BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ulasan 'Sri Asih': Film superhero Indonesia yang terinspirasi dari model Amerika, termasuk kekurangannya

Ulasan 'Sri Asih': Film superhero Indonesia yang terinspirasi dari model Amerika, termasuk kekurangannya

arah: Obi | Skenario: Joko Anwar, Obi | ejakulasi: Bvita Pierce (Alana/Sri Aceh), Ario Bayo (Ghani Zulham/Gazul), Christine Hakim (Iyang Mariani), Jeffrey Nicol (Tangoh), Surya Saputra (Prayogo Adenigara), lainnya | waktu bermain: 133 menit | tahun: 2022

Walaupun para pimpinan studio Marvel dan DC di Hollywood mungkin berkeringat setelah kegagalan hampir semua film superhero dalam satu tahun terakhir, masyarakat di Indonesia masih melakukan segala yang mereka bisa untuk meluncurkan franchise superhero mereka sendiri. Jagat Sinema Bumilangit telah memproduksi tiga film sejak 2019, dan setidaknya ada lima film lagi yang dijadwalkan rilis dalam waktu dekat. Senang rasanya bagi penonton Indonesia untuk mendapatkan pahlawan supernya sendiri, tapi kalau dilihat dari itu Sri Asihfilm kedua BCU, belum mengembangkan identitasnya sendiri.

Meskipun…yang pertama berdurasi 45 menit Sri Asih Film thriller Asia yang cukup lugas lainnya tentang seorang kickboxer muda yang terlibat dalam dunia bawah tanah Jakarta di luar keinginannya. Benar-benar hal yang sangat menghibur. Namun, prolognya sudah menunjukkan bahwa Alana lahir prematur empat bulan, saat terjadi letusan gunung berapi yang awan gasnya menampilkan wajah marah. Jadi tidak mengherankan jika rencana kejahatan tersebut dikesampingkan setelah 45 menit dan Alana diberitahu bahwa dia memiliki kekuatan super sebagai penjelmaan dewi.

Alana sendiri sepertinya tidak terlalu terkejut. Tanpa mengeluh, dia mengenakan kostum pahlawan supernya dan mengembangkan proyek misterius. Agaknya, dia benar-benar punya masalah sebelum dia diberitahu bahwa ini sebenarnya adalah iblis yang ingin menjerumuskan dunia ke dalam neraka dan kutukan.

Meski terlihat sangat berbahaya di atas ring, Alana tidak memancarkan kepribadian superhero. Plotnya mengatakan untuk bertarung, jadi dia melakukannya. Dia tidak harus mengatasi trauma atau membuat pilihan sulit. Satu-satunya hal yang sedikit mengganggunya adalah pengelolaan amarahnya, tetapi hanya jika alur ceritanya menentukannya. Dia biasanya tenang dan bergaul dengan semua orang.

READ  Sebagai seorang anak saya sama sekali tidak memperhatikan bahwa kami miskin. Saya tidak pernah menyadarinya

Dengan kostum superhero-nya, Alana tidak akan terlihat aneh di Asgard, dunia asal Thor, sementara kekuatan super dan adegan aksinya sangat mengingatkan pada Wonder Woman. Untungnya, koreografinya sangat kuat, bahkan sangat kreatif, dan sangat berdarah. Sedikit berbeda dengan film superhero Hollywood.

Sri Asih Ini dimulai dengan logo studio yang terdiri dari gambar buku komik dan diakhiri dengan adegan tambahan di akhir kredit dengan cameo oleh pahlawan super lain. Jadi, sepertinya Bumilangit Studios (ya, cabang sinematik dari penerbit buku komik besar) tidak ingin menemukan kembali rodanya, tapi sekadar ingin menjadi keajaiban Indonesia. Fakta bahwa delapan film pertama Bummelangit dikumpulkan dengan nama 'Volume One' juga berbicara banyak.

Maklum saja, Bumilajit mengikuti formula Marvel dengan sangat ketat, karena formula tersebut telah menghasilkan kesuksesan besar selama bertahun-tahun. Namun, angka tersebut semakin menurun dalam beberapa tahun terakhir, sehingga menimbulkan pertanyaan apakah bijaksana untuk mengambil jalur jangka panjang. Sri Asih Paling-paling kalau sekadar mencoba menjadi film bergenre Indonesia.

Misalnya, menarik bahwa Alana menampilkan dirinya sebagai pelindung daerah kumuh di Jakarta (seberapa sering Anda melihat Avengers berjuang untuk orang-orang termiskin di planet ini?) dan menarik juga jika pendudukan kolonial Belanda disinggung secara singkat. . Jika lebih banyak penekanan diberikan pada topik seperti itu Sri Asih Ini bisa sangat menarik. Sekarang ini hanyalah film superhero yang sangat mudah yang tidak mencoba mengubah genrenya dengan cara apapun. Jumlahnya sudah cukup banyak, terlepas dari negara asalnya.

Sri Asih Itu bisa dilihat di Video Perdana.