BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Steamroller SpaceX Menaikkan Level Tahun Ini – Ars Technica

Perbesar / Misi Starlink diluncurkan dengan roket Falcon 9 pada hari Jumat dari Vandenberg Space Force Base.

SpaceX

Mungkinkah SpaceX membuat peluncuran orbit menjadi membosankan? Semakin, tampaknya jawaban untuk pertanyaan ini adalah Ya.

Perusahaan yang berbasis di California meluncurkan dua roket Falcon 9 pada hari Jumat hanya dalam waktu empat jam. Pada pukul 12:26 waktu setempat, roket Falcon 9 membawa 52 satelit Starlink milik SpaceX ke orbit rendah Bumi dari landasan peluncuran di Vandenberg Space Force Base di California. Hanya 4 jam 12 menit kemudian, roket Falcon 9 lainnya mengirim dua satelit komunikasi besar ke orbit transmisi geostasioner untuk perusahaan satelit SES yang berbasis di Luksemburg dari Kennedy Space Center.

Ini memecahkan rekor SpaceX untuk durasi terpendek antara dua peluncuran. Namun, rekor keseluruhan untuk waktu terpendek antara peluncuran roket yang sama masih menjadi milik pesawat luar angkasa Soyuz buatan Rusia. Pada Juni 2013, Roscosmos meluncurkan pendorong Soyuz dari Kazakhstan, dan Arianespace meluncurkan Soyuz dari Guyana Prancis dalam dua jam. Tapi peluncuran ini dilakukan oleh dua badan antariksa terpisah di benua terpisah.

Percepatan

Peluncuran dua satelit SES hari Jumat, secara keseluruhan, merupakan misi orbit ke-19 SpaceX untuk tahun kalender. Hingga hari ini, perusahaan meluncurkan Falcon setiap 4,1 hari dan berada di jalur yang tepat untuk meluncurkan sekitar 90 roket sebelum akhir tahun 2023.

Sebagai gambaran, satu dekade lalu Amerika Serikat meluncurkan rata-rata 15 hingga 20 roket orbit setahun. Pada tahun 2022, Amerika Serikat mencatat peluncuran terbesarnya dalam satu tahun kalender, dengan 78 penerbangan orbit. Tahun ini, kecuali kecelakaan dahsyat dengan Falcon 9 Booster, angka itu akan dengan mudah mencapai tiga digit. Rekor untuk semua peluncuran orbit dalam satu tahun ditetapkan oleh Uni Soviet, pada 101, pada tahun 1982.

READ  Kasus dugaan kedua terdeteksi di California Utara

Satu dekade yang lalu, SpaceX masih menjadi pemula dalam industri peluncuran global. Pada 2013, meluncurkan roket Falcon 9 tiga kali dalam satu tahun untuk pertama kalinya. Itu benar-benar pencapaian yang sangat besar bagi perusahaan yang mengirimkan landasan peluncuran kedua di Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg dan varian roket Falcon 9 yang sangat ditingkatkan, 1.1, Ini juga menerbangkan misi komersial untuk pertama kalinya dan mulai bereksperimen dengan pendaratan di laut.

Dalam lingkungan kompetitif itu satu dekade lalu, SpaceX masih tertinggal jauh dari pesaing utamanya, termasuk Roscosmos, Arianespace yang berbasis di Eropa, dan United Launch Alliance yang berbasis di AS. Angka-angka itu telah berayun liar tahun ini. Sampai hari ini, Rusia telah meluncurkan tiga roket, dua Soyuz dan satu Proton, pada tahun 2023. Arianespace belum meluncurkan satu misi pun, begitu pula United Launch Alliance.

Ini bukan lagi kompetisi

Dengan kata lain, pesaing utama SpaceX selama dekade terakhir telah meluncurkan tiga roket tahun ini. Sebagai perbandingan, SpaceX baru meluncurkan tiga roket dalam tiga hari, termasuk misi CRS-27 yang diterbangkan ke NASA pada 14 Maret malam. Semakin banyak, hanya upaya gabungan dari pemerintah Cina dan sektor peluncuran komersial yang muncul yang dapat menantang dominasi peluncuran SpaceX. Negara itu telah memiliki total 11 peluncuran selama tahun ini.

Pendiri SpaceX Elon Musk mengatakan dia ingin industri peluncuran mencapai operasi seperti maskapai penerbangan menggunakan roket suatu hari nanti. Perusahaannya belum sampai, karena butuh dua minggu untuk mendarat, mereparasi, dan meluncurkan kembali tahap pertama Falcon 9. Namun, setiap misi membutuhkan tahap kedua yang sama sekali baru. Dan waktu penyelesaian tercepat di tiga landasan peluncuran, Cape Canaveral dan Kennedy Space Center di Florida, dan Vandenberg di California, masih sekitar satu minggu untuk setiap fasilitas.

READ  Helikopter Kreatif Mengabadikan Bidikan Hebat Matahari Terbenam di Mars

Tapi mereka pasti telah menempuh perjalanan panjang dalam satu dekade.