BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tradisi Maluku – NRC

Sebagian besar masyarakat Maluku memasuki Belanda dengan dua belas kapal. Tujuh puluh tahun yang lalu pada tahun 1951. Sekarang keluarga mereka tinggal dari Croningen ke Limburg. Setiap orang memiliki cerita yang sama. Terkadang Weerman bertemu kakek-neneknya yang berada di kapal yang sama. Atau tinggal di ‘kampung halaman’ yang sama. “Saat tiba, keluarga saya dibawa ke bekas kamp maniak Camp Westerborg,” kata Weerman. “Barak 14, ayah saya lahir di sana,” katanya aneh. “Kisah dari kamp-kamp itu dapat dikenali dan mereka menghubungkan kita.”
Tepat tujuh puluh tahun yang lalu tahun ini lebih dari empat ribu tentara Maluku dan keluarga mereka tiba di lautan Rotterdam dan Amsterdam. Setelah hampir lima tahun berperang, Belanda menyerahkan jajahan Belanda di Hindia Timur kepada Republik Indonesia pada Desember 1949. Perdamaian ditandatangani, tetapi Republik Maluku Selatan, di sebelah timur nusantara, dinyatakan RMS; Sehingga Indonesia menganggap pemain KNIL Maluku berbahaya. Diputuskan untuk membawa mereka ke Belanda sementara. Resepsi di Belanda keren. Orang-orang itu dipecat segera setelah tiba, sehingga keluarga-keluarga itu sering ditempatkan di kamp-kamp konsentrasi lama. Butuh waktu lama bagi keluarga Maluku untuk menemukan ceruk mereka. Di negara yang memperlakukan mereka dengan sangat kasar. Sebagai bagian dari ini, banyak yang telah lama terjebak pada gagasan untuk kembali ke RMS gratis. Itulah ambisi para pemuda Maluku yang melakukan berbagai kegiatan teroris di tahun 1970-an yang berujung pada kematian. Baru kemudian fokus meningkat pada integrasi kelompok penduduk yang bangga ini.
Elizar Weerman melakukannya Tradisi Maluku Dengan sutradara film Uriël Matahelumual dan sejarawan Joaniek Vreeswijk. “Saya berdarah ganda – setengah Maluku, setengah Belanda,” kata Weerman bangga. “Di akademi seni saya mencari gambar orang-orang saya. Kemudian saya menemukan apakah itu gambar laporan. Sejarah. Gambar hitam putih dari pembajakan kereta api, atau saat kedatangan. Mereka selalu gambar tahi lalat, tidak pernah dari tahi lalat .

READ  DNA wanita berusia 7.200 tahun itu bertentangan dengan apa yang sebelumnya diketahui tentang manusia purba

Misalnya, mereka menggambarkan dua pemain KNIL generasi pertama, saudara Simon dan Fritz Nassi (kiri tengah, kanan). Tetapi perwakilan dari generasi berikutnya juga muncul. Njonkie Pattinama dari Yayasan Vlissingen-Ambon dan putrinya Orioni (kanan tengah, kanan), dia adalah direktur sekolah dasar. Atau model Ida Kagizina dan aktor Jonas Polnaija, yang dikenal dari film De Ust (tengah atas, samping kanan). Bersama Janciso, Alicio dan Yazara Lijan (kiri bawah, kanan), mereka adalah bagian dari kelompok tari yang digambarkan pada generasi keempat.
Hal lain yang menghubungkan fotografi: musik. Setengah dari mereka yang digambarkan adalah musisi. Tidak mengherankan, kata Weerman. Ini berakar kuat dalam budaya, alat yang masih digunakan sampai sekarang di Tiffany, lingkungan Maluku, untuk semua ayah yang bermain gitar di jamuan makan di taman atau ruang tamu. Kebanyakan orang Belanda tahu moluska dari itu. Juga tertawa: “Di sebelah Giovanni von Frankcorst.”