BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tempat selancar terbaik di dunia ada di Indonesia.

Tempat selancar terbaik di dunia ada di Indonesia.

Selain keindahan alamnya yang luar biasa, Indonesia juga menjadi salah satu destinasi pemacu adrenalin. Hal ini terlihat dari perkembangan yang terus menerus Wisata olahraga di Indonesia. Salah satu olahraga wisata yang paling populer di Indonesia adalah selancar atau surfing.

Hal ini tidak mengherankan, karena Indonesia memiliki begitu banyak spot selancar kelas dunia yang sulit dikalahkan. Bahkan, beberapa spot selancar terbaik Indonesia ini kerap masuk dalam jadwal utama kejuaraan selancar internasional!

Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin dengan berselancar, berikut tempat selancar dunia terbaik di Indonesia:

Pantai Sorak, Nias

Pertama, tempat surfing terbaik di Indonesia ada di Nias, Sumatera Utara. Menginap di Pantai Sorake. Pantai ini baru saja menjadi ajang ketangkasan para peselancar kelas dunia pada ajang World Surf League (WSL) Nias Pro 2022 yang berlangsung pada 23 hingga 29 Juni 2022 kemarin.

Hal yang menarik dari Pantai Surak Nias adalah gulungan ombaknya yang hampir mencapai bibir pantai, atau hingga kurang lebih 200 meter, hal ini sangat jarang terjadi di pantai lain di dunia. Hal ini membuat jarak antar ombak di Pantai Surak semakin panjang. Tantangannya pun bertambah ketika tinggi gelombang bisa mencapai 3-5 meter.

Pantai Blingkung,Banyuwangi

Pernahkah Anda mendengar nama pantai ini? Nama populer Pantai Plengkung di Banyuwangi adalah Kelenjar. Pantai ini kerap menjadi tujuan utama para pecinta olah raga yang ingin berselancar. Bahkan, G-Land Banyuwangi dianggap sebagai salah satu tempat selancar terbaik di dunia, setelah Hawaii.

Pantai Blingkung Banyuwangi memiliki ombak hingga 6-8 meter, dengan interval hingga 5 menit. Tak heran jika kelenjar ini sering menjadi tuan rumah kompetisi selancar kelas dunia. Tur Kejuaraan Selancar Dunia (WSLCT) 2022 pada bulan Juni adalah contohnya.

READ  Is MotoGP in Nederland vanaf 2022 te zien in Ziggo Sport?

Ilustrasi Kepulauan Mentawai, salah satu spot selancar terbaik di dunia. (Foto: Shutterstock/lilaquan).

Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Sekadar informasi, Sumatera Barat memiliki sekitar 400 spot selancar yang tersebar di Kepulauan Mentawai. Tak heran jika banyak yang menyebut tempat ini sebagai “surga tersembunyi” bagi para peselancar dunia. Salah satu spot selancar terbaik di Kepulauan Mentawai terletak di Pulau Sipora, sehingga masuk dalam 20 tempat selancar terbaik dunia versi CNN Travel.

Ombak di Pulau Sipora cukup stabil, mencapai hingga 7 meter. Karena ombaknya yang tinggi, terowongan ini tampaknya menjadi sangat sulit bagi para peselancar di seluruh dunia. Waktu terbaik untuk berselancar di Pulau Spur adalah antara bulan April dan Oktober. Sebab pada periode tersebut ombak di Pulau Sipora sedang berada pada puncaknya.

Pantai Tanjung Setia,Lampung

Salah satu pantai di Indonesia yang masuk dalam jadwal World Surf League 2022 lainnya adalah Pantai Tanjung Setia, Lampung. Ajang selancar internasional ini diberi nama World Surf League Krui Pro 2022 dan berlangsung pada 11 hingga 17 Juni 2022.

Pantai Tanjung Setia berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, dan pada puncak musim selancar, yaitu pada bulan Juni hingga Agustus, ketinggian ombak bisa mencapai antara 6-7 meter, dengan periode ombak yang sangat panjang hingga 200 meter.

Pulau Akar, Nusa Tenggara Timur

Kalau kita punya lahan G di Jawa Timur, kita punya lahan T di Nusa Tenggara Timur. Inilah sebutan untuk spot selancar di Pulau Rout. Ombak di Pulau Rout bisa mencapai 300 meter, dan tinggi gelombang mencapai 4,5 meter. Beberapa spot surfing terbaik di Pulau Rote ada di Pantai Nemberala, Pantai Bo'a dan Pulau Ndana.

READ  Binnensporten (en gezelligheid) kan weer: Erasmus Sport is open

(Pulau Nihiwatu, sebelah barat Sumba).

Salah satu spot surfing terbaik di Indonesia terletak di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Nihiwatu. Perpaduan antara alam yang indah, budaya yang unik dan keramahan penduduk setempat melengkapi pengalaman berselancar di pulau Nihiwatu. Bahkan pulau ini dijuluki “Ombak Kiri Tuhan” karena ketinggian dan ombaknya yang menantang. Bagi Anda yang ingin menaiki “Ombak Dewa Kiri”, momen terbaiknya adalah pada bulan Juli dan Agustus.

Sampul: Ilustrasi spot selancar di Pantai Sorak Nias. (Shutterstock/hasanudintamalimubari).