BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

SpaceX mungkin tidak dapat membayar koneksi satelit ke Ukraina | Teknik

SpaceX telah meminta Pentagon untuk membayar stasiun internet Starlink di Ukraina. Elon Musk mengatakan tidak mampu lagi membayar biaya, lapor CNN.

Sekitar 20.000 stasiun Starlink telah dikirim ke Ukraina sejauh ini. Koneksi satelit dapat digunakan untuk berkomunikasi ketika jaringan telepon seluler dan koneksi Internet gagal karena invasi Rusia.

Pekan lalu, Musk mentweet bahwa operasi SpaceX sudah memiliki $80 juta biaya. Jumlah ini diperkirakan akan melebihi $ 100 juta pada akhir tahun.

CNN Itu menyimpan pesan yang dikirim SpaceX ke Pentagon bulan lalu. Di dalamnya, perusahaan menyatakan tidak bisa lagi membiayai operasi.

SpaceX juga meminta Pentagon dalam surat itu untuk mendanai penggunaan Starlink oleh pemerintah dan militer Ukraina. Menurut Musk, biayanya adalah $ 120 juta untuk sisa tahun ini. Itu bisa mencapai $400 juta selama 12 bulan ke depan.

“Kami tidak dalam posisi untuk terus menyumbangkan stasiun ke Ukraina, atau mendanai stasiun yang ada tanpa batas waktu,” kata seorang eksekutif SpaceX dalam surat itu.

READ  Ukraina ingin mengetahui keberadaan warga Rusia di wilayah pendudukan