BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tewasnya pemimpin organisasi teroris Boko Haram | di luar negeri

Abu Bakr Shekau, pemimpin pemberontakan Nigeria yang terkenal kejam, Boko Haram, meninggal Wall Street Journal Berdasarkan berbagai sumber di komunitas intelijen, antara lain. Pada hari Kamis, dilaporkan bahwa pemimpin organisasi teroris itu terluka parah dalam upaya bunuh diri untuk mencegah jihadis saingan menangkapnya.




Lima pejabat Nigeria mengkonfirmasi kepada surat kabar bahwa Shekau telah meledakkan dirinya dengan rompi peledak. Ini telah digambarkan sebagai salah satu teroris paling brutal dan efektif di dunia, yang memicu perang agama di Nigeria dan tiga negara tetangga.

Shekau, 48, memimpin Boko Haram sejak 2009. Gerakan Islam radikal terkenal, antara lain, penculikan hampir 300 siswa.

Puluhan ribu orang tewas

Boko Haram juga dituduh menggunakan anak-anak dalam pemboman bunuh diri. Kelompok ini bertanggung jawab atas berbagai serangan dan puluhan ribu kematian di Nigeria, Niger, Kamerun, dan Cad. Antara dua dan tiga juta orang mengungsi.

Shekau ingin menjauh dari kelompok jihadis ISWAP, Negara Islam Afrika Barat, yang sebelumnya merupakan bagian dari kelompoknya. Pada hari Kamis, sumber intelijen mengatakan pejuang dari gerakan saingan telah mengepung Shekau dan anak buahnya di hutan.

Pemerintah Nigeria telah secara keliru menyatakan kematiannya beberapa kali sebelumnya. Pada hari Jumat, tentara mengumumkan sedang menyelidiki berita kematiannya.

READ  Video: Seorang wanita tanpa SIM menabrak tentara dengan sepeda motor