BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Siapa orang Aljazair yang dipenjara tanpa pengadilan di Teluk Guantanamo selama 20 tahun?

Reporter Lucas Wagmeister: “Dari hampir 800 tahanan yang ditahan di puncak penjara Teluk Guantanamo, menjadi jelas bahwa banyak dari mereka tidak ada hubungannya dengan al-Qaeda atau terorisme. Mereka ditahan atas kecurigaan yang tidak jelas, tanpa tuduhan atau pengadilan yang layak terhadap mereka. . Mereka.”

Itu sebabnya, menurut Wagmeister, banyak orang akhirnya dibebaskan selama bertahun-tahun, atau cara telah dirancang untuk mencobanya di negara lain. Mengapa Teluk Guantanamo masih ditutup? “Ada dua alasan penting untuk ini,” kata Wagmeister. “Alasan pertama, secara resmi masih ada sejumlah tuntutan hukum yang tertunda terhadap orang-orang yang masih dalam tahanan. Tetapi perkembangannya sangat lambat, karena tidak ada bukti, atau karena bukti diperoleh melalui metode penyiksaan, atau karena ada negosiasi dengan negara asal yang harus menangani tuntutan hukum.”

Alasan kedua berkaitan dengan politik. “Sementara realisasi di sini di Washington telah lama bahwa Guantánamo adalah ide yang buruk, pengakuan yang jelas masih sulit bagi kedua belah pihak. Karena di antara Partai Republik, Teluk Guantánamo dikandung dan dibuka, jadi sulit bagi mereka untuk mengatakan itu adalah kesalahan. . Dan itu sulit. Pada Demokrat karena mereka takut dituduh melakukan kebijakan lunak terhadap teroris. Jadi, secara politik, belum mungkin untuk mengakui kesalahan dan menarik kesimpulan darinya.”

READ  Pencarian pekerja konstruksi yang hilang di Antwerpen berlanjut dalam kegelapan