BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Vietnam mengirim kapal untuk mengikuti kapal China yang berpatroli di ladang gas Rusia di zona ekonomi eksklusif – data

Vietnam mengirim kapal untuk mengikuti kapal China yang berpatroli di ladang gas Rusia di zona ekonomi eksklusif – data

Data menunjukkan bahwa kapal Vietnam memeriksa kapal penjaga pantai China di ladang gas Rusia di zona ekonomi eksklusif Laut China Selatan pada hari Sabtu, patroli China terbaru dalam pola yang berlangsung lebih dari setahun.

Kapal penjaga pantai China telah berlayar langsung ke zona eksplorasi energi yang dioperasikan atau dimiliki oleh perusahaan Rusia di zona ekonomi eksklusif Vietnam sekitar 40 kali sejak Januari 2022, menurut data pelacakan kapal dari organisasi penelitian Vietnam South China Sea Chronicle Initiative (SCSCI), sebuah independen lembaga swadaya masyarakat. . organisasi laba.

China memandang wilayah itu sebagai bagian dari klaim teritorialnya yang luas di Laut China Selatan, yang ditandai dengan “Garis Sembilan Arah”, batas yang diputuskan oleh Pengadilan Arbitrase Permanen pada tahun 2016 tidak memiliki dasar hukum. China telah membangun pulau buatan dan bandara di beberapa terumbu karang dan pulau lepas pantai, yang menimbulkan kekhawatiran di kawasan itu dan di Amerika Serikat.

Baik Vietnam maupun Indonesia telah meminta China untuk menghindari wilayah-wilayah tersebut di zona ekonomi eksklusif mereka – meskipun wilayah tersebut bukan perairan teritorial dan tidak ada batasan navigasi menurut hukum internasional. Patroli tersebut mencerminkan aktivitas penjaga pantai China di tempat lain di Laut China Selatan, tempat kapal-kapal ini digunakan untuk menegaskan klaim teritorial.

“China mengklaim hak atas sumber daya energi dasar laut dan menggunakan penjaga pantainya untuk menekan negara-negara di kawasan itu,” kata Ian Storey, peneliti senior di Institut ISEAS-Yusof Ishak di Singapura.

Peta yang menggunakan sinyal AIS (Sistem Identifikasi Otomatis) dari kapal yang diproduksi oleh SSCCI dan dianalisis oleh Reuters menunjukkan bahwa kapal China mengikuti rute yang hampir sama setidaknya 34 kali tahun lalu dari Vanguard Bank, sebuah objek bawah laut di dekat perbatasan zona ekonomi eksklusif (ZEE). . exclusive) ke Vietnam dan Indonesia, menjadi dua blok yang dikuasai Rusia dengan jarak 50 mil laut (92 kilometer)—terkadang sejauh 1 mil laut dari sumber utama.

READ  Udang Sayuran Inproba; Produk bulat dari produk ke kemasan

Menurut Center for Strategic and International Studies (CSIS), sebuah think tank yang berbasis di Washington, Zarubezhneft milik negara Rusia adalah operator dan pemegang saham salah satu dari dua blok, 06-01; Raksasa gas Rusia Gazprom adalah pemegang saham di perusahaan lain, 05-03, yang dijalankan oleh anak perusahaan PetroVietnam, perusahaan bahan bakar fosil milik negara.

Catatan menunjukkan bahwa kapal China melewati kedua blok tersebut pada hari Sabtu, serta dua blok lainnya. Catatan menunjukkan bahwa kapal Vietnam Kiem Ngu 278, yang dioperasikan oleh Badan Penegakan Hukum Perikanan, mengikuti kapal tersebut, terkadang hingga beberapa ratus meter.

Dari blok-blok ini, sekitar 630 mil laut dari pulau Cina Hainan, kapal-kapal Cina biasanya kembali melalui rute langsung ke Bank Vanguard, tempat mereka ditempatkan, menurut data yang ditinjau oleh Reuters. Sebaliknya, kapal China berlayar ke zona ekonomi eksklusif Malaysia pada hari Sabtu.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan penjaga pantai China berpatroli di wilayah di bawah yurisdiksi China di Laut China Selatan sesuai dengan hukum internasional, dan mengatakan tidak mengetahui adanya patroli di wilayah yang berada di bawah kendali Rusia.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam mengatakan pada hari Jumat bahwa Vietnam beroperasi di Laut China Selatan untuk “melindungi hak hukumnya”.

Zarubezhneft, Gazprom, Kementerian Luar Negeri Rusia dan Kedutaan Besar Rusia di Hanoi tidak menanggapi permintaan komentar.

ZEE biasanya membentang hingga 200 mil laut (370 km) lepas pantai. Di bawah hukum internasional, perairan teritorial suatu negara – di mana semua kegiatan dapat dikendalikan – umumnya mencapai sekitar 12 mil laut dari pantai. Konflik dapat muncul ketika klaim ini tumpang tindih.

READ  SocGen menurunkan peringkat saham India menjadi 'netral' menjelang pemilu - 29 November 2023 pukul 18.19

Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Brunei adalah di antara negara-negara lain yang bersaing mengklaim di Laut Cina Selatan.

Ladang kaya gas yang dieksploitasi oleh perusahaan Rusia termasuk yang terjauh dari pantai Vietnam dan dekat dengan perbatasan strategis Indonesia dengan blok dan zona ekonomi eksklusif Indonesia yang diklaim oleh China.

Setidaknya sejak November, kapal penjaga pantai China telah memperpanjang rute mereka, melewati Blok 12-11, yang dioperasikan bersama oleh Zarubezhneft dan PetroVietnam, dalam perjalanan menuju ladang minyak dan gas 12W, yang dioperasikan oleh Harbour Energy Inggris, menurut data SSCCI.

Patroli dimulai di wilayah yang dioperasikan oleh Harbour Energy tepat sebelum Indonesia dan Vietnam menandatangani perjanjian pada Desember 2022 yang menetapkan zona ekonomi eksklusif di Laut China Selatan, membuka jalan bagi kesepakatan gas.

Harbour Energy menolak berkomentar.

Harbour Energy dan Zarubezhneft sedang mengembangkan ladang gas Tuna terdekat di zona ekonomi eksklusif Indonesia, di mana Jakarta berencana untuk mengekspor gas ke Vietnam melalui pipa mulai tahun 2026. Proyek tersebut saat ini ditangguhkan karena sanksi Barat terhadap beberapa perusahaan yang terkait dengan Ukraina.

Pada bulan Januari, Indonesia mengerahkan kapal perang untuk menguasai kapal China.