapis adalah bagian rekayasa yang rumit dan inovatif. Perisai ringan terbuat dari bahan Kapton, yang memiliki ketahanan panas tinggi. Setiap lapisan juga dilapisi dengan aluminium dan memiliki ketebalan dan ukuran tertentu. Dua lapisan terpanas dari sisi yang menghadap matahari memiliki jenis lapisan silikon untuk memantulkan panas matahari kembali ke angkasa. Bentuk seperti layang-layang dan jumlah lapisan memainkan peran penting. Dengan cara ini, setiap lapisan individu diposisikan secara tepat sehingga teleskop dapat menjalankan fungsinya semaksimal mungkin.

Tumbuh gigi dimulai. Karena tidak ada yang salah saat menggunakan pelindung matahari. Pelindung matahari sangat penting untuk pekerjaan teleskop. Bagaimanapun, tim sudah dipersiapkan dengan baik. Langkah-langkahnya telah diuji secara ekstensif dan dipraktikkan di lapangan. Namun, menarik apakah penyebaran perisai surya di alam semesta, jutaan kilometer dari Bumi dan tanpa kemungkinan gangguan, juga akan berjalan sesuai rencana. Dia mengikuti…

Penasaran dimana letak teleskop tersebut saat ini? pekerjaan Halaman ini Anda dapat melacak dengan tepat di mana James Webb berada dan kapan bagian-bagiannya akan terungkap lagi.