BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ulasan Apple iPad Pro 2021 – Pengenalan, desain, dan tampilan LED kecil

Ringkasan

Daya tarik baru terbesar di iPad Pro 2021 adalah layar LED kecil dengan kecerahan tinggi, yang menampilkan konten HDR dengan indah. Soc M1, juga ditemukan di MacBook terbaru, membuatnya jauh lebih cepat daripada pendahulunya. IPadOS tetap menjadi batasan terbesar, terutama dalam hal multitasking. Namun, jika Anda dapat mengatasinya dan memiliki label harga yang lumayan, iPad Pro adalah perangkat yang bagus untuk bekerja dan bersantai.

Positif

  • Layar LED kecil baru yang lucu
  • Soc M1 cepat
  • Mendukung Thunderbolt 3 dan USB 4
  • Empat speaker bagus, lima mikrofon bagus
  • Berbagai macam aplikasi tablet

Negatif

  • Kamera depan masih di sebelah layar dalam mode lansekap
  • kabel pengisian pendek
  • iPadOS bukan untuk semua orang
  • Terlalu mahal, begitu juga aksesorisnya

Faktanya, ini konyol, iPad Pro seperti itu, dan kami bersungguh-sungguh dengan cara yang positif. Selama bertahun-tahun, Apple telah mengemas jus terbaik ke dalam perangkat ramping, membuatnya dilengkapi dengan baik untuk sebagian besar tugas dan mampu menangani bahkan pengguna yang paling menuntut sekalipun dengan iPad Pro. Jadi, apa yang dilakukan Apple di tahun 2021? Anda dapat menebaknya: pabrikan membuatnya semakin konyol. Kali ini bukan chipset A, tapi M1. Ini adalah komunitas yang sangat kuat yang juga dimasukkan Apple ke dalam MacBook modernnya.

Ada sedikit yang baru tentang tampilan perangkat, tetapi layarnya telah ditingkatkan secara khusus. Layar baru memiliki LED kecil, yang berarti kecerahan jauh lebih tinggi secara lokal dan konten HDR akan terlihat lebih baik. Lalu ada berbagai macam fungsi baru, seperti Panggung Tengah, di mana kamera mengikuti Anda. Misalnya, dukungan port USB-C juga telah diperluas dengan USB 4 dan Thunderbolt. Anda juga bisa mendapatkan iPad Pro 2021 dengan dukungan 5G dan penyimpanan minimal 2TB. Sebagian besar fitur iPad Pro 12.9′ sama dengan versi 11. Yang terakhir, bagaimanapun, tidak memiliki teknologi layar mini LED. Kami menguji varian 12,9″ yang lebih menarik secara teknologi.

Pertanyaan berulang tahunan apakah iPad Pro adalah pengganti laptop yang baik, juga secara alami muncul lagi. Dan jika demikian, siapa? Anda dapat membaca itu dan lebih banyak lagi di ulasan ini.

Desain: sedikit berita

Seperti biasa, mari kita mulai di luar. Apakah ada yang berubah di sana? Ya, tapi tidak terlalu banyak. IPad Pro 2021 menjadi sedikit lebih tebal. Ini dikatakan karena layar LED kecil baru, yang memakan sedikit lebih banyak ruang. Layar juga tampak sedikit lebih dalam di iPad Pro daripada tahun lalu, meskipun tentu saja dilaminasi.

papan iPad Pro 2021 12.9″ wifi iPad Pro 2020 12.9″ wifi iPad Pro 2021 Wi-Fi 12.9″ + 5G iPad Pro 2020 12.9″ wifi + 4G
Dimensi (mm) 214.9 x 280,6 x 6,4 214,9 x 280,6 x 5,9 214.9 x 280,6 x 6,4 214,9 x 280,6 x 5,9
Berat (gram) 682 641 684 643

Setengah milimeter ketebalan ekstra kurang terlihat dari 41 gram berat ekstra. Jika Anda benar-benar ingin menjadi produktif, maka Magic Keyboard mungkin akan berguna. Ini adalah lelucon yang mahal karena harganya 400 euro. Kabar baiknya adalah iPad Pro 12.9″ 2021 cocok dengan Keyboard Ajaib 2020. Karena ketebalan ekstra setengah milimeter, keseluruhannya lebih rapat saat ditutup, tetapi tentu saja tidak sehingga ada yang rusak dan terlihat juga. Tidak mengherankan bahwa iPad Pro 2020 di Magic Keyboard baru sebenarnya kurang menyenangkan karena ada celah kecil. Sesuatu bisa terjadi di antaranya. Kami tidak melihat alasan untuk membeli Magic Keyboard baru untuk iPad Pro 2020 Anda, juga karena ini lebih Bahkan, kita juga akan melihat Magic Keyboard 2020 untuk iPad Pro 2021 yang baru, mengingat perbedaan harga saat ini sekitar 70 euro.

READ  AlgorithmWatch menangguhkan penyelidikan terhadap algoritma Instagram setelah ancaman Facebook - IT Pro - Berita

Berbicara tentang bobot itu, bagaimana iPad Pro 2021 dengan Magic Keyboard dibandingkan dengan MacBook Air M1?

perangkat iPad Pro 2021 12.9″ wifi 5G dengan Magic Keyboard MacBook Air M1 MacBook Pro M1
Berat (gram) 1380 1290 1350

Jadi iPad Pro dengan Magic Keyboard masih lebih berat dari MacBook Air dan MacBook Pro tahun ini. Entah bagaimana tampaknya kontradiktif. Jika Anda tidak selalu membutuhkan keyboard, tentu saja Anda lebih fleksibel dengan iPad Pro, karena Anda tidak dapat membawa tablet kecuali Anda menginginkannya.

Dalam hal perumahan, iPad Pro 2021 sebaliknya setara dengan pendahulunya. Dalam mode landscape, tombol power berada di sebelah kiri dan tombol volume berada di pojok atas. Koneksi USB-C ada di sebelah kanan dan tentu saja kami memiliki empat slot speaker. Di kanan atas adalah slot kartu SIM pada versi 5G kami.

Tikungan dan putaran tetap sedikit mengintimidasi dengan tablet besar ini. Lebih sulit untuk membuat lembaran logam dan kaca besar yang tahan lama seperti smartphone dengan ketebalan yang kira-kira sama. Kami menyarankan Anda untuk tidak duduk di atasnya atau terlalu memaksakannya, meskipun tidak terasa lemah juga. Aksesori Magic Keyboard membuat tablet Anda lebih tahan lama. iPad Pro tersedia dalam warna perak dan abu-abu ruang. Oleh karena itu, pilihan warna terbatas, yang mungkin memalukan bagi sebagian orang di zaman iPhone dan iMac yang penuh warna. iPad Pro baru lagi-lagi tidak memiliki sertifikasi IP, jadi mungkin bijaksana untuk menjauhkannya dari cairan.

Layar LED kecil: bagus dengan HDR

Layar iPad Pro 2021 hadir di sebelah soc M1 yang merupakan perubahan terbesar tahun ini, tetapi kami harus mengatakan bahwa itu hanya berlaku untuk tablet versi 12,9 inci yang kami uji. Dengan iPad Pro 2021 dalam versi 11 inci yang lebih kecil, spesifikasi layar tidak berubah dibandingkan tahun lalu, tanpa semua inovasi yang kami bahas di bawah. Jika Anda ingin menggunakan iPad untuk melihat atau mengedit materi video HDR, Anda harus membayarnya sehingga Anda harus memilih model yang lebih besar.

READ  Princess Peach: Ulasan Pertunjukan - Pecandu Narkoba

Apple sendiri menyebut layar 12,9 inci iPad Pro 2021 sebagai layar Liquid Retina XDR dan itulah nama pemasarannya. Tentu saja, itu termasuk True Tone untuk menyesuaikan suhu warna dengan cahaya sekitar dan memiliki kecepatan refresh layar adaptif hingga 120Hz. Ini juga memiliki gamut warna DCI-P3 dan resolusi 2048 x 2732 piksel.

Inovasinya terletak pada hal lain: lampu LED kecil sebagai lampu latar. Ada lebih dari 10.000 dari mereka dan bersama-sama mereka membuat 2.596 area pemadaman terpisah. Saat masih berupa LCD, ini memungkinkan layar untuk menyesuaikan kecerahan pada tingkat yang agak lokal. Itu masih tidak mungkin secara lokal seperti pada kemampuan OLED, karena piksel individu dapat dihidupkan atau dimatikan. Namun, masing-masing area layar LED mini ini memiliki kecerahan maksimum yang lebih tinggi daripada banyak layar OLED. Menurut Apple, kecerahan puncak ultra-lokal akan menjadi 1600 nits dan 1000 nits ketika seluruh layar menyala.

Ini hanya terjadi pada konten HDR; Untuk konten sdr, kecerahan maksimum dibatasi hingga 600cd/m² yang sama dengan iPad Pro dan iPad Pro 2021 11 sebelumnya”. Kami menempatkan iPad Pro 2021 di sebelah TV LG OLED55B8PLA dan selalu mengatur konten HDR yang sama di kamar gelap. Dengan beberapa video, seperti Ini, hampir tidak ada perbedaan. Dengan beberapa video lainnya, seperti IniDalam artikel ini, kami melihat efek peredupan lokal puncak kecerahan tinggi iPad Pro dalam efek penuh. Kami cenderung menatap ketika kami melihat bagian yang terang. Di mata kami, warna hitam hampir tidak bisa dibedakan dari warna hitam pekat pada layar OLED. Ini didukung oleh pengukuran kami, karena dalam pengujian rasio varians kami, kami melihat hasil yang menunjukkan nilai varians “tak terbatas”.

Tampilan LED mini ini, termasuk monitor dan TV yang kami uji di Tweakers HQ, adalah salah satu tampilan LED mini tercanggih yang pernah kami periksa. Misalnya, layar terkadang memiliki jumlah area peredupan yang sama, tetapi biasanya di layar yang lebih besar. NS Tampilan Pro XDR Apple juga hanya memiliki 576 zona peredupan.

bunga

Namun, ada juga kekurangan dari tampilan LED kecil seperti ini. Karena setiap wilayah harus memilih seberapa terang LED mini untuk penerangan latar, bagian dengan kontras tinggi secara teoritis bermasalah. Misalnya, jika setengah dari area opacity harus ditampilkan sebagai putih dan setengah hitam, area opacity tidak akan dapat melakukannya dengan benar. Hasilnya adalah Anda dapat melihat cahaya latar bersinar di bagian hitam. Efek ini disebut blooming, atau efek halo.

Kami juga memperhatikan hal ini dalam praktik. Jika Anda menonton video HDR di ruangan gelap, dengan elemen terang di latar belakang hitam, Anda dapat melihatnya dengan jelas. Ini terutama benar jika Anda melihat layar pada suatu sudut. Anda juga dapat melihatnya, misalnya, pada teks latar belakang hitam di YouTube yang terletak di bagian kiri atas layar. Mungkin contoh terbaik dari ini adalah langit berbintang Ini. Namun, dalam praktiknya, fenomena ini tidak akan mengganggu Anda saat menonton video HDR di Netflix atau platform streaming lainnya. Ini membutuhkan kondisi yang cukup spesifik. Ini cacat dan Apple dikatakan akan mengatasi ini untuk iPad Pro berikutnya.

READ  Microsoft memperluas kecerahan adaptif ke lebih banyak laptop dan desktop Windows - PC - Berita

Anda juga melihat dengan layar yang benar-benar putih, seperti di Safari, bahwa layar menjadi sedikit kurang terang di bagian tepinya. Ini juga karena area peredupan, mungkin karena lampu latar sedikit lebih jauh dari layar. Semua ini merampas sedikit kenikmatan menonton dalam praktik. Konten HDR tampak hebat. Kami tidak menyangka akan mendapatkan pengalaman ini begitu cepat di layar LCD.

Anda dapat menggunakan iPad Pro sebagai tampilan tambahan untuk MacBook Anda, misalnya, melalui Apple Sidecar. Ini dapat berguna untuk mengedit video. Anehnya, Anda tidak dapat melihat konten dalam HDR, meskipun menggunakan kabel Thunderbolt. Jika Anda ingin menghubungkan layar kedua ke iPad Pro Anda, Anda dihadapkan pada kenyataan bahwa Anda tidak dapat menggunakannya sebagai layar kedua, tetapi biasanya itu hanya cermin. Pengembang aplikasi dapat menggunakan layar kedua sebagai pratinjau, tetapi tidak berfungsi sebaik di macOS.

Tes Layar

Kami memiliki layar seperti biasa diukur Menggunakan kolorimeter SpectraCal C6 dan perangkat lunak Calman 5, tetapi kali ini mereka melakukan hal yang sedikit berbeda. Untuk mengukur kecerahan puncak ultra-lokal dari layar LED kecil, yang menurut Apple adalah 1600cd/m², kami memiliki . nomor video uji hdr untuk Dimainkan dan kecerahan terukur maksimum. Dalam pengujian reguler kami, kami hanya mengukur konten SDR. Kecerahan maksimum tidak berbeda jauh antara persegi panjang dengan ukuran berbeda. Ini adalah kasus dengan layar OLED. Kami tidak mendapatkan lebih dari 1080cd/sq. Namun, dalam salah satu video pengujian kami, kami mencapai 1.400 cd/m². Ini bukan 1600, seperti klaim Apple, tetapi kami tidak mengesampingkan bahwa layar akan mencapai 1600cd / m² dalam kondisi tertentu.

  • Kecerahan putih puncak (15% area layar)
  • Kecerahan putih puncak (33% area layar)
  • Kecerahan minimum
  • kesalahan skala abu-abu rata-rata
  • kesalahan warna rata-rata

Kami juga menjalankan tes monitor SDR normal lagi, tentu saja. Kecerahan maksimumnya mirip dengan iPad Pro versi sebelumnya, sehingga layar lebih mudah dibaca di bawah sinar matahari. Kecerahan minimumnya bagus, sehingga layar tidak terlalu terang di mata di ruangan gelap. Tahan luntur warna juga bagus, seperti yang Anda lihat di grafik. Jadi tidak ada keluhan di area ini, tetapi kami tentu tidak akan mengharapkan sesuatu yang kurang dari Apple pada titik harga ini.