BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tim vaksinasi polio ditembak di Afghanistan, empat tewas

Orang-orang bersenjata tak dikenal menembaki tim vaksinasi polio di kota Jalalabad, Afghanistan. Empat anggota tim tewas dan sedikitnya tiga terluka.

Koordinator kampanye vaksinasi polio di timur negara itu mengatakan bahwa sejauh ini, tidak ada kelompok bersenjata yang beroperasi di wilayah tersebut yang mengaku bertanggung jawab. Pada bulan Maret, kelompok teroris Negara Islam mengklaim serangan lain terhadap tim vaksinasi polio, juga di Jalalabad. Kemudian tiga anggota tim ditembak mati.

Afghanistan dan tetangga Pakistan adalah satu-satunya negara di dunia di mana polio masih terjadi. Nigeria Itu dinyatakan bebas polio tahun lalu. Terlepas dari perang melawan virus corona, Afghanistan berusaha untuk terus memvaksinasi 9,6 juta anak-anak terhadap polio, dengan bantuan organisasi hak anak PBB, UNICEF.

Tahun lalu, 54 kasus baru polio dilaporkan. Kampanye tersebut dilanjutkan pada Januari setelah satu tahun kekerasan yang menyebabkan 3,4 juta anak di bawah usia lima tahun tanpa vaksin. Meningkatnya kekerasan dan kekacauan terkait dengan Untuk menarik tentara AS dan NATO dari negara tersebut. Ini harus selesai sebelum 11 September.

Konspirasi

Serangan terhadap tim vaksinasi polio biasa terjadi di Afghanistan. Ini lebih sering terjadi di Pakistan. Pekan lalu, dua petugas yang mengawal tim vaksinasi ditembak mati di barat laut.

Taliban Pakistan dan kelompok bersenjata lainnya menyerang tim dan penjaga keamanan mereka, serta menargetkan pusat vaksinasi dan personel medis. Mereka mengklaim bahwa vaksinasi adalah bagian dari kampanye konspirasi Barat untuk mensterilkan anak-anak atau mendapatkan informasi rahasia.

Serangan di Pakistan meningkat setelah CIA meluncurkan kampanye vaksinasi hepatitis palsu sebagai kedok untuk memburu pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden. Dia dilacak dan dibunuh oleh pasukan komando Amerika di Pakistan pada tahun 2011.

READ  Drama The Chocolate Company: Kematian trainee berusia 18 tahun setelah disetrum | di luar negeri