BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tongkat tidak dapat diseret: ‘Mereka akan merebutnya dari tangan kita kapan saja’

Kursi rotan yang nyaman – sebaiknya yang kulit domba – bukan untuk siapa pun di ruangan itu? Furnitur rotan sangat populer sehingga tidak bisa digunakan lagi. “Kami masih akan mendapatkannya, tetapi begitu tiba, pelanggan dapat mengambilnya dari tangan kami,” kata Gertjan Dekker dari toko Edapie Rataplan kepada EditieNL. “Dulu selalu ada, tapi sekarang hilang lagi.”

Ada banyak materialis. Ini termasuk Roosellen Reidzik, seorang desainer interior yang dikenal dengan program RTL4 Buying with Watching. “Saya penggemar berat Cane,” katanya kepada ADTNL. “Saya sering menggunakannya di interior dan menyimpannya sendiri di rumah. Itu selalu berdebu, itulah sebabnya selalu tersedia di toko barang bekas. Tapi sekarang benar-benar kembali ke mode.”

Tebu sebagian besar berasal dari Indonesia. Bahan ini berasal dari tanaman mirip liana yang tumbuh di hutan hujan. Produk dibuat dengan tangan. “Itulah mengapa mereka tidak murah, dan ada banyak permintaan untuk produk bekas.”

Namun mebel rotan banyak dijual segar. Ekspor tebu naik 31 persen pada semester pertama tahun lalu. Karena permintaan yang begitu tinggi, International Union for Conservation of Nature (IUCN) telah mengembangkan identifikasi kualitas untuk memastikan bahwa rotan diproduksi secara berkelanjutan. “Masih sulit bagi konsumen untuk mengetahui apakah suatu produk telah tumbuh secara berkelanjutan,” kata Eveline van den Broek dari IUCN kepada EditieNL.

Label kualitas

Tebu itu sendiri stabil, tetapi karena permintaan meningkat, hutan hujan semakin dieksploitasi. Akibatnya, menurut IUNC, banyak hutan yang ditebang. Mendorong pembuat tanda berkualitas untuk menghasilkan tongkat standar tanpa memotong tanaman lain. “Sekarang sudah ada importir yang akan bekerja dengan tanda kualitas rotan – peralatannya. Kami berharap lebih banyak lagi.”

READ  Pembicaraan perdagangan Kanada dan Indonesia dimulai dengan perjanjian kemitraan ekonomi yang komprehensif

Sampai saat itu, ia menyarankan konsumen untuk membeli produk terutama bekas, yang sangat stabil. “Apakah Anda membeli merek ini baru? Tanyakan kepada penjual dari mana produk itu berasal dan apakah itu diproduksi secara konsisten. Semakin banyak konsumen memintanya, semakin penting bagi pemasok.”