BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

T. Rowe Harga: Pertumbuhan penduduk memaksa revolusi berkelanjutan di bidang pertanian

T. Rowe Price menganalisis hal ini berdasarkan studi kasus di Bunge Farm

Ketika populasi dunia tumbuh menjadi 9,8 miliar dan pendapatan meningkat di pasar negara berkembang, permintaan makanan akan meningkat lebih dari 50% pada tahun 2050, menurut PBB. Meningkatkan produksi pangan lebih dari 50% tanpa mengubah praktik pertanian tradisional secara mendasar akan membutuhkan perluasan lahan pertanian secara besar-besaran dan pada akhirnya menyebabkan peningkatan emisi karbon dioksida yang signifikan. Ini tidak sesuai dengan pembatasan pemanasan global pada kenaikan suhu maksimum 1,5 °C.

Investor dapat memainkan peran penting dalam pengembangan yang diperlukan ini dengan berinvestasi secara berkelanjutan dalam proyek dan metode pertanian yang membantu mengurangi kekurangan pangan dan mengurangi beban di planet ini. Peningkatan investasi dalam praktik pertanian yang sama selama 50 tahun terakhir hanya akan memperburuk efek negatif pertanian – yang pada akhirnya merugikan masyarakat dan investor.

Model Indeks Investasi Bertanggung Jawab (RIIM) oleh T. Rowe Price

Tetapi bagaimana Anda menemukan perusahaan yang tepat? Selain penelitian investasi dasar T. Rowe Price, faktor-faktor pertanian berkelanjutan dinilai secara sistematis dalam Model Indeks Investasi Bertanggung Jawab (Responsible Investment Index Model/RIIM), yang memberikan analisis komprehensif tentang tata kelola lingkungan, sosial, dan perusahaan dari makanan, minuman, ritel, dan bahan kimia terkait. sektor.

Profil Bunge RIIM (studi kasus, Juni 2021)

Perusahaan Amerika Bunge adalah contoh yang baik dari perusahaan yang telah dievaluasi oleh RIIM. Perusahaan pertanian beroperasi secara internasional dalam ekspor kedelai, pengolahan makanan, dan perdagangan biji-bijian dan pupuk. Peringkat evaluator ESG perusahaan sangat beragam: satu memberi Bunge skor tertinggi (rating AAA) dan yang lainnya memberi perusahaan peringkat terburuk kedua (risiko tinggi). Sebaliknya, analisis RIIM dari T.

READ  Seorang kepala sekolah telah dijatuhi hukuman mati karena memperkosa setidaknya 13 siswi di Indonesia dan membawa delapan anak

RIIM mencermati manajemen rantai pasokan (faktor lingkungan dan sosial), serta pengadaan bahan baku, keberlanjutan produk, dan hubungan dengan masyarakat dan masyarakat. RIIM merujuk pada laporan dari LSM yang melaporkan banyak kasus deforestasi dan hilangnya keanekaragaman hayati dalam rantai pasokan Bunge, khususnya di wilayah Amerika Selatan dan Indonesia. RIIM juga telah mengumpulkan data kuantitatif yang menggambarkan praktik manajemen rantai pasokan Bunge.

Kolaborasi dengan Bunge

Pada Mei 2021, T. Rowe mendekati Price Bunge tentang deforestasi dan manajemen rantai pasokan. T. Rowe Price ingin lebih memahami ambisi Bunge dan menjelaskan bahwa deforestasi dan hak asasi manusia merupakan inti dari analisis investasi. T. Rowe Price telah mengetahui bahwa Bunge memiliki tujuan rantai pasokan yang ambisius yaitu nol deforestasi pada tahun 2025, termasuk deforestasi legal. Perusahaan telah membuat dasbor kelapa sawit yang berisi informasi lengkap tentang tanaman kelapa sawit dan membahas dugaan deforestasi atau hilangnya keanekaragaman hayati. Selain memberikan informasi, Bunge juga membahas komitmennya kepada pemasok, dan berkomitmen untuk memutuskan hubungan dengan pemasok yang gagal menangani pelanggaran kebijakan.

Dalam manajemen rantai pasokan sosial, Bunge menunjukkan standar yang kuat tetapi mendapat skor buruk dalam kategori ini di RIIM karena kekurangan dalam penerapannya pada pemasok tidak langsung dan kurangnya audit. Temuan ini semakin diperumit dengan seringnya laporan tentang pekerja paksa dan pekerja anak di pemasok. Yang menggembirakan, Bunge telah mengindikasikan bahwa mereka berencana untuk melakukan penilaian hak asasi manusia untuk mengatasi pelanggaran rantai pasokan dan telah berkomitmen untuk melakukan audit pemasok mulai tahun 2021.